HIKMAH DAN TEMA PERINGATAN ISRA MI'RAJ 2023

Hikmah dan Tema Peringatan Isra Mi'raj 1444 H Tahun 2023. Peringatan Isra Mi'raj dirayakan setiap tanggal 27 Rajab oleh umat Islam di Indonesia juga dunia untuk mengingat kembali peristiwa bersejarah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW tentang Isra Mi'raj, Isra Mikraj, Isra and Miraj, Al Isra 'wal Miraj, Isra'a Wal Mi'raj, Lailat al Mi'raj, Isro Miroj, al-Isra Al-Mi'raj dalam bahasa Inggris: The Prophet's Ascension.


Pada tulisan kali ini kurikulum pelajaran akan membahas mengenai hikmah dan peringatan Isra Mi'raj 2023. Sedangkan tulisan intisari dari pengertian Peringatan Isra Mi'raj 1444 H Tahun 2023 dan hikmahnya dibahas dalam artikel tersendiri.


Peringatan Isra Mi'raj adalah bertujuan tidak hanya mengingat sejarah peristiwa yang terjadi saat hari ini. Karena sebagai umat muslim sangat penting memaknai setiap peristiwa Mi'raj sebagai kuasa juga perhatian Allah SWT terhadap kita karena saat itu Shalat lima waktu sehari yang menjadi salah satu rukun Islam diantara syahadat, puasa dibulan suci ramadhan, membayar zakat dan haji awal diperintahkan langsung di perintahkan dari langit (sidratul muntaha) sababnya adalah Isra Mi'raj.


Hari Isra Mi'raj merupakan hari libur Islam selain hari raya Iduladha, Idulfitri, dan hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

HIKMAH DAN TEMA PERINGATAN ISRA MI'RAJ 2019


Bulan rajab adalah bulan ke 7 Tahun hijriyah dan 27 Rajab adalah hari terjadinya peristiwa Isra Mi'raj. Di tahun 2023, tanggal 27 Rajab 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 18 Februari 2023.


1. HIKMAH PERINGATAN ISRA MI'RAJ 2023


Hikmah peringatan Isra Mi'raj, tergantung kepada setiap induvidu itu sendiri namun pelajarancg telah merangkum secara umum untuk tahun 2023 sebagai referensi 2023 adalah sebagai berikut.


Hikmah pertama: Keimanan (Keyakinan). Tidak sedikit orang mempertanyakan kebenaran perjalanan malam yang dilakukan apalagi dilakukan dalam waktu semalam dengan tujuan secara akal manusia itu sulit diterima. Hal ini terjadipula ketika Nabi Muhammad SAW menceritakannya kepada orang-orang dan hanya orang berimanlah yang percaya akan perjalanan itu bahkan telah ditulis dalam ayat AlQur'an salah satunya surah Al-Isra.


Hikmah kedua: Isra ’dan Mi‘raj tidak dimaksudkan hanya untuk membuat kita merasa baik. peristiwa ini adalah puncak dari periode panjang perjuangan yang sulit untuk melalui cobaan Allah SWT di bumi. Kita kadang berkata atau bertanya: "mengapa Allah SWT menempatkan Rasul tercinta melalui banyak cobaan dan kesengsaraan?" Tentunya, Allah SWT tidak bermaksud membuat Nabi SAW menderita namun Allah SWT ingin menunjukkan kepada kita bahwa dalam proses mendirikan Islam, akan ada tantangan, beberapa sangat sulit, didampingi oleh banyak pengorbanan. Ini dimaksudkan untuk membedakan mana umat bertaqwa dengan mereka yang hanya berkata atau berucap dalam keyakinannya.


Hikmah ketiga : Shalat 5 Waktu sehari. Apabila memperingati hari bersejarah ini hanya sekedar perayaan saja tanpa meningkatkan ibadah terutama Shalat maka sulit mengatakan bahwa hari ini berhasil mengubah diri kita sebagai insan bertaqwa. Intinya dengan kegiatan acara untuk hari ulang tahun ini maka perenungan dibutuhkan bukan hanya semata menghadiri tabligh akbar kemudian posting ke media sosial namun melupakan hakikat pentingnya shalat lima waktu sehari.


Tentu saja masih banyak hikmah-hikmah utama lainnya yang terlewat oleh pelajarancg namun secara umum semoga ini bisa mewakilinya.



2. TEMA PERINGATAN ISRA MI'RAJ 2023

Banyak sekali yang kurikulum pelajarancg temukan tema yang bagus baik itu untuk di sekolah maupun kantor, salah satu tema yang bisa diangkat dalam peringatan Isra Mi'raj tahun 2023 adalah "Wujudkan Jiwa yang Taat Dalam Iman dan Taqwa Kepada Allah SWT".


Dan sebagai alternatif untuk baliho, mading, hingga kegiatan acara, inilah tema peringatan isra miraj 2023 yang bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik.
  • Meneladani Kepemimpinan Rasulullah SAW.
  • Membangkitkan Spirit Keimanan Sebagai Pesan Inti Perjuangan Rasulullah.
  • peristiwa Isra Mi'raj sebagai iktibar/pelajarancg untuk memotivasi diri sendiri.
  • Dengan Hikmah Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW Kita Mantapkan Keimanan dan Ketaqwaan kita untuk menjadi Insan lebih baik.
  • Kita tingkatkan iman dan taqwa, kita raih pengetahuan dan tekhnologi menuju insan kamil.
  • Dengan Memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW Kita Tingkatkan Toleransi dan Kerukunan Ummat Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
  • Isra Mi'raj Momen Meningkatkan Keimanan.
  • Isra Mi'raj Sebagai Momentum Mensucikan Jiwa
  • Jadikan hikmah Isra Mi'raj Sebagai semangat perkuat NKRI



Hikmah dan tema Peringatan Isra Mi'raj 2023 27 Rajab 1444 H ini diharapkan mampu memotivasi juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi teman plejarancg yang sedang mencari ide untuk merayakan hari besar Islam tersebut.


Pelajari: CONTOH PIDATO KATA SAMBUTAN PERINGATAN ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW

Akhir kata dari pembahasan pelajarancg mengucapkan selamat memperingati Isra Miraj untuk sahabar Muslim di Indonesia juga dunia semoga hari perayaan ini membawa kita pada intisari peringatan sesungguhnya. Aaamiiin!!

Post a Comment for "HIKMAH DAN TEMA PERINGATAN ISRA MI'RAJ 2023"