PENGERTIAN MALAM LAILATUL QADAR

Malam Lailatul Qadar ini terdapat pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan yang dimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau bersabda :


Pelajarancg.blogspot.com - Malam Lailatul Qadar merupakan satu malam yang penuh dengan kemuliaan, keagungan dan tanda-tanda kebesaran Allah Ta’ala, karena malam itu merupakan permulaan diturunkannya al-Quran. Malam Lailatul Qadar ini terdapat pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan yang dimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau bersabda :


تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ


Artinya: “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” [ Hadits Riwayat Bukhari 4/225 dan Muslim 1169 ].


Adapun Ayat Al-qur'an yang membahas mengenai malam yang penuh dengan kemuliaan, keagungan dan tanda-tanda kebesaran Allah Ta’ala adalah, surat Al-Qadr.


إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ


Artinya “(1) Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan. (2) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (3) Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (4) Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. (5) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS. Al-Qadr: 1-5).


Satu malam yang penuh dengan kemuliaan, keagungan dan tanda-tanda kebesaran Allah Ta’ala ini disebut Lailatul qadar karena pada malam tersebut Allah Ta'ala menetapkan segala perkara dengan segala ukuran atau takaranNya termasuk di dalamnya adalah segala perkara yang berkaitan dengan hukum.

Pelajari juga PENGERTIAN QADA, QADAR, DAN TAKDIR

Pada tanggal 12 April 2023 ini bertepatan 10 hari terakhir bulan Ramadhan (malam Lailatul Qadar), jadi yuk sahabat kita tingkatkan bacaan Quran dengan hukum tajwid yang benar sehingga kita agar senantiasa mendapat kemuliaanNya.

-----

Untuk menambah bacaan saat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan yuk, kunjungi
Laman: pelajarancg.blogspot.com
Twitter: twitter.com/pelajarancg
Instagram: instagram.com/pelajarancg
Facebook: facebook.com/pelajarancg

Post a Comment for "PENGERTIAN MALAM LAILATUL QADAR"