PELAJARAN PPKN: MATERI SOAL SUBSTANSI HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA NEGARA DALAM PERSPEKTIF PANCASILA

KURIKULUM PELAJARANCG: Bagi kamu siswa pelajar sekolah (SD, SMP, SMA) dari berbagai tingkatan kelas berbasis K13 semester 1 - 2, tentu tengah belajar materi kewarganegaraan tentang Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila. melengkapi tulisan pelajarancg.blogspot.com sebelumnya:

Dan untuk mendalami materi-materi pelajarancg ppkn tersebut, hari ini kita akan belajar materi kewarganegaraan dalam substansi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam sudut pandang atau perspektif Pancasila.


Pancasila adalah dasar negara kita Indonesia, oleh sebab itu sangat penting mempelajari materi Hak Asasi Manusia (disingkat HAM) dalam perspektif tersebut sebagai warga Negara Indonesia.


Sebagai pelajar di Indonesia yang memiliki hak, kewajiban dan tanggung jawab yang telah diatur oleh Undang-undang dengan pedoman Pancasila sebagai wujud pengamalan nilai-nilanya maka sangat perlu menghayati pelajaran ppkn / PKn dimana pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana memisahkan pelajaran Pancasila dari mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).



Nah, umumnya setelah mempelajari buku PKn tentang materi rangkuman soal substansi hak dan kewajiban asasi manusia sebagai warga negara baik siswa pelajar sekolah (SD, SMP, dan SMA) dari berbagai tingkatan kelas berbasis K13 semester 1 - 2, pasti akan diberi soal tentang materi tersebut. Materi Soal biasanya berupa pilihan ganda dan essay, dan mewajibkan kita menjawab soal-soal Pelajaran PPKn dalam perspektif Pancasila.

PELAJARAN PPKN: MATERI SOAL SUBSTANSI HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA NEGARA DALAM PERSPEKTIF PANCASILA


Berikut beberapa materi contoh latihan soal pilihan ganda dan essay pelajaran Pancasila dari pelajarancg.blogspot.com dengan kurikulum PPKN mengenai substansi hak dan kewajiban warga negara berikut uraian jawaban dari soal tersebut.


CONTOH MATERI SOAL SUBSTANSI HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA NEGARA DALAM PERSPEKTIF PANCASILA UNTUK PELAJARANCG PPKN

Contoh Soal Pilihan Ganda Pelajaran Pancasila Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Beserta Kunci Jawaban-jawabannya


Jawaban lengkap Pembahasan tentang soal substansi hak dan kewajiban warga negara dalam pancasila:

1. Berikut ini bukan merupakan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai kasus pelanggaran HAM, yaitu ....
a. menjatuhkan hukuman bagi orang yang melakukan pelanggaran terhadap HAM
b. penyebarluasan prinsip-prinsip HAM kepada masyarakat
c. peningkatan pengawasan dari masyarakat dan lembaga-lembaga politik terhadap setiap upaya penegakan HAM yang dilakukan oleh pemerintah
d. peningkatan kualitas pelayanan publik untuk mencegah terjadinya berbagai bentuk pelanggaran HAM oleh pemerintah
e. penegakan supremasi hukum dan demokrasi

Jawaban:
a. menjatuhkan hukuman bagi orang yang melakukan pelanggaran terhadap HAM

Pembahasan:
Berikut tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai kasus pelanggaran HAM:
  • penegakan supermasi hukum dan demokrasi.
  • peningkatan kualitas pelayanan publik untuk mencegah terjadinya berbagai bentuk pelanggaran HAM oleh pemerintah.
  • peningkatan pengawasan dari masyarakat dan lembaga-lembaga politik terhadap setiap upaya penegakan HAM yang dilakukan oleh pemerintah.
  • penyebarluasan prinsip-prinsip HAM kepada masyarakat melalui lembaga pendidikan formal (sekolah/perguruan tinggi) maupun nonformal (kegiatan-kegiatan keagamaandan kursus-kursus).





2. Salah satu bentuk pelanggaran HAM ringan adalah....
a. membunuh anggota kelompok
b. memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa
c. memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain
d. memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok
e. kelalaian dalam pemberian pelayanan kesehatan

Jawaban:
e. kelalaian dalam pemberian pelayanan kesehatan

Pembahasan:
Contoh pelanggaran HAM ringan ialah kelalaian dalam pemberian pelayanan kesehatan, pencemaran lingkungan yang disengaja dan sebagainya.




3. Dalam kasus Tanjung Priok terjadi pelanggaran ham berat berupa....
a. pengiriman tenaga kerja wanita secara paksa
b. perbudakan ke negeri asing
c. penangkapan dan penahanan sewenang-wenang
d. kelalaian pemberian layanan kesehatan
e. pencemaran tanah dan udara

Jawaban:
c. penangkapan dan penahanan sewenang-wenang

Pembahasan:
Dalam kasus Tanjung Priok terjadi pelanggaran HAM berat berupa pembunuhan secara kilat, penangkapan dan penahanan sewenang-wenang, penyiksaan dan penghilangan orang secara paksa.




4. Pada dasarnya, hak asasi manusia harus....
a. dilalaikan
b. dilupakan
c. dihindari
d. dihormati
e. diabaikan

Jawaban:
d. dihormati




5. Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM, kecuali....
a. terjadinya penyalahgunaan kekuasaan
b. kurang tegasnya aparat penegak hukum
c. terjadinya penyalahgunaan teknologi
d. kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi
e. tegasnya aparat penegak hukum

Jawaban:
e. tegasnya aparat penegak hukum

Pembahasan pelajarancg.blogspot.com:
Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM:
  • Terjadinya penyalahgunaan kekuasaan.
  • Kurang tegasnya aparat penegak hukum.
  • Terjadinya penyalahgunaan teknologi.
  • Terjadinya kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.





6. Faktor-faktor yang berasal dari diri pelaku pelanggar HAM disebut sebagai faktor....
a. eksternal
b. internal
c. langsung
d. tak langsung
e. sumber

Jawaban:
b. internal




7. Berikut yang bukan merupakan faktor internal penyebab pelanggaran HAM adalah ....
a. mementingkan kepentingan diri sendiri
b. sikap egois yang tinggi
c. kurangnya sikap toleran
d. rendahnya kesadaran HAM
e. hukum tegasnya aparat penegak hukum

Jawaban:
e. hukum tegasnya aparat penegak hukum

Pembahasan:
Berikut faktor internal penyebab pelanggaran HAM:
  • Sikap egois yang tinggi;
  • Rendahnya kesadaran HAM;
  • Kurangnya sikap toleran.





8. Faktor-faktor yang berasal dari luar diri manusia yang mendorong seseorang atau sekelompok yang melakukan pelanggaran HAM disebut faktor ....
a. eksternal
b. internal
c. langsung
d. tidak langsung
e. sumber

Jawaban:
a. eksternal

Pembahasan 118918261cfc:
Faktor eksternal, yaitu faktor-faktor yang berasal dari luar diri manusia yang mendorong seseorang atau sekelompok orang melakukan pelanggaran HAM.




9. Salah satu faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM adalah ....
a. sikap egois yang tinggi
b. penyalahgunaan teknologi
c. minimnya kesenjangan sosial dan teknologi
d. pembagian kekuasaan yang tegas dan jelas
e. tegasnya aparat penegak hukum

Jawaban:
b. penyalahgunaan teknologi

Pembahasan:
Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM.
1. Terjadinya penyalahgunaan kekuasaan.
2. Kurang tegasnya aparat penegak hukum.
3. Terjadinya penyalahgunaan teknologi
4. Terjadinya kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.




10. Memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain termasuk jenis pelanggaran ....
a. kejahatan terhadap kemanusiaan
b. kejahatan genosida
c. penganiayaan
d. penyiksaan
e. diskriminasi

Jawaban:
b. kejahatan genosida

Pembahasan:
Kejahatan genosida, yaitu perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama, dengan cara membunuh anggota kelompok, mengakibatkan penderitaan fisik dan mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok, menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya, memaksakan tindakan–tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok, atau memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain.




11. Contoh pelanggaran HAM ringan, yaitu ....
a. pembunuhan
b. penganiayaan
c. pencemaran lingkungan
d. pemerkosaan
e. perampokan

Jawaban:
c. pencemaran lingkungan

Pembahasan:
Contoh pelanggaran HAM ringan ialah kelalaian dalam pemberian pelayanan kesehatan, pencemaran lingkungan yang disengaja, dan sebagainya.




12. Hak asasi manusia memiliki ciri-ciri khusus jika dibandingkan dengan hak-hak yang lain, kecuali....
a. hakiki
b. universal
c. tidak dapat dicabut
d. tidak dapat dibagi
e. fleksibel

Jawaban:
e. fleksibel

Pembahasan:
Hak asasi manusia memiliki ciri-ciri khusus jika dibandingkan dengan hak-hak yang lain, yaitu sebagai berikut:
  • tidak dapat dicabut;
  • tidak dapat dibagi;
  • bersifat hakiki;
  • bersifat universal




13. Berikut yang bukan merupakan hak asasi manusia adalah ....
a. buy rights
b. property rights
c. personal rights
d. procedural rights
e. political rights

Jawaban:
a. buy rights

Pembahasan:
Secara umum, hak asasi manusia terdiri atas lima macam, yaitu sebagai berikut:
  • procedural rights;
  • political rights;
  • personal rights;
  • rights of legal equality;
  • property rights




14. Salah satu hak alamiah manusia menurut John Locke adalah hak untuk ....
a. mendapatkan bantuan dari pemerintah
b. mendapatkan tempat tinggal yang layak
c. mendapatkan pekerjaan yang layak
d. hidup
e. mendapatkan pendidikan

Jawaban:
d. hidup

Pembahasan:
John Locke merumuskan adanya hak alamiah (natural rights) yang melekat pada setiap diri manusia, yaitu hak atas hidup, hak kebebasan, dan hak milik.




15. Personal rights artinya hak asasi ....
a. politik
b. pribadi
c. ekonomi
d. budaya
e. agama

Jawaban:
b. pribadi




16. Berikut yang bukan merupakan jenis hak asasi manusia yang harus dihormati dan dijamin pemenuhannya, baik oleh negara atau setiap warga negara adalah ....
a. hak untuk meneruskan keturunan
b. hak untuk mendapatkan pendidikan
c. hak untuk mendapatkan kesehatan
d. hak untuk mendapatkan pekerjaan
e. melindungi hak asasi orang lain

Jawaban:
e. melindungi hak asasi orang lain

Pembahasan:
Terdapat banyak jenis hak asasi manusia yang harus dihormati dan dijamin pemenuhannya, baik oleh negara atau setiap warga negara, seperti hak untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan sebagainya.




17. Menghormati, menjamin dan melindungi hak asasi manusia lainnya disebut ....
a. kewajiban asasi
b. hak asasi
c. hak pilih
d. hak opsi
e. hak repudasi

Jawaban:
a. kewajiban asasi

Pembahasan:
Kewajiban asasi, yaitu menghormati, menjamin, dan melindungi hak asasi manusia lainnya.




18. Perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, sehingga menimbulkan rasa sakit atau penderitaan, baik jasmani maupun rohani pada seseorang untuk memperoleh pengakuan atau keterangan dari seseorang atau orang ketiga disebut ....
a. kejahatan genosida
b. kejahatan terhadap kemanusiaan
c. penganiayaan
d. penyiksaan
e. diskriminasi

Jawaban:
d. penyiksaan

Pembahasan:
Penyiksaan, yaitu perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, sehingga menimbulkan rasa sakit atau penderitaan baik jasmani maupun rohani pada seseorang untuk memperoleh pengakuan atau keterangan dari seseorang atau orang ketiga.




19. Salah satu faktor internal penyebab pelanggaran HAM adalah ....
a. sikap mementingkan kepentingan umum
b. sikap egois yang tinggi
c. tingginya sikap toleran
d. tingginya kesadaran HAM
e. tegasnya aparat penegak hukum

Jawaban:
b. sikap egois yang tinggi

Pembahasan:
Berikut faktor internal penyebab pelanggaran HAM.
  • Sikap egois yang tinggi;
  • Rendahnya kesadaran HAM;
  • Kurangnya sikap toleran.




20. Hak asasi manusia tidak dapat dibagi, artinya ....
a. tidak dapat dihalangkan atau diserahkan
b. selalu bertambah sesuai tuntutan zaman
c. semua orang berhak mendapatkan semua hak, meliputi hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya
d. berlaku untuk semua orang tanpa memandang status, suku bangsa, gender, atau perbedaan lainnya
e. sudah ada sejak lahir

Jawaban pelajarancg.blogspot.com:
c. semua orang berhak mendapatkan semua hak, meliputi hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya

Pembahasan:
Tidak dapat dibagi, artinya semua orang berhak mendapatkan semua hak, meliputi hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya.




21. Dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia, semua konstitusi yang pernah berlaku menganut prinsip....
a. sentralisasi
b. pemaksaan
c. demokrasi
d. diktator
e. monopoli

Jawaban:
c. demokrasi




22. Demokrasi Pancasila mengandung beberapa nilai moral yang bersumber dari ....
a. Pancasila
b. masyarakat
c. pemerintah
d. UUD 195 e. Bhinneka Tunggal Ika

Jawaban:
a. Pancasila




23. Pengambilan keputusan dengan cara musyawarah mufakat merupakan salah satu nilai moral demokrasi Pancasila yang bersumber dari ....
a. Tuhan
b. Pancasila
c. Rakyat
d. Pimpinan
e. Pemerintah

Jawaban:
b. Pancasila




24. Gerakan massa yang dimotori oleh mahasiswa turun ke jalan menuntut Presiden Soeharto lengser dari jabatan nya terjadi pada periode ....
a. sebelum 1945
b. 1945-1949
c. 199-1959
d. 1959-1965
e. Orde Baru

Jawaban:
e. Orde Baru




25. Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD merupakan bunyi dari ....
a. UUD 1945 Pasal 1 Ayat 1
b. UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2
c. UUD 1945 Pasal 1 Ayat 3
d. Wakil Presiden No. X
e. Undang-Undang No. 7 Tahun 1953

Jawaban 118918261cfc:
b. UUD 1945 Pasal 1 Ayat 2




26. Keinginan bangsa Indonesia bahwa demokrasi yang diterapkan di Indonesia merupakan demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan merupakan cita-cita ....
a. ketuhanan
b. kerakyatan
c. permusyawaratan
d. hikmat kebijaksanaan
e. keadilan

Jawaban:
d. hikmat kebijaksanaan

Pembahasan 118918261cfc:
Cita-cita hikmat kebijaksanaan, yaitu keinginan bangsa Indonesia bahwa demokrasi yang diterapkan di Indonesia merupakan demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, peri kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan.




27. Dilaksanakannya kebebasan yang dipertanggung-jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, dan orang lain merupakan salah satu ciri demokrasi ....
a. Pancasila
b. Liberal
c. Terpimpin
d. Komunis
e. Otoriter

Jawaban:
a. Pancasila




28. Pada tanggal 14 November 1945, Soekarno sebagai kepala pemerintahan republik diganti oleh ....
a. Habibie
b. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Walikota
e. Gubernur

Jawaban:
c. Sutan Syahrir




29. Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa syarat dan tidak dapat dicabut kembali kepada RIS selambat-lambatnyapada tanggal 30 Desember 1949 merupakan salah satu keputusan pokok ....
a. Perjanjian Linggarjati
b. Perjanjian Renville
c. KMB
d. Perjanjian Roem Royen
e. Proklamasi Kemerdekaan

Jawaban:
c. KMB




30. Berikut pelaksanaan demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965 adalah ....
a. Konstitusi RIS menentukan bentuk negara serikat yang terbagi dalam 16 negara bagian, yaitu 7 negara bagian dan 9 buah satuan kenegaraan
b. kekuasaan eksekutif yang semula dijalankan oleh presiden beralih ke tangan menteri sebagai konsekuensi dari dibentuknya sistem pemerintah parlementer.
c. perubahan sistem pemerintahan dari presidensial menjadi parlementer
d. Mukadimah Konstitusi RIS telah menghapuskan sama sekali jiwa atau semangat Pembukaan UUD proklamasi sebagai penjelasan resmi Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia.
e. Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.

Jawaban pelajarancg:
e. Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.

Pembahasan:
Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.




31. Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat disebut ....
a. oligarki
b. otokrasi
c. tirani
d. liberal
e. demokrasi

Jawaban:
e. demokrasi

Pembahasan:
Demokrasi ialah pemerintahan rakyat, atau yang lebih kita kenal sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.




32. Salah satu nilai dari demokrasi menurut Hendry B. Mayo, yaitu ....
a. menyelenggarakan penggantian pemimpin secara teratur
b. menyelesaikan perselisihan dengan cepat
c. menjamin terselenggaranya perubahan secara rusuh
d. menolong dan mencegah tumbuhnya pemerintah oleh kaum otokrat yang kejam dan licik
e. menjamin kebebasan pribadi yang lebih luas bagi warga negaranya daripada alternatif lain yang memungkinkan.

Jawaban:
a. menyelenggarakan penggantian pemimpin secara teratur

Pembahasan:
Hendry B. Mayo mengemukan nilai-nilai dalam demokrasi, antara lain sebagai berikut:
  • Menyelesaikan perselisihan dengan damai dan secara melembaga;
  • Menjamin terselenggaranya perubahan secara damai dalam suatu masyarakat yang sedang berubah;
  • Menyelenggarakan penggantian pemimpin secara teratur.




33. Suatu pemerintahan dikatakan demokratis apabila dalam mekanisme pemerintahannya diwujudkan....Demokrasi a. asas-asas
b. bentuk-bentuk
c. kendala-kendala
d. tujuan-tujuan
e. prinsip-prinsip

Jawaban:
e. prinsip-prinsip

Pembahasan:
suatu pemerintah dikatakan demokratis apabila dalam mekanisme pemerintahannya diwujudkan prinsip-prinsip demokrasi.




34. Dasar pengembangan dan pelaksanaan demokrasi yang berjalan di Indonesia, yaitu ....
a. Pancasila
b. Tap MPR
c. Keputusan Presiden
d. Pembukaan UUD 1945
e. Batang Tubuh UUD 1945

Jawaban:
a. Pancasila

Pembahasan:
Pancasila merupakan dasar pengembangan dari pelaksanaan demokrasi yang berjalan di Indonesia




35. Sistem politik yang sesuai dengan situasi dan kondisi negara Indonesia adalah sistem politik demokrasi ....
a. memaksakan pendapat dalam pengambilan keputusan
b. menjunjung tinggi persamaan
c. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
d. membudayakan sikap baik dan adil
e. mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional

Jawaban:
c. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban




36. Yang bukan termasuk perilaku demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
a. memaksakan pendapat dalam pengambilan keputusan
b. menjunjung tinggi persamaan
c. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
d. membudayakan sikap baik dan adil
e. mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional

Jawaban:
a. memaksakan pendapat dalam pengambilan keputusan




37. Sebuah negara dapat disebut sebagai negara yang demokratis apabila di dalam pemerintahan terjadi hal-hal berikut, kecuali....
a. tidak terjadi distribusi pendapatan yang adil
b. rakyat memiliki persamaan di depan hukum
c. rakyat berkesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan
d. rakyat memperoleh pendapatan yang layak
e. rakyat memiliki kebebasan yang bertanggung jawab

Jawaban:
a. tidak terjadi distribusi pendapatan yang adil

Pembahasan:
sebuah negara dapat disebut sebagai negara yang demokratis apabila didalam pemerintahan tersebut rakyat memiliki persamaan di depan hukum, memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan dan memperoleh pendapatan yang layak karena terjadi distribusi pendapatan yang adil, serta memiliki kebebasan yang bertanggung jawab.




38. Dalam negara demokrasi, ada empat kebebasan yang sangat penting, yaitu kebebasan ....
a. mengeluarkan pendapat, bertindak, beribadah dan berkumpul
b. berperang, pers, mengeluarkan pendapat dan berkumpul
c. berperang, pers, beribadah dan berkumpul
d. beragama. Pers, mengeluarkan pendapat dan berperang
e. beragama, pers, mengeluarkan pendapat, dan berkumpul

Jawaban:
e. beragama, pers, mengeluarkan pendapat, dan berkumpul

Pembahasan:
Dalam negara demokrasi, ada empat kebebasan yang sangat penting, yaitu kebebasan beragama, kebebasan pers, kebebasan mengeluarkan pendapat, dan kebebasan berkumpul.




39. Kemampuan manusia yang berupa sikap dan kegiatan menghargai persamaan, kebebasan, dan peraturan merupakan pengertian dari....
a. keragaman budaya
b. budaya politik
c. budaya demokrasi
d. sengketa politik
e. masalah politik

Jawaban:
c. budaya demokrasi

Pembahasan:
pengertian budaya demokrasi adalah kemampuan manusia yang berupa sikap dan kegiatan menghargai persamaan, kebebasan, dan peraturan




40. Berikut yang bukan merupakan upaya untuk menjalankan kehidupan yang demokratis adalah ....
a. mengadakan perubahan secara damai
b. memberikan kritik yang bersifat membangun
c. menyelesaikan segala permasalahan dengan musyawarah
d. bertindak sesuai hukum yang berlaku
e. memaksakan kehendak kepada orang lain

Jawaban:
e. memaksakan kehendak kepada orang lain

Pembahasan:
Berikut beberapa upaya untuk menjalankan kehidupan yang demokratis:
  • Bertindak sesuai hukum yang berlaku;
  • Memberikan kritik yang bersifat membangun;
  • Menyesuaikan segala permasalahan dengan musyawarah;
  • Mengadakan perubahan secara damai
https://pelajarancg.blogspot.com/


Baca: PELAJARAN IPS: MATERI SOAL KERAGAMAN SOSIAL DUDAYA KELAS 4 SEKOLAH DASAR (SD)


Contoh Soal Essay Pelajaran Pancasila Kewjiban dan Hak sebagai Warga Negara Beserta Kunci Jawaban-jawabannya



Essay 1. Jelaskan pengertian Hak Asasi Manusia!

Jawaban Esay 1: Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada diri manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.


Essay 2. Sebutkan macam-macam Hak asasi manusia!

Jawaban essay 2: Hak asasi manusia secara garis besar dapat digolongkan menjadi 6 macam sebagai berikut:
  1. Hak Asasi Pribadi/Personal Rights;
  2. Hak Asasi Politik/Political Rights;
  3. Hak Asasi Hukum/Legal Equality Rights;
  4. Hak Asasi Ekonomi/Property Rigths;
  5. Hak Asasi Peradilan/Procedural Rights;
  6. Hak Asasi Sosial Budaya/Social Culture Rights.


Essay 3. Dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM (Hak Asasi Manusia) disebutkan tentang beberapa macam hak. Sebutkan apa saja hak tersebut!

Jawaban essay 3: Dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia disebutkan tentang beberapa macam hak sebagai berikut:

  1. Hak Untuk Hidup.
  2. Hak Berkeluarga dan Melanjutkan Keturunan.
  3. Hak Mengembangkan Diri.
  4. Hak Memperoleh Keadilan.
  5. Hak Atas Kebebasan Pribadi.
  6. Hak Atas Rasa Aman.
  7. Hak Atas Kesejahteraan.
  8. Hak Turut Serta Dalam Pemerintahan.
  9. Hak Wanita.
  10. Hak Anak.


Essay 4. Upaya apa saja yang dilakukan di Indonesia untuk memajukan, menghormati, dan menegakkan hak asasi manusia?

Jawaban essay 4: Upaya memajukan, menghormati, dan menegakkan hak asasi manusia di Indonesia dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Membentuk peraturan perundang-undangan tentang HAM seperti berikut:

  • Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.
  • Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia.


2. Membentuk kelembagaan HAM seperti berikut:

  • Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).
  • Komisi Nasional Antikekerasan terhadap Perempuan.
  • Lembaga Bantuan Hukum.
  • Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia.




Essay 5. Bagaimanakah cara penanganan kasus pelanggaran HAM di Indonesia?

Jawaban essay 5: Penanganan kasus pelanggaran HAM di Indonesia dilakukan melalui proses. Proses penanganannya dapat dilakukan melalui lembaga Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Pengadilan HAM, dan Pengadilan HAM ad hoc.


Catatan: Tulisan berwarna HIJAU adalah kunci jawaban dari soal-soal diatasnya



Demikian beberepa contoh soal materi PPKn SD, SMP, SMA tiap semester untuk Pelajaran Pancasila dengan penjelasan wacana pertanyaan tentang substansi hak dan kewajiban asasi manusia sebagai warga negara dalam Perspektif Pancasila berikut kunci jawabannya dari pelajarancg.blogspot.com. Semoga memberikan manfaat bagi kamu yang membutuhkannya!!!

Post a Comment for "PELAJARAN PPKN: MATERI SOAL SUBSTANSI HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA NEGARA DALAM PERSPEKTIF PANCASILA"