SYARAT, RUKUN, DAN SUNNAH SHOLAT IDUL FITRI (SHOLAT IED)

Dalam pelajaran Agama Islam di Sekolah tentu kamu telah belajar bahwa Sholat adalah kewajiban hamba Allah Swt yang beriman. Dalam pengertian, bahwa Sholat merupakan serangkaian gerakan dan do’a dengan menghadapkan wajahnya kepada Yang Maha Pencipta. Sholat, atau Shalat bahkan ada yang mengatakan salat, kewajiban ini merupakan serangkaian ibadah yang pertama kali diperhitungkan dan pertama kali dihisab di hari akhir. Di dalam ibadah shalat terbagi menjadi dua macam bentuk, yaitu: Sholat wajib dan Sholat sunnah. Salah satu contoh dari sholat sunnat adalah sholat Idul Fitri (Sholat Ied). Sebagaimana Kurikulum Islam tentang Sholat Ied, bahwa terdapat dua macam bentuk Sholat Ied, sholat idul fitri dan sholat idul adha.


Sholat idul fitri dan sholat idul adha (Idain, Ied ada pula yang mengatakan Id) merupakan "ibadah tahunan bagi umat Islam di seluruh dunia, karena keduanya merupakan hari raya yang di rayakan setahun sekali. Hari raya ini adalah dikatakan sebagai hari “kemenangan” dan hari “besar” setelah perjuangan yang melelahkan menghadapi cobaan selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan (Idul Fitri) dan saat berkumpul serta bersatunya umat Islam di seluruh dunia dalam menjalankan ibadah haji dan berkurban dijalan Allah (Idul Adha).


Idul Fitri dan Idul Adha adalah hari raya yang telah jelas pelaksanaannya disesuaikan dengan syari’at Islam dan sebagai syi’ar agama yang senyata-nyatanya. Dalam sejarah disebutkan bahwa Islam telah menghadirkan pembaruan terhadap tradisi menyimpang dari perilaku masyarakat jahiliyah yang kemudian diganti dengan peringatan dua hari raya besar yang mengandung banyak hikmah di dalamnya. Dalam pengertian, bahwa Sholat Ied merupakan bagian dari ibadah dan ritualitas keagamaan umat Islam yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan hari raya Idul Fitri di bulan Syawal dan Idul Adha di bulan Dzulhijjah. Inilah alasannya mengapa pelajarancg.blogspot.com mengatakan bahwa ibadah ini merupakan ibadah tahunan, dimana umat Islam di seluruh dunia berbondong-bondong untuk menjalankannya.


Untuk menjalankan Sholat idul fitri dan sholat idul adha (Idain, Ied ada pula yang mengatakan Id), maka kita harus mengetahui syarat, rukun, dan sunnahnya agar dalam menjalankan ibadah tahunan tersebut benar-benar sah sesuai sunnah dan ajaran Agama Islam.


Oleh karena itu, sebagai pengingat kembali pelajarancg Agama Islam khususnya dalam menyambut hari raya Idul Fitri di bulan Syawal 1441 Hijriah tahun 2020 ini, bagaimana jika kita mengingat kembali pelajaran tersebut terutama dalam kurikulum materi Sholat Ied untuk Sholat Idul Fitri.


Berikut adalah tulisan sholat Idul Fitri (Ied) untuk Syarat, Rukun, dan Sunnah dalam pelajaran Agama Islam di pelajarancg.blogspot.com




SYARAT

Apa Saja Syarat Sholat Ied?

Pada pelajaran Agama Islam tentu pertanyaan ini pernah ditanyakan oleh guru kamu disekolah, jadi untuk menjawabnya, berikut adalah Syarat-Syarat sholat Ied yang perlu kamu ketahui.
  1. Sholat Idul Fitri (Sholat Ied) dilakukan setelah terbit matahari.
  2. Didirikan di tempat terbuka atau tanah lapang bila tidak hujan. Namun menurut Mazhab Syafi’I solat Idul Fitri lebih baik dilaksanakan di masjid jika masjid nya besar dan mampu menampung jumlah jamaah yang hadir.
  3. Sebaiknya sholat berjamaah secara berjamaah. Jika berhalanagan untuk sholat berjamaah, boleh dilaksanakan sendirian. Abu Hasan Ali Al- Bagdadi dalam kitab Al- Iqna “fiqh Asy-syafi’I mengatakan “dan hendaklah melaksanakan sholat dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) dalam keadaan hadir maupun berpergian, baik dengan berjamaah maupun sendiri-sendiri”. Namun sangat dianjurkan dan diharuskan bagi yang benar-benar tidak berhalangan untuk melakukan sholat berjamaah di masjid atau di lapang terbuka.
  4. Setelah selesai melakukan sholat Ied akhiri lah dengan khutbah


https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar kartu ucapan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H


RUKUN

Apa Saja Rukun Sholat Ied?

Pada pelajaran Agama Islam tentu pertanyaan ini pernah ditanyakan oleh guru kamu disekolah, jadi untuk menjawabnya, berikut adalah Rukun-rukun sholat Ied yang perlu kamu ketahui.
  1. Sholat Idul Fitri (Sholat Ied) dilakukan atau diawali dengan niat sholat terlebih dahulu
  2. Berdiri bagi Anda yang kuat
  3. Takbiratul ihram
  4. Membaca surat Al Fatihah
  5. Melaksanakan ruku dengan tumaninah
  6. I’tidal dengan tumaninah
  7. Sujud dengan tumaninah
  8. Duduk diantara dua sujud
  9. Duduk pada tahiyat akhir
  10. Baca tahiyat
  11. Solawat
  12. Salam
  13. Tartib


SUNNAH

Apa Saja Sunnah Sholat Ied?

Pada pelajaran Agama Islam tentu pertanyaan ini pernah ditanyakan oleh guru kamu disekolah, jadi untuk menjawabnya, berikut adalah Sunnah-sunnah sholat Ied yang perlu kamu ketahui.
  1. Saat hendak melaksanakan ibadah Sholat Idul Fitri (Sholat Ied) diharuskan mandi terlebih dahulu sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah saw dan para sahabatnya.
  2. Menggunakan pakain terbaik, berhias, menggunakan wewangian khusus kaum lelaki dan tidak dianjurkan memakai wewangian yang menyengat untuk kaum wanita
  3. Mengajak seluruh anggota keluarga untuk mengikuti atau menghadiri sholat Ied.
  4. Melafadzkan takbir
  5. Berjalan kaki saat menuju tempat sholat baik itu berangkat maupun pergi. Dianjurkan untuk melalui jalan yang berbeda pada saat berangkat maupun pulang. Apabila tempat sholat jauh Anda diperkenankan membawa kendaraan pribadi.



SHOLAT IDUL FITRI DAN IDUL ADHA (SHOLAT IED)

Apa Tata cara Sholat Ied (Idul Fitri dan Idul Adha)?

Untuk cara sholat Ied (Idul Fitri dan Idul Adha) silahkan lakukan cara-cara berikut:
  1. Dahulukanlah niat yang berbunyi ushalli rak’ataini sunnata li ‘idil adha (untuk Sholat Ied Adha) dan ushalli rak’ataini sunnata li ‘idil fitri (untuk Sholat Ied Fitri).
  2. Takbiratul ihram pertama sebanyak tujuh kali
  3. Membaca surat Al Fatihah dan surat pendek, dilanjut dengan gerakan ruku, sujud, duduk diantara dua sujud dan kembali berdiri.
  4. Setelah kembali dalam posisi berdiri, lakukanlah takbir sebanyak lima kali, membaca surat Al Fatihah dan surat pendek, dilanjut dengan gerakan ruku, sujud, dan seterusnya sampai mengucap salam.
  5. Setelah selesai sholat, Anda sebaiknya mendengarkan khutbah terlebih dahulu sampai selesai.

Catatan penting untuk tata cara pelaksanaan shalat Idul Fitri saat pandemi COVID-19 dari pelajarancg.blogspot.com dikarenaka sampai saat ini wabah COVID-19 masih menjadi pandemi nasional yang belum sepenuhnya diangkat oleh Allah SWT maka adabaiknya Ikuti Panduan Kaifiat Takbit dan Shalat Idul Fitri Saat Pandemi COVID-19 sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).



Sholat sunah (Ied) idain artinya shalat sunah yang dikerjakan pada waktu dua hari raya yaitu hari raya Idul Fitr dan Idul Adha. Shalat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawwal setelah umat Islam selesai melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Adapun shalat Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Zhulhijjah.


Rukun dan syarat sholat Idain (Idul Fitri dan Idul Adha) hampir sama. Kedua sholat tersebut waktunya mulai sejak terbitnya matahari. Shalat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal tahun Hijriah setelah puasa Ramadan, sedangkan shalat Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Zulhijah tahun Hijriah. Kedua shalat Idain ini dilaksanakan sebelum dua khotbah dilaksanakan sebagaimana hadis Nabi saw. berikut.


Dari Ibnu Umar, “Rasulullah saw., Abu Bakar dan Umar mengerjakan shalat idain (Idul Fitri dan Idul Adha) sebelum khotbah. (H.R. Nasa’i:1546).


Pelaksanaan sholat Idain adalah rakaat pertama setelah takbiratulihram, membaca doa iftitah dan dilanjutkan dengan takbir 7 kali. Pada rakaat kedua setelah takbir untuk berdiri, dilanjutkan takbir 5 kali. Setelah shalat dua rakaat ini dilanjutkan dengan dua khotbah, khotbah pertama membaca takbir 9 kali dan khotbah kedua membaca takbir 7 kali. Shalat Idain boleh dilaksanakan di masjid atau di lapangan.


KESIMPULAN SYARAT, RUKUN, SUNNAH DAN CARA SHOLAT IDUL FITRI (SHOLAT IED)

Menurut Wahbah Al Zuhaily dalam bukunya yang diterjemahkan oleh Masdar Helmy mengatakan bahwa, “ Makna “ied” itu secara bahasa berarti Aud , yakni kembali”. Maksudnya yaitu kembali mendapatkan kebahagiaan dan kesenangan pada setiap tahun. Sedangkan menurut Zaenal Arifin Jamaris dalam bukunya mengatakan bahwa: "Kata ied berasal dari kata عاد -يعود - عودة yang berarti mengulang kembali suatu pekerjaan atau perbuatan. Jamaknya عيدadalah عياد yang artinya tiap-tiap hari untuk berkumpul dalam memperingati suatu peristiwa atau kejadian yang penting. Atau juga dinamakan عيدkarena kembali berulang-ulang setiap tahun dengan kegembiraan baru". Dengan demikian sholat ‘ied adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada tanggal 1 Syawal dan setelah puasa ramadhan untuk sholat ‘Ied Fitri serta tanggal 10 Dzulhijjah untuk sholat ‘Ied Adha. Demikian dari pelajarancg.blogspot.com semoga tulisan sholat Idul Fitri (Ied) ini bermanfaat khususnya dalam pelajaran Agama Islam di Sekolah sabagai panduan baik SD, SMP ataupun SMA!!!!

Post a Comment for "SYARAT, RUKUN, DAN SUNNAH SHOLAT IDUL FITRI (SHOLAT IED)"