HARI MUSIK NASIONAL DIRAYAKAN PADA 9 MARET

Kurikulum Pelajarancg: Hari Musik Nasional dalam bahasa Inggris: National Music Day diperingati pada 9 Maret, hari ulang tahun Wage Rudolf Soepratman (lahir tahun 1903), pengarang dan pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya.


Hari Musik adalah istilah umum untuk hari-hari sejarah yang diperingati oleh Insan pencinta Musik sepanjang tahun. Hari ini memiliki makna penting dengan tujuan dalam upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik Indonesia, serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional dan internasional. Biasanya, ini adalah hari di mana semua Insan Musik akan menegaskan kembali kecintaan atas dunia permusikkan di Indonesia.




SEJARAH HARI MUSIK NASIONAL

Sejarah mencatat, bahwa penetapan Hari Musik di Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional. Dalam Keppres itu disebutkan pula bahwa peringatan Hari Musik Nasional bukan hari libur nasional.

Adapun isi lengkap dari Keppres tersebut adalah:

KEPUTUSAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 10 TAHUN 2013

TENTANG

HARI MUSIK NASIONAL

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang :

a. bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multi dimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional;

b. bahwa para insan musik Indonesia bersama masyarakat selama ini memeringati tanggal 9 Maret sebagai hari musik nasional;

c. bahwa berdasarkan hal tersebut dan dalam upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik Indonesia, serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional dan internasional, perlu menetapkan tanggal 9 Maret sebagai hari musik nasional dengan Keputusan Presiden;

Mengingat : Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;


MEMUTUSKAN:

Menetapkan : KEPUTUSAN PRESIDEN TENTANG HARI MUSIK NASIONAL.

PERTAMA : Menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional.

KEDUA : Hari Musik Nasional bukan merupakan hari libur.

KETIGA : Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Ditetapkan di Jakarta

pada tanggal 9 Maret 2013

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

ttd.

DR. H. SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Gambar sejarah dan kata mutiara ucapan hari musik nasional yang dirayakan pada 9 Maret di 2020



Latar belakang mengenai sejarah nasional mengapa tanggal 9 Maret yang ditetapkan sebagai Hari Musik, pasalnya gagasan ini sudah ada sejak zaman Presiden Megawati. Menurut berbagai sumber dikatakan bahwa, Presiden Megawati telah mencanangkan tentang perayaan Hari Musik di Istana Negara Indonesia pada 10 Maret 2003 silam yang ditandai dengan  pemencetan tombol situs resmi Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI).


Namun pada zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono baru dikelrakannya Keppres No. 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional. Yang mana tanggal lahir WR Supratman 9 Maret 1903 ditetapkan sebagai tanggal sejarah perayaan Hari Musik Nasional Indonesia.


Dan jangan lupa untuk mengirim ucapan selamat kepada teman-teman para insan musik Indonesia secara Nasional yang kamu temukan di media sosial seperti contoh Facebook, ataupun dengan caption Instagram. Rayakan apresiasi apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia!


WR SOEPRATMAN

Biografi:

Nama Lengkap :Wage Rudolf Soepratman (baca: Supratma)

Nama panggilan : WR Supratman


Tempat Tanggal Lahir : Somongari, Purworejo, 19 Maret 1903 (Masih dalam perdebatan mengenai tanggal lahir beliau)


Tempat Tanggal Meninggal: Surabaya, 17 Agustus 1938

Kebangsaan: Indonesia

Dimakamkan: Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta

Nama Ayah : Djoemeno Senen Sastrosoehardjo

Nama Ibu : Siti Senen

Saudara : 8 orang (Roekijem Soepratijah, Roekinah Soepratirah, Rebo, Gijem Soepratinah, Aminah, Ngadini Soepratini, Slamet, dan Sarah)


Karya Lagu / Musik:
  • Indonesia Raya
  • Ibu Kita Kartini


KESIMPULAN

Kisah sejarah di balik peringatan hari musik di Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 9 Maret oleh insan Musik di Indonesia secara nasional, disamakan dengan hari lahir pahlawan nasional Wage Rudolf Soepratman. Peringatan ini, kali pertama dirayakan pada 9 Maret 2013 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional.


Happy National Music Day! Selamat Peringatan Hari Musik, apresiasi tertinggu untuk seluruh insam musik Indonesia dari teman di pelajarancg.blogspot.com Perayaan musik adalah perayaan kehidupan, ini adalah jembatan yang menghubungkan jiwa kita dengan diri sadar kita dan memberi kekuatan kepada kita ketika kita tumpul dan sedih,  Ceria dengan kekuatan musik:

Post a Comment for "HARI MUSIK NASIONAL DIRAYAKAN PADA 9 MARET"