12 NAMA BULAN HIJRIAH BESERTA ARTINYA



Bulan hijriah atau dikenal dengan Kalender hijriah adalah sistem penanggalan umat Islam berdasarkan peredaran bulan terhadap Bumi. Disebut Hijiriah karena tahun pertamanya terjadi peristiwa hijrah Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah pada 662 Masehi.


Sama halnya dengan kalender Masehi, Kalender hijriah terdiri dari 12 Bulan. Keduabelas bulan tersebut tentunya memiliki nama-nama yang berbeda dengan bulan Masehi.


Penasaran? apa saja nama-nama bulan hijriah yang dimaksud oleh admin Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com? Jika ya, berikut adalah adalah nama-nama bulan Hijriah dan artinya yang dimaksud.


1. Bulan Muharram

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriah. Ini adalah bulan yang dianggap suci, dan dianggap sebagai bulan yang tidak boleh berperang. Nama ini diberikan kepada bulan karena terdapat banyak peristiwa yang berhubungan dengan keagamaan yang terjadi pada bulan ini.


2. Bulan Safar

Safar adalah bulan kedua dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “kosong”. Ini karena bulan ini dianggap sebagai bulan yang kosong, karena tidak ada peristiwa penting yang terjadi di bulan ini.


3. Bulan Rabi’ul Awal

Rabi’ul Awal adalah bulan ketiga dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “pertumbuhan”. Bulan ini merupakan bulan penting bagi umat Muslim karena di bulan ini Nabi Muhammad SAW dilahirkan.


4. Bulan Rabi’ul Akhir

Rabi’ul Akhir adalah bulan keempat dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “penyempurnaan”. Bulan ini merupakan bulan penting bagi umat Muslim karena di bulan ini Nabi Muhammad SAW dimuliakan.


5. Bulan Jumadil Awal

Jumadil Awal adalah bulan kelima dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “pembentukan”. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang penting karena peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan ini.


6. Bulan Jumadil Akhir

Jumadil Akhir adalah bulan keenam dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “penyelesaian”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting karena di bulan ini banyak peristiwa penting yang terjadi.


7. Bulan Rajab

Rajab adalah bulan ketujuh dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “penghormatan”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting bagi umat Muslim karena di bulan ini Nabi Muhammad SAW dimuliakan.


8. Bulan Sya’ban

Sya’ban adalah bulan kedelapan dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “berpindah”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting karena di bulan ini banyak peristiwa penting yang terjadi.


9. Bulan Ramadan

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “pemuridan”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting karena di bulan ini umat Islam diharuskan berpuasa.


10. Bulan Syawal

Syawal adalah bulan kesepuluh dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “kesyukuran”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting karena di bulan ini terjadi Idul Fitri.


11. Bulan Dzulqa’dah

Dzulqa’dah adalah bulan kesebelas dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “keharaman”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting karena di bulan ini terjadi Idul Adha.


12. Bulan Dzulhijjah

Dzulhijjah adalah bulan kedua belas dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “pembelaan”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting karena di bulan ini terjadi Idul Adha.

Pelajari juga PENGERTIAN HIJRAH DAN ISTIQOMAH

Perbedaan Kalender Hijriah dengan Kalender Masehi

Selain Keduabelas bulan tersebut tentunya memiliki nama-nama yang berbeda dengan bulan Masehi. Terdapat perbedaan dasar perhitungan tanggalnya. Dimana Kalender Hijriah berpatokan pada perhitungan tanggal yang didasarkan pada peredaran bulan terhadap bumi. Sedangkan, kalender Masehi, perhitungan tanggalnya berpedoman pada pergerakan matahari terhadap bumi.i

Post a Comment for "12 NAMA BULAN HIJRIAH BESERTA ARTINYA"