ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW: PENGERTIAN, SEJARAH DAN HIKMAH

Selamat Memperingati hari Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. pelajarancg.blogspot.com – Seringkali di kalangan pelajar kita, dalam mendefinisikan isra dan mi’raj, mereka menggabungkan Isra Mi’raj menjadi satu peristiwa yang sama. Padahal sebenarnya Isra dan Mi’raj merupakan dua peristiwa yang berbeda. Dan untuk meluruskan hal tersebut, hari ini pada Pelajaran Agama Islam (PAI) penulis bermaksud mengupas tuntas pengertian isra dan mi’raj, sejarah isra mi’raj nabi muhammad SAW dan hikmah dari perjalanan isra’ mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW.
https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar bergerak tema pengertian, sejarah, hikmah dan ucapan isra mi'raj nabi muhammad saw 27 Rajab 1442 H/2021

Pelajari: 21 KATA/KUTIPAN, PESAN, DAN UCAPAN HARI ISRA MI'RAJ 2021


PENGERTIAN ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

Isra Mi’raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Muhammad dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendapat perintah untuk menunaikan sholat lima waktu sehari semalam.


Hari Isra Mi’raj terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah sebelum Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam hijrah ke Madinah. Menurut al-Maududi dan mayoritas ulama, Isra Mi’raj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M. Menurut al-Allamah al-Manshurfuri, Isra Mi’raj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer. Namun demikian, Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfuri menolak pendapat tersebut dengan alasan karena Khadijah radhiyallahu anha meninggal pada bulan Ramadan tahun ke-10 kenabian, yaitu 2 bulan setelah bulan Rajab. Dan saat itu belum ada kewajiban salat lima waktu. Al-Mubarakfuri menyebutkan 6 pendapat tentang waktu kejadian Isra Mi’raj. Tetapi tidak ada satupun yang pasti. Dengan demikian, tidak diketahui secara persis kapan tanggal terjadinya Isra Mi’raj.


Peristiwa Isra Mi’raj terbagi dalam 2 peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi’raj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan sholat lima waktu.


Bagi umat Islam, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah sholat lima waktu diwajibkan, dan tidak ada Nabi lain yang mendapat perjalanan sampai ke Sidratul Muntaha seperti ini. Walaupun begitu, peristiwa ini juga dikatakan memuat berbagai macam hal yang membuat Rasullullah SAW sedih.


SEJARAH ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

Cerita, peristiwa, atau kisah ini adalah Isra‟ Mi‟raj. Sahabat pelajarancg, Isra Mi'raj merupakan salah satu mukjizat yang diberikan Allah SWT kapada Rasul-Nya, Muhammad SAW. Dikatakan mukjizat karena peristiwa ini serasa tidak masuk akal. Bagaimana tidak, dalam satu malam Rasulullah menempuh perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Dan perjalanan dilanjutkan lagi menuju Sidratul Muntaha/langit ke tujuh. Peristiwa yang terlaksana karena iradat dan kekuasaan-Nya. Dalam peristiwa bersejarah ini Rasulullah tidak hanya menyaksikan surga dan neraka. Namun, beliau juga menerima perintah untuk melaksanakan sholat 5 waktu sehari semalam.


Isra' Mi'raj terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Menurut Al-Maududi terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah yaitu antara 27 Rajan tahun ke-10 kenabian, namun tidak diketahui secara persis kapan tanggal terjadinya. 2 peristiwa yang berbeda Isra' Mi'raj. Dalam Isra‟, Nabi Muhammad “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram ke Masjidik Aqsa dan Mi'raj, Nabi Muhammad dinaikkan ke langit sampah ke Sidratul Muntaha/tempat tertinggi/langit ke tujuh.


Pengalaman ruhani yang dialami Rasulullah SAW saat Isra' Mikraj mencerminkan hakikat spiritual dari sholat yang dijalankann umat Islam sahari-hari. Sholat adalah mi'rajnya orang-orang yang beriman. sebagaima dikatakan dalam Al-qur'an surat Al-Baqarah ayat 45, yang artinya: “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu". Dan firman Allah dalam Al-qur'an surat Al-Baqarah ayat 153, yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”.


HIKMAH ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

Adanya penderitaan dalam perjuangan yang disikapi dengan kesabaran yang dalam. Kesabaran yang berbuah balasan dari Allah dan sebagai senjata bagi Rasulullah SAW dan kaum muslimin untuk bangkit merebut kemenangan. Pelajarancg ini terangkum dalam surat Al-Baqarah di atas. Maka hikmah yang dapat kita ambil dari peristiwa suci yang dialami Rasulullah SAW ini adalah:
  1. Perintah shalat 5 waktu menandakan kalau sholat merupakan ibadah besar bagi umat islam, seorang muslim (Pelajari: PENGERTIAN SHOLAT SERTA KEUTAMAAN SHALAT)
  2. Jumlah shalat yang semula berjumlah 50 kali sehari semalam menjadi 5 kali merupakan dispensasi dari Allah SWT sebagai wujud permohonan Nabi Muhammad SAW dan
  3. Dalam sholat terjadi dialog antara manusia dengan Allah yang digambarkan dari dialog antara Nabi Muhammad SAW dengan Allah SWT.



Pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari perjalanan suci ini bahwasannya sholat bagi seorang muslim salah satunya adalah sebagai penolong umat Islam, seorang muslim untuk meraih ketakwaan atau untuk mendapatkan surganya. Maka dari itu, kita sebagai umat muslim yang sudah tahu bahwasannya shalat adalah perintah dari Allah dan sudah seharusnya jika kita muslim yang beriman kita bisa menjalaninya. Walaupun banyak halangan yang pada akhirnya akan membuat kita menjadi seorang yang kokoh iman dan tentunya sabar yang menjadikannya.


Palajari:


RANGKUMAN

  1. Isra Mi’raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam waktu satu malam saja.
  2. Isra Mi’raj adalah terdiri dari 2 kata yakni Isra dan Mikraj. Dimana Isra' artinya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa, sedangkan Mi’raj artinya Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi.
  3. Sejarah Isra' Mi'raj terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.
  4. Peristiwa Isra Mi’raj terbagi dalam 2 peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi’raj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan sholat lima waktu.
  5. Perintah shalat 5 waktu menandakan kalau sholat merupakan ibadah besar bagi umat islam, seorang muslim karena inilah hikmah utama Mirkajnya seorang Muslim



Akhir kata penulis pelajarancg.blogspot.com mengucapkan Selamat Memperingati hari Isra wal Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2022/1443 semoga kita mendapatkan inspirasi untuk terus menjaga ibadah-ibadah kita terutama selalu melaksanakan Sholat yang telah diwajibkan sebagai umat Rasulullah.

Post a Comment for "ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW: PENGERTIAN, SEJARAH DAN HIKMAH"