TUJUAN PERINGATAN ISRA MIRAJ DAN SEJARAHNYA, YUK PELAJARI!

Selamat Hari Besar Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1444 H!
(Foto: Ilustrasi)


Sahabat, Hari Memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1444 H tahun ini jatuh pada Sabtu, 18 Februari 2023 dan ditandai sebagai tanggal merah di kalender. Sebab tanggal ini merupakan tanggal istimewa bagi umat Islam. Pastinya tujuan peringatan Isra Miraj juga tidak sembarangan ya, Sahabat!


Isra Miraj sendiri ditandai sebagai 2 peristiwa penting yang terjadi pada Nabi Muhammad SAW, Nabi terakhir bagi umat agama Islam.


Dua peristiwa itu ditandai dengan perjalanan di malam hari, dan kenaikan Nabi Muhammad SAW. Dua peristiwa ini yang kemudian juga dikenal sebagai Hari Besar Isra Miraj.


Setiap tahunnya peringatan Isra Miraj jatuh di tanggal-tanggal yang berbeda. Sebab perayaan Isra Miraj diikuti dengan penandaan kalender Islam Hijriah atau H (Hijriyah).


Banyak rangkaian acara yang dilakukan umat Islam menjelang hari Isra Miraj. Seperti lomba pembacaan tilawah Al-Qur'an, Tabligh Akbar, Ceramah, Pengajian, dan Sholawat. Rangkaian acara ini tentunya memiliki makna dan tujuannya tersendiri.


Yuk, Sahabat ketahui tujuan perayaan Isra Miraj yang kerap dilakukan umat Islam setiap tahunnya!


Pelajari Juga: Tema Isra Miraj 2023, Peringatan Dua Peristiwa Penting bagi Umat Islam!


SEJARAH HARI ISRA MIRAJ

Muhammad-SAW, tujuan peringatan isra miraj
(Foto: freepik)



Isra Miraj sendiri merupakan sebuah acara besar bagi umat Islam untuk merayakan perjalanan rohani Nabi Muhammad SAW dalam satu peristiwa pada 27 Rajab tahun Islam, Hijriah. Dalam bahasa Arab, Isra berarti perjalanan di malam hari, sementara Miraj adalah kenaikan.


Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem. Kemudian Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Isra Miraj kerap dimaknai sebagai perjalanan rohani Nabi Muhammad SAW dalam satu peristiwa. Akan tetapi, Isra dan Miraj sebenarnya terdiri dari dua bagian perjalanan Nabi Muhammad SAW, yaitu Isra Miraj.


1. Peristiwa Isra

Peristiwa Isra merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Kabah di Mekkah ke Masjid Al Aqsa yang berada di Yerusalem. Saat itu, perjalanan dari Kabah ke Masjid Al Aqsa dapat ditempuh dengan kuda atau unta selama satu bulan. Namun, Nabi Muhammad SAW dapat menempuh perjalanan tersebut hanya dalam satu bulan. Di perjalanan tersebut, Nabi Muhammad SAW mengendarai hewan bernama Buraq. Buraq digambarkan memiliki tubuh seperti kuda putih dengan sayap dan ekor burung merak. Sesampainya di Masjid Al Aqsa, Nabi Muhammad SAW dikisahkan memimpin para nabi terdahulu untuk melaksanakan ibadah salat dua rakaat.


2. Peristiwa Miraj

Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad dari Masjid Al Aqsa menujut ke langit ketujuh atau Sidratul Muthana. Di tiap tingkatan langit tersebut, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan nabi-nabi terdahulu. Nabi-nabi tersebut di antaranya: Nabi Adam di langit pertama. Nabi Isa dan Yahya di langit kedua. Nabi Yusuf di langit ketiga. Nabi Idris di langit keempat. Nabi Harun di langit kelima. Nabi Musa di langit keenam. Nabi Ibrahim di langit ketujuh. Sejak kedua peristiwa tersebut, umat Islam diwajibkan menjalankan salat lima waktu dalam sehari. Pada mulanya, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah salat sebanyak 50 kali dalam sehari. Kendati demikian, Nabi Muhammad SAW pernah diingatkan oleh Nabi Musa as bahwa jumlah tersebut terlalu besar. Nabi Muhammad SAW kemudian meminta keringanan kepada Allah SWT. Hingga kini, Isra Miraj diperingati sebagai hari besar oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Mereka melakukan beragam cara untuk memperingati hari besar ini. Misalnya dengan beribadah, melaksanakan syukuran, hingga mengadakan pengajian.


Sejarah singkat Islam terkait perjalanan rohani Nabi Muhammad SAW dalam 1 peristiwa akhirnya menjadi sangat penting bagi umat Islam, seperti perjalanan di malam hari, dan kenaikan Nabi SAW.


Sebab, nabi Muhammad SAW sudah menyebarkan agama Islam ke seluruh dunia, namun secara tanggal dan cara peringatannya akan berbeda di tiap negara.


Sebagai informasi, pada tahun 2023, Isra dan Miraj jatuh pada 17 Februari berakhir pada 18 Februari di Oman. Sementara 18 Februari bagi umat Islam di Arab, Malaysia, dan Indonesia.


Hal ini karena mengikuti bulan Rajab di bulan Februari.


Pelajari Juga: 4 HIKMAH DI BALIK PERJALANAN NABI MUHAMMAD


TUJUAN PERINGATAN ISRA MIRAJ

hari besar isra miraj
(Foto: gif Ilustrasi)



Tujuan peringatan Isra Miraj yaitu untuk merayakan 2 hal penting yang terjadi pada Nabi Muhammad SAW, Nabi terakhir bagi umat agama Islam.


Seperti yang sudah disebutkan di atas, 2 peristiwa perayaan tersebut adalah perjalanan di malam hari, dan kenaikan Nabi Muhammad SAW. Dua peristiwa ini yang kemudian juga dikenal sebagai Hari Besar Isra Miraj.


Dilansir pelajarancg.blogspot.com dari buku siswa berjudul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, perayaan Isra Mi'raj juga bertujuan untuk mengingatkan kembali atas kewajiban umat Islam yakni menjalankan salat lima waktu dalam sehari.


Tidak hanya mengingatkan, pastinya selama perayaan Isra Miraj, umat Islam akan menghormati sunnah yang diajarkan Muhammad yang sudah menyebarkan kepercayaan ini.


Biasanya selama hari Isra Miraj Nabi Muhammad, umat Islam akan melangsungkan salat sunnah di Masjid, meskipun salat dapat dijalankan dirumah seperti hari biasanya.


Di tahun ini, umat Islam diperbolehkan untuk merayakan Isra Miraj di Masjid Istiqlal, Jakarta, setelah 2 tahun ditiadakan akibat pandemi.


Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi umat Islam dan akan menjadi perayaan yang lebih memiliki hakekat sesungguhnya dibanding tahun sebelumnya.


Pelajari Juga: PERBEDAAN NABI DAN RASUL DALAM ISLAM, PELAJARI PENJELASANNYA


Rangkaian acara yang biasa dijalankan ketika hari Isra Miraj adalah lomba pembacaan tilawah Al-Qur'an, Tabligh Akbar, Ceramah, Pengajian, Sholawat, dan syukuran.


Tema Isra Miraj 2023

tujuan Isra Miraj
Foto: Twibbon-Ilustrasi



Nah, setelah Sahabat mengetahui sejarah hari besar umat Islam dan tujuan peringatan Isra Mi'raj, tentunya penting bagi siswa sekolah untuk mengetahui tema Isra dan Miraj di tahun 2023.


Melalui kreativitas unik para siswa khususnya panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) bisa membuat proposal bahkan mading di sekolah dengan judul menarik misalnya, tema Isra Miraj 2023 adalah Jalan Hijrah Menuju Pribadi yang Lebih Baik untuk Menggapai Ridho Allah SWT.


Sedangkan melalui ide lain bisa mengangkat tema Peringatan Isra Miraj 1444/2023, dengan Isra Miraj 1444 Hijriyah kita tingkatkan Kualitas Akhlak dan Ibadah Kaum Milenial di Era Digital.


Itulah informasi seputar Isra Miraj 2023 serta tujuan peringatan hari besar umat Islam yang perlu Sahabat ketahui terlebih jika Sahabat menganut agama Islam. (*)


**) Selamat memperingati Hari besar Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 2023 H bagi Sahabat yang memperingatinya! Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhuh, semoga syafaat Nabi Muhammad SAW selalu menyertai kita semua.

Post a Comment for "TUJUAN PERINGATAN ISRA MIRAJ DAN SEJARAHNYA, YUK PELAJARI!"