MAKNA DAN TEMA NUZULUL QURAN 17 RAMADHAN 1444 H 2023

pelajarancg.blogspot.com: Makna dan Tema Nuzul Quran 17 Ramadhan 1444 H Tahun 2023. Malam Nuzulul Quran, Nuzululquran atau Nuzul Alqur'an dirayakan pada tanggal berubah-ubah dalam Kalender Masehi, secara tradisional ini terjadi pada Bulan suci Ramadan setiap tahunnya, tergantung kepada siklus bulan untuk mengingat kembali peristiwa bersejarah tentang Alquran untuk pertama kalinya diturunkan ke bumi. Hari Nuzul Quran adalah malam perayaan terpenting dalam tahun kalender Ramadhan umat Islam.


Pada tulisan Mata pelajarancg dengan kurikulum materi Agama Islam akan membahas mengenai Makna dan Tema Nuzul Quran 17 Ramadhan 1444 H Tahun 2023. Sedangkan tulisan kata doa pesan untuk ucapan Nuzul Quran 17 Ramadhan 1444 H Tahun 2023 dan hikmahnya secara lengkap dibahas dalam artikel tersendiri.


Nuzululquran adalah bertujuan tidak hanya mengingat sejarah peristiwa yang terjadi saat malam hari ini. Karena sebagai umat Islam sangat penting memaknai setiap peristiwa Nuzulul Quran sebagai merayakan Alqur'an untuk pertama kalinya diturunkan ke bumi. Dalam Ayat Al-Qur'an berkata bahwa “Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Al-Baqarah:185).


Surat Al Quran pertama kali turun ke bumi yaitu Surat Al Alaq ayat 1-5. Nuzulul Quran diperingati setiap malam 17 Ramadhan, sementara itu malam Lailatul Qadar jatuh pada sepertiga malam yang terakhir bulan Ramadhan. Artinya: "Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan."


Hari Malam Nuzul Quran merupakan malam kemuliaan Islam selain malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan.


Di tahun 2023, tanggal Malam Nuzul Quran jatuh pada tanggal bervariasi di 17 Ramadhan 1444 H 2023.


Hikmah Nuzul Quran, tergantung kepada setiap individu itu sendiri namun pelajarancg telah merangkum secara umum untuk tahun 2023 sebagai referensi Kurikulum 2023 adalah sebagai berikut.


Makna pertama: Malam Kemuliaan Yang di berkahi. Nuzulul atau Nuzul adalah kata yang dalam bahasa arab artinya adalah turun atau maqam tinggi. Adapun arti istilah Nuzulul Quran adalah 'turunnya al-Quran'. "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada lailatul qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. al-Qadar: 1 – 3)


Makna kedua: Keimanan dan Peningkatan Ibadah. Budaya membaca Al-Qur’an harus dapat dipupuk sejak dini dan dijadikan kebiasaan sehari-hari sebagai langkan ketaqwaan atau meningkatkan Ibadah. Bukan hanya sekedar dapat membaca, masyarakat juga harus tahu arti dan mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Momentum Nuzululquran dapat menjadikan umat yang mengusai ilmu dan pengetahuan, karena segala sesuatu tersimpan di dalam Al Qur’an. Semakin sering kita menulis dan membaca Al Qur’an kita jadi lebih paham dengan ilmu serta ajaran terkandung di dalamnya. Oleh karena itu kita diajarkan untuk banyak-banyak membaca agar lebih memahami isi yang terkadung dalam Al-Quran dan cara untuk meningkatkan Ibadah bedasarkan pedoman didalamnya.


Makna ketiga: Pemersatu Umat. AlQuran adalah Sebagai sumber dan pedoman umat yang utama, umat Islam seluruh dunia membaca Al Qur’an dengan cara dan bahasa yang sama.


Tentu saja masih banyak makna-makna utama sesungguhnya yang lain bahkan terlewat oleh pelajarancg namun secara umum semoga ini bisa mewakilinya.

https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar makna, tema dan ucapan nuzulul quran 17 Ramadhan 1443 h 2023



TEMA DAN CONTOH TEMA NUZULUL QURAN 17 RAMADHAN 1444 H 2023

Secara umum di Indonesia, banyak sekali yang kurikulum pelajarancg temukan kumpulan tema yang bagus baik itu untuk Kenduri di sekolah, Masjid, Majlis Talim, Ceramah, Tabligh akbar maupun kantor, salah satu contoh tema yang bisa diangkat dalam menyambut Malam Hari Nuzulul Quran 17 Ramadan 1444 H tahun 2023 adalah "Nuzulul Quran Di Rumah Saja Dengan Khatam AlQuran".


Dan sebagai alternatif lain untuk baliho, mading, kata bijak, kartu ucapan selamat hingga kegiatan acara, inilah contoh kumpulan tema sub-tema Nuzulul Quran 2023 yang bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik.
  • "Bacalah dan Katakanlah" - Tema 2023 untuk memperingati Nuzul Quran di Rumah Saja menghindari penyebaran virus Corona.
  • Memaknai Nuzulul Qur'an Sebagai Momentum Peningkatan Ibadah di Rumah.
  • Dengan Hikmah Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 1444 H/ 2023 M kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sebagai landasan moral dalam melaksanakan Ibadah sehari-hari.
  • Dengan Peringatan Nuzulul Qur’an kita jadikan Alquran sebagai pedoman hidup untuk menjadi manusia menjadi lebih baik.
  • Bersihkan Hati, Tekadkan Diri Menjadi Umat Yang Berakhlak Qurani untuk Menggapai Ridho Ilahi.
  • Dengan Peringatan Malam Nuzul Quran kita tingkatkan aksi pembangunan diri dan memenangkan kepentingan bersama umat manusia atas egoisme dan pementingan pribadi, keluarga dan kelompok sendiri.
  • Nuzul Quran Momen Meningkatkan Keimanan.
  • Nuzul Quran Sebagai Momentum Mensucikan Jiwa di Bulan suci Ramadhan
  • Jadikan makna Nuzul Quran Sebagai tujuan semangat membaca dan mengucapkan kata-kata baik dalam perkembangan iman kita setiap hari.

Tema dan Makna Nuzulul Quran 17 Ramadhan untuk Malam hari peringatan tahun ini diharapkan mampu memotivasi kita bergotong royong bangkit bersama dengan peduli sesama terutama pasca wabah virus corona (Covid-19) juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi teman pelajarancg yang sedang mencari ide untuk memperingati hari besar keagamaan Islam tersebut.


Akhir kata dari pembahasan teman-teman pemuda remaja di pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati malam Nuzulul Quran untuk sahabat umat Islam di Indonesia juga dunia semoga hari peringatan ini membawa kita pada intisari Peringatan Malam Nuzulul Al Quran 2023, 17 Ramadhan 1444 H sesungguhnya!!

Post a Comment for "MAKNA DAN TEMA NUZULUL QURAN 17 RAMADHAN 1444 H 2023"