PENGERTIAN ISTIQOMAH

Dalil tentang Istiqomah.
Dalil tentang Istiqomah. (*)


Istiqomah adalah usaha untuk selalu menjaga perbuatan baik di jalan Allah SWT secara konsisten dan tidak berubah. Ini artinya kita mesti konsisten dalam melakukan kebaikan. Hal ini tentunya sobat pelajarancg.blogspot.com telah pelajari di sekolah bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala mencintai hambanya yang senantiasa selalu istiqomah di jalannya yang terus melakukan aktifitas secara rutin walaupun kecil, Allah SWT akan lebih mengapresiasi daripada tidak melakukan kebaikan sama sekali.


Hal ini tentunya sobat pelajarancg.blogspot.com telah pelajari di sekolah bahwa Istiqomah sangat dicintai oleh Allah SWT, sebagaimana Sabda Rasulullah SAW :


"Laksanakan amalan semampu kalian. Sesungguhnya Allah tidak bosan sampai kalian (sendiri) yang bosan. Sesunguhnya amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang kontinu (berkesinambungan) walaupun sedikit". (HR. Abu Daud)


Dalam memulai dan menjalani usaha untuk selalu menjaga perbuatan baik di jalan Allah SWT secara konsisten dan tidak berubah, saat awal melakukannya diperlukan perjuangan dan pengorbanan yang sangat kuat serta doa yang tak pernah berhenti.


Namun bagi mereka yang senantiasa selalu istiqomah dengan melakukan ibadah dijalan Allah SWT, pintu surganya terbuka lebar serta limpahan nikmat maupun rezeki akan menjadi ganjarannya.


Sebagaimana Firman Allah SWT yang artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Rabb kami adalah Allah', lalu mereka istiqomah, maka tidak ada rasa takut atas mereka dan tidaklah mereka merasa sedih. Mereka itulah para penghuni surga, mereka kekal di dalamnya, sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan." (QS Al-Ahqaf: 13-14).


Orang yang selalu istiqomah akan menjadi para penghuni surga kemudian apabila kita tetap beristiqomah dalam beribadah tentu akan membuka pintu hikmah, meskipun sedikit dalam menjalaninya tetapi kalau dikerjakan secara rutin dan istiqomah akan lebih baik dari seribu kemuliaan.

Pelajari juga 5 HIKMAH PERISTIWA ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW

Semoga Allah SWT memberikan kemudahan menuju jalan Istiqomah untuk kita semua ya sobat pelajarancg.blogspot.com.


Wallahu ‘alam bhishowab. (*)


(*) Untuk menambah literasi mengenai materi Istiqomah, sobat pelajarancg kunjungi ya
Laman: pelajarancg.blogspot.com
Twitter: twitter.com/pelajarancg
Instagram: instagram.com/pelajarancg
Facebook: facebook.com/pelajarancg

Post a Comment for "PENGERTIAN ISTIQOMAH"