5 HIKMAH PERISTIWA ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW

5-hikmah-peristiwa-isra-miraj-nabi


Berikut lima hikmah peristiwa Isra Miraj nabi Muhammad SAW. Yuk, ketahui penjelasannya bersama di Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com...


1. Memperlihatkan Kebenaran bagi Para Penentang Ajaran Allah dan Rasul-Nya

Peringatan peristiwa Isra Miraj mendorong kita semua untuk senantiasa beriman dan hal tersebut juga menunjukkan bahwa Allah atas kebesaran-Nya telah memperlihatkan kebenaran bagi para penentang yang ingin memadamkan ajaran Islam.


“Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami (Allah). Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat,” firman Allah dalam surat Al-Isra’ ayat 1.


2. Menunjukkan Kedudukan dan Kemuliaan Baitul Maqdis

Umat Islam mesti mengetahui mulianya kedudukan Baitul Maqdis, karena disanalah terjadi Isranya Rasulallah, kemudian Mi’rajnya ke langit, sehingga kita memperingati peristiwa Isra Miraj. Pasalnya, peringatan peristiwa Isra Miraj berarti memperingati salah satu peristiwa agung yang terjadi dalam perjalanan hidup nabi Muhammad.


“Shalat di Baitul Maqdis sama seperti mengerjakan lima ratus shalat,” hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Darda’.


3. Keistimewaan Ibadah Shalat

Hikmah peristiwa Isra Miraj Nabi juga dapat kita ambil makna tentang kedudukan dan keistimewaan shalat dalam Islam. Shalat merupakan pilar dan rukun yang sangat penting dalam Islam. Siapa yang menyia-nyiakannya, maka rukun yang lainpun akan lebih disia-siakan.


Dalam surat Al-Baqarah ayat 43, dijelaskan bahwa perintah Allah melaksanakan pilar dan rukun Islam, yakni Shalat hingga zakat. “Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk.”


4. Peristiwa Isra Miraj adalah Ujian bagi Seorang Muslim

Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW adalah ujian bagi seorang muslim. Ujian yang selalu dikemukakan oleh musuh-musuh Islam, dimana setiap kali musuh-musuh Islam memunculkan ujian ini akan selalu ada yang termakan oleh propagandanya.

Pelajari juga : 5 HIKMAH MAULID NABI MUHAMMAD SAW

5. Isra Miraj Nabi adalah Proses Penyeleksian

Peristiwa Isra Miraj Nabi yang dialami oleh Rasulullah SAW adalah proses penyelesksian bagi orang-orang yang beriman dan orang-orang munafik. Siapa saja yang beriman, pasti akan percaya, membenarkan, dan semakin mantap karena keimanan dan keyakinannya semakin bertambah. Lalu, bagi siapa saja yang ragu-ragu dan bersembunyi di balik topeng kemunafikannya ia akan menjauh dan murtad dari ajaran Islam.


Ini membuktikan bahwa dalam beragama itu bukanlah dengan menggunakan akal, melainkan dengan wahyu yang telah Allah SWT kepada Rasul-Nya.


Dapatkan informasi materi Agama Islam dari Kurikulum Pelajarancg Terbaru dengan ikuti akun Instagram: https://www.instagram.com/pelajarancg/


Jadikan peringatan Isra Miraj sebagai momentum untuk memperbaiki diri salah satunya dengan kewajiban menjalankan salat lima waktu sebagaimana telah di ajarkan nabi Muhammad SAW dan juga mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Allahummasholli ‘alasayyidina Muhammad

Post a Comment for "5 HIKMAH PERISTIWA ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW"