SELAMAT HARI KAVALERI INDONESIA! PELAJARI SEJARAHNYA

Kurikulum Pelajarancg mengucapkan selamat hari Kavaleri Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) di 2023 untuk seluruh prajurit batalyon pasukan Kavaleri berkuda! Dirgahayu yang ke 73 Tahun, Jaya Selalu Korps Kavaleri!!.


Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun disingkat HUT Korps Kavaleri Angkatan Darat tentu menjadi hari Istimewa bagi satuan Yonkav dan umumnya kita semua, terutama melihat peran penting mereka dalam menjaga NKRI tercinta!.


Sebagai bentuk cinta, selain memberi ucapan ulang tahun di hari jadinya, Sebagai siswa di sekolah ada baiknya mempelajari latar belakang sejarah terbentuknya batalyon pasukan berkuda Indonesia ini! siapa tau diantara teman-teman pelajarancg.blogspot.com ada yang memiliki cita-cita bijak sebagai anggota Kavaleri Angkatan Darat!.


Namun sebelum mempelajari Hari Kavaleri di Indonesia, akan lebih bijaksana apabila Kurikulum pelajarancg awali dengan sebenarnya apa sih yang maksud atau pengertian dari kata Kavaleri!?.




KAVALERI

Menurut ahli bahasa Wikipedia berpendapat bahwa Kata Kavaleri adalah kata yang berasal dari chevalier (Perancis) yang memiliki pengertian "kuda". Kavaleri terkenal dengan kendaraan yang digunakan di dalam pertempuran yaitu kuda karena Kavaleri merupakan pasukan berkuda di dalam pertempuran aslinya. Mengikut perkembangan zaman, sekarang kavaleri Indonesia dibekali oleh kendaraan tempur berlapis baja seperti Tank, Panser, dll.



SEJARAH KAVALERI INDONESIA

Dalam catatan sejarah Indonesia, secara singkat mengatakan bahwa Pertempuran di Surabaya pada bulan Nopember 1945 yang melibatkan beberapa pemuda Indonesia diantaranya pemuda Subiantoro yang dikemudian hari menjabat sebagai Danpussenkav. Pada saat itu para pejuang kemerdekaan Nasional Indonesia telah menggunakan beberapa Ranpur Panser hasil rampasan dari Inggris, Jepang, dan Belanda untuk melawan tentara Sekutu.


Kendaraan tempur hasil rampasan tersebut telah digunakan di beberapa daerah antara lain pada akhir Desember 1949 di Palembang dan awal tahun 1950 di Pulau Jawa dan Medan. Didorong oleh semangat, tekad dan cita-cita yang kuat untuk mempertahankan kemerdekaan, meskipun hanya menggunakan alat peralatan yang serba terbatas, para pemuda menggabungkan Ranpur hasil rampasan perang tersebut untuk membentuk organisasi satuan berlapis baja.



SEJARAH HARI KAVALERI

Hari Kavaleri Indonesia jatuh pada tanggal 9 Februari setiap tahun dan diperingati oleh TNI Angkatan Darat dan Masyarakat. Di tahun 2023, Kavaleri Indonesia genap akan berulang tahun ke 73 dalam perjalanan sejarah terbentuknya organisasi satuan Berlapis Baja ini!.


Dalam catatan Sejarah Nasional Indonesia, secara singkat mengatakan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun disingkat HUT Korps Kavaleri Angkatan Darat berlatar belakang dari Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat nomor: 5 / KSAD / Pntp / 50 tanggal 9 Februari 1950 tentang pembentukan satuan Berlapis Baja. Jadi inilah yang menjadi asal usul mengapa tanggal 9 Februari 1950 diperingati sebagai hari jadi Kavaleri Indonesia!.


Sebagai materi pelajaran sejarah di kurikulum pelajarancg.blogspot.com Hingga Hari ini, selain Kesatuan Batalyon Kavaleri yang berada dibawah struktur komando TNI-AD, terdapat juga Kesatuan Resimen Kavaleri yang berada di bawah Korps Marinir TNI-AL.



LAMBANG

Adapun salah satu gambar lambang atau logo Kavaleri TNI Angkatan Darat hari ini dapat kamu download dengan format png dan Jpeg di pelajarancg.blogspot.com

https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar logo atau lambang Kavaleri TNI Angkatan Darat png



https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar logo lambang tri daya cakti kavaleri tentara nasional indonesia


MOTTO KAVALERI

"Jaya Dimasa Perang Berguna pada Masa Damai."


SEMBOYAN KAVALERI

Semboyan khas dari satuan Kavaleri TNI-AD adalah Tri Daya Cakti yang berarti daya gerak, daya tembak dan daya kejut!.



Semoga dengan mempelajari sejarah singkat Kavelari Indonesia, menambah pengetahuan siswa tentang pasukan TNI!. Akhir kata dalam pesan singkat, keluarga besar kurikulum pelajarancg.blogspot.com sekali lagi ucapkan Selamat ulang tahun ke 73! untuk seluruh prajurit batalyon Detasemen di Hari Kavaleri! Dirgahayu Tentara Berkuda 9 Februari 1950 - 9 Februari 2023!!!

Post a Comment for "SELAMAT HARI KAVALERI INDONESIA! PELAJARI SEJARAHNYA"