MACAM DAN PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB

Pelajarancg: Menurut ahli bahasa Kamus Besar Bahasa Indonesia (disingkat KBBI), Tanggung Jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Secara singkat, dapat disimpulkan bahwa pengertian dari tanggung jawab sebagai warga negara adalah berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.


Kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja inilah yang disebut dengan tanggung jawab. Manusia pada hakikatnya merupakan makhluk yang bertanggung jawab penuh atas apa yang dilakukannya, baik itu sebagai makhluk individual, makhluk sosial, dan makhluk Tuhan.


Ini berarti bahwa sebagai manusia yang hidup dimuka bumi, baik sebagai warga negara dalam konteks sosial, Individu juga teologis memiliki tuntutan yang besar untuk bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.


Lalu apa saja macam dan contoh tanggung jawab sebagai warga negara, bangsa, dan makhluk Tuhan ini apabila dilihat dari pengertian secara umum diatas? berikut pelajarancg.blogspot.com rangkum dalam penjelasan dibawah.


MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB

Adapun jenis tanggung jawab terdiri dari berbagai macam yang dapat dibedakan menurut keadaan manusia dalam konteks sosial, Individu dan teologis sebagai mahluk hidup. Berikut macam-macam dan contohnya:

1. Tanggung Jawab Dalam Konteks Teoligis / Terhadap Tuhan

Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupan manusia agar bertanggung jawab penuh atas apa yang dilakukannya langsung terhadap Tuhan. Olehkarenanya, tentu ada akibat apabila dalam konteks teoligis ini tidak dijalankan sesuai ajaran agama, ialah berupa hukuman baik dalam berbagai bentuk yang mesti ditanggungnya, terutama pertanggung jawaban di akhirat nanti.


Contoh: Manusia memiliki tanggung jawab atau kewajiban untuk menjalankan ibadah Shalat 5 Waktu untuk agama Islam, Apabila kewajiban ini dilalaikan tentu akan ada akibat/ hukuman yang akan diterima di akhirat nanti berhubungan dengan ibadah tersebut.



2. Tanggung Jawab Dalam Konteks Individu Terhadap Diri Sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri itu menuntut kesadaran akan diri kita untuk memenuhi kewajiban sendiri dan mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Yang artinya apapun yang telah kita lakukan harus menerima resikonya sendiri.


Contoh: Manusia memiliki tanggung jawab atau kewajiban untuk menjaga kesehatannya, Apabila kewajiban ini dilalaikan tentu akan ada akibat/ hukuman yang akan diterima seperti datangnya penyakit yang akan merugikan dirinya sendiri.


3. Tanggung Jawab Dalam Konteks Sosial Terhadap Keluarga

Keluarga merupakan kelompok sosial dari masyarakat kecil. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga, tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejaterahaan, keselamatan, pendidikan dan kehidupan yang baik.


Contoh: Manusia yang berkeluarga, baik itu anak, ibu, ayah sebagai anggota keluarga memiliki tanggung jawab atau kewajiban seperti harus saling menjaga nama baik keluarga dengan sikap dan perbuatan yang dilakukan di dalam kehidupan bermasyarakat, Apabila kewajiban ini dilalaikan tentu akan ada akibat/ hukuman yang akan diterima seperti nama keluarga akan buruk dimata khalayak umum.


Adapun contoh kasus lainnya adalah Tanggung Jawab Seorang Anak dalam Keluarga, Misalnya:
  • Tanggung jawab dalam hal perilaku dan sopan santun;
  • Tanggung jawab dalam hal pendidikan; dan 
  • Tanggung jawab dalam hal pergaulan / sosial.


4. Tanggung Jawab Dalam Konteks Sosial Terhadap Masyarakat

Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain karena manusia kedudukannya sebagai makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain maka kita harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut.

Contoh: Manusia baik dilingkungan maupun Sekolah, kantor, dll memiliki tanggung jawab atau kewajiban untuk saling berkomunikasi atau berinteraksi didalam suatu kehidupan masyarakat, Apabila kewajiban ini dilalaikan tentu akan hukuman/ akibat yang akan diterima seperti tidak memiliki teman di sekolah maupun diacuhkan oleh lingkungan sekitar.


5. Tanggung Jawab Dalam Konteks Warga Negara Kepada Bangsa / Negara

Pada hakekatnya manusia hidup dalam suatu negara sebagai warga yang hak dan kewjibannya diatur oleh Undang-undang dari negaranya. Oleh karena itu dalam berpikir, berbuat, bertindak, dan bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma yang dibuat oleh bangsanya sebagai warga negara.


Contoh: Manusia sebagai warga negara dalam kontek sosial, memiliki tanggung jawab untuk menjaga nama baik negaranya dengan mengikuti semua norma yang berlaku dalam aturan Undang-undang, Apabila kewajiban ini dilalaikan tentu akan hukuman/ akibat yang akan diterima seperti pencekalan, penjara, dll.

MACAM DAN PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB



Baca:



KESIMPULAN MACAM, PENGERTIAN DAN CONTOH TANGGUNG JAWAB

Dalam konteks sosial manusia merupakan makhluk sosial. Ia tidak dapat hidup sendirian dengan perangkat nilai-nilai sendiri. Nilai-nilai yang diperankan seseorang dalam ja­minan sosial harus dipertanggungjawabkan sehingga tidak meng­ganggu konsensus nilai yang telah disetujui bersama. Manusia sebagai makhluk indivi­dual artinya manusia harus bertanggung jawab terhadap diri­nya (seimbangan jasmani dan rohani) dan harus bertanggung jawab terhadap Tuhannya (sebagai penciptanya). Tanggung jawab manusia terhadap dirinya akan lebih kuat intensitasnya apabila ia memiliki kesadaran yang mendalam. Ini dapat disimpulkan bahwa Tanggung jawab manusia terhadap dirinya juga muncul sebagai akibat keyakin­annya terhadap suatu nilai.


Sama halnya tanggung jawab manusia terhadap Tuhan­nya, manusia sadar akan keyakinan dan ajaran-Nya. Oleh karena itu manusia harus menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya agar manusia dijauhkan dari perbuatan keji dan munkar. Sedangkan  Tanggung jawab dalam konteks pergaulan manusia, sontohnya adalah keberanian. Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang berani menanggung resiko atas segala yang menjadi tanggung jawabnya. Dengan rasa tanggung jawab, orang yang bersangkutan akan berusaha melalui seluruh po­tensi dirinya. Selain itu juga orang yang bertanggung jawab adalah orang yang mau berkorban demi kepentingan orang lain. Jadi itulah penjelasan mengenai Pengertian dan macam-macam sikap tanggung jawab, baik sebagai warga negara Indonesia, Masyarakat, maaupun sebagai individu dari pelajarancg.blogspot.com, semoga bermanfaat!. Apabila kamu memiliki contoh-contoh lainnya, silahkan bagikan dengan kurikulum pelajarancg dikolom komentar!!!

Post a Comment for "MACAM DAN PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB "