HARI LAUT SEDUNIA 2019: SEJARAH, TUJUAN, DAN TEMA YANG DIGUNAKAN DARI MASA KE MASA

KURIKULUM PELAJARANCG, SEKOLAH - Setiap tanggal 8 Juni, masyarakat dunia memperingati Hari Laut dalam bahasa Inggris World Oceans Day yang bertujuan untuk menyoroti dampak aktivitas manusia terhadap lautan dan upaya menyatukan orang agar melindungi lautan dari eksploitasi.

Hari Laut Dunia tahun ini adalah tahun ini diperingati di seluruh dunia dengan tema: Gender and Ocean atau dalam adopsi nasional menjadi “gender dan lautan”.

Pemerintah Kanada telah mengusulkan konsep Peringatan Hari Laut Sedunia, pada KTT Bumi di Rio de Janeiro pada tahun 1992. Secara resmi Hari Laut Sedunia didirikan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2008 untuk dirayakan di seluruh dunia setiap tahun pada tanggal 8 Juni untuk menyelesaikan masalah lautan dan juga untuk menghemat air laut. Dengan kolaborasi The Ocean Project dan World Ocean Network, proyek ini telah mulai dirayakan di tingkat internasional.

Pada 8 Juni 2009, pertama kali dirayakan setelah deklarasi resmi oleh Majelis Umum PBB dalam resolusi 63/111, paragraf 171.

Setiap tahunnya, Hari Laut diperingati dengan tema bermakna yang digunakan secara bersama-sama di seluruh dunia sejak resolusi disahkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada akhir 2008 dan ditambahkan 'setelah' Laut? Itu karena Ocean Project mengakui bahwa ada satu lautan global yang menghubungkan kita semua. Dan dalam satu Samudra, ada lima samudera yang berbeda yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Arktik, dan Samudra Selatan., yakni pada tanggal 22 Maret 1994.

Sebagai informasi, berikut tema peringatan Hari Laut Dunia tahun 2011-2019 yang dirangkum PELAJARANCG Indonesia dari laman wikipedia untuk unworldoceansday.org.

Tema peringatan Hari Air Dunia (World Oceans Day) 2011-2019:

2011 : "Our Oceans: greening our future" (Lautan Kita: penghijauan masa depan kita)

2012 : "UNCLOS @ 30" (Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (Bahasa Inggris: United Nations Convention on the Law of the Sea) disingkat UNCLOS 30 Anniversary)

HARI LAUT SEDUNIA 2019: SEJARAH, TUJUAN, DAN TEMA YANG DIGUNAKAN DARI MASA KE MASA


2013 : "Oceans & People" (Lautan & Manusia)

2014 : "Ocean Sustainability: Together let's ensure oceans can sustain us into the future" (Keberlanjutan Laut: Bersama-sama mari kita pastikan lautan dapat menopang kita menuju masa depan)

2015 : "Healthy Oceans, Healthy Planet" (Lautan Sehat, Planet Sehat)

2016 : "Healthy Oceans, Healthy Planet" (Lautan Sehat, Planet Sehat)

2017 : "Our Oceans, Our Future" (Lautan Kita, Masa Depan Kita)

2018 : "Clean our Ocean!" (Bersihkan Samudra kita!)

2019 : "Gender and Oceans" (Gender dan Lautan)

Peringatan Hari Laut atau World Oceans Day diperingati setiap 8 Juni.

Post a Comment for "HARI LAUT SEDUNIA 2019: SEJARAH, TUJUAN, DAN TEMA YANG DIGUNAKAN DARI MASA KE MASA"