LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS) 2020

Logo dan Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2020 di pelajarancg.blogspot.com. Peringatan Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Menurut sejarah singkatnya Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.


Pada tulisan kali ini Mata Pelajarancg akan membahas mengenai Logo dan Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2020. Sedang tulisan sambutan Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 telah dapat di downlod pada situs resmi kemdikbud.go.id


Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) memiliki sejarah yang panjang. Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan.


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional meskipun dilaksanakan secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara. Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.


Adapun tujuan utamanya adalah:
  • Komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa;
  • Mengingatkan kembali kepada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa;
  • Meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan.


Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) menjadi bagian penting dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dalam membangun pendidikan termasuk karakter menuju bangsa berprestasi melalui dasar dan arah pendidikan bangsa berkelanjutan.



1. LOGO PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS) 2020

Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), adalah sebagai berikut.

https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar logo Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) 2020



2. TEMA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS) 2020

Sebagaimana ditetapkan oleh KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, tema yang diangkat dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020 adalah "Belajar dari Covid-19”. dengan tema ini diharapkan kita dapat meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan.




3. MAKNA LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS) 2020

Adapun memaknai Hardiknas tahun 2020 jika melihat dari tema ini dapat artikan bahwa ajakan kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19, mendorong pelibatan dan partisipasi publik serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan penyebaran Covid-19. Di masa pandemi virus corona, inilah hakekat yang mestinya menjadi makna sesungguhnya terutama  bukan sekedar kata ataupun ucapan semata.


Akhir kata dari pembahasan pelajarancg.blogspot.com menyampaikan kata ucaoan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) untuk pendidikan bangsa yang berkarakter!.

Post a Comment for "LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS) 2020"