PENGERTIAN NUZULUL QURAN

Nuzulul Quran merupakan hari diturunnya Al Quran, Nuzulul Quran ini terdapat pada bulan Ramadhan, tepatnya sekitar pada malam ke-17 Ramadhan. Malam nuzulul Quran juga terdapat dalam Quran surah Al Baqarah (2:185)


Pelajarancg.blogspot.com - Nuzulul Quran merupakan hari diturunnya Al Quran, Nuzulul Quran ini terdapat pada bulan Ramadhan, tepatnya sekitar pada malam ke-17 Ramadhan. Malam nuzulul Quran juga terdapat dalam Quran surah Al Baqarah (2:185), berikut ini:


شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ - ١٨٥


Artinya: Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Pelajari juga UCAPAN SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN

Sejarah turunnya Al-Quran sendiri (nuzulul Quran) terjadi sekitar tahun sekitar 608-609 M. kala itu diperkirakan Rasulullah telah berusia 40 tahun dan sedang beruzlah di gua Hira, namun tiba-tiba Jibril datang kepada Rasulullah dengan membawa wahyu Quran Surah Al Alaq ayat 1-5. Awalnya Malaikat Jibril mengatakan, “Iqra’!” pada Rasulullah hingga 3 kali, namun Rasulullah menjawab “Aku tidak mengenal bacaan,” kemudian Jibril memeluk Rasulullah dan menyebutkan ayat dalam surat Al Alaq ayat 1-5.


Pada tanggal 8 April 2023 ini bertepatan dengan 17 Ramadhan 1444 H (nuzulul Quran), jadi yuk sahabat kita tingkatkan bacaan Quran kita agar senantiasa dekat dengan Al Quran.

-----

Untuk menambah bacaan saat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan yuk, kunjungi
Laman: pelajarancg.blogspot.com
Twitter: twitter.com/pelajarancg
Instagram: instagram.com/pelajarancg
Facebook: facebook.com/pelajarancg

Post a Comment for "PENGERTIAN NUZULUL QURAN"