INFORMASI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA UNTUK PELAJAR

Hari lingkungan sedunia juga dikenal sebagai Hari Lingkungan, Hari Ramah Lingkungan atau dalam bahasa Inggris singkat World Environment day - WED. Ini telah menjadi salah satu acara tahunan internasional selama bertahun-tahun yang dirayakan di seluruh dunia oleh orang-orang yang bertujuan untuk melindungi Alam yang indah dan memelihara kehidupan pada setiap 5 Juni.


Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati pada tanggal 5 Juni sebagaimana sejarah dinyatakan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1972. Hari Lingkungan Hidup Sedunia didirikan untuk menandai pembukaan Konferensi Stockholm tentang Lingkungan Manusia.


PBB merancang Hari Lingkungan Hidup Sedunia sebagai alat utama untuk menciptakan kesadaran dunia tentang isu-isu lingkungan yang panas.


Tujuan utama Perserikatan Bangsa-Bangsa di balik deklarasi Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah untuk memotivasi manusia pada isu-isu lingkungan, memberdayakan untuk menjadi agen pembangunan yang berkelanjutan dan adil, mempromosikan untuk mengubah sikap terhadap lingkungan dan menganjurkan kemitraan antara setiap manusia dan setiap masyarakat untuk memastikan masa depan yang aman.


Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati di seluruh dunia untuk mempromosikan kewaspadaan mengenai isu-isu panas yang mencemari lingkungan, perubahan iklim yang drastis, efek rumah kaca, pemanasan global, seluruh efek hitam dll, di antara manusia di planet Bumi.


Setiap tahun, PBB memutuskan kota tuan rumah untuk menyelenggarakan berbagai acara untuk tujuan perayaan. Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tahun didasarkan pada tema khusus yang dinyatakan oleh PBB.

https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar ucapan dan informasi hari lingkungan hidup dunia untuk tema dan pelajar

SEJARAH HARI LINGKUNGAN SEDUNIA

WED mencakup negara-negara yang lebih kecil dan kurang berkembang sambil menangani topik yang lebih besar: dari konsumsi berkelanjutan hingga perdagangan ilegal satwa liar. Hari aksi tahunan yang dimulai lebih dari 40 tahun sebelumnya menjadi viral di media sosial.


2020

Tema untuk 2020 adalah “Time For Nature” yang mengajak seluruh penduduk dunia untuk menyadari bahwa makanan yang dimakan, air yang diminum, dan ruang hidup di planet yang ditinggali adalah sebaik-baiknya manfaat dari alam (nature) sehingga harus kita jaga kelestariannya.


Sebagaiman pesan bijak Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa - United Nations Environment Programme (UNEP) dalam situs resmi https://www.worldenvironmentday.global mengatakan bahwa:


Makanan yang kita makan, udara yang kita hirup, air yang kita minum, dan iklim yang membuat planet kita layak huni semuanya berasal dari alam.


Namun, ini adalah waktu yang luar biasa di mana alam mengirimkan pesan kepada kami:
Untuk merawat diri kita sendiri, kita harus memelihara alam.
Sudah waktunya untuk bangun. Untuk memperhatikan. Untuk mengangkat suara kita.
Sudah waktunya untuk membangun kembali dengan lebih baik untuk People dan Planet.
Hari Lingkungan Dunia Ini, Saatnya untuk Alam.


2019

Tema untuk 2019 adalah "Bersama Kita Lawan Polusi Udara". Negara tuan rumah adalah Cina. Tema ini dipilih karena telah membunuh sekitar 7 juta orang setiap tahun.


Di Pulau Reunion, Miss Earth 2018 Nguyễn Phương Khánh dari Vietnam menyampaikan pidatonya pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tema "Bagaimana cara memerangi pemanasan global".

2018

India menjadi tuan rumah perayaan WED ke-45 dengan tema "Beat Plastic Pollution". Lebih dari 6.000 orang berkumpul di Pantai Versova di Mumbai untuk bergabung dengan Juara Lingkungan Bumi PBB, Afroz Shah, dalam pembersihan pantai, tempat mereka mengumpulkan lebih dari 90.000 kg plastik. Pemerintah India membuat komitmen berani untuk melarang semua plastik sekali pakai - yang merupakan 70 persen dari sampah laut - pada tahun 2022 dan anggota parlemen Uni Eropa menyetujui larangan pada tahun 2025.

2017

"Aku dengan alam" adalah tema Hari Lingkungan Dunia 2017, yang menginspirasi lebih dari 1.800 acara, dari penanaman pohon di Mumbai hingga pembakaran gading di Angola hingga perlombaan lari melalui Taman Nasional Iguaçu Brasil. Di negara tuan rumah Kanada, Perdana Menteri Justin Trudeau bergabung dengan Erik Solheim dari Lingkungan PBB untuk terhubung dengan alam dengan mengayuh kayak di sepanjang Sungai Niagara.

2016

Hari ini adalah batu loncatan untuk #WildforLife, kampanye digital terbesar PBB dari Lingkungan dan dorongan besar untuk melawan kejahatan terhadap satwa liar internasional. Negara tuan rumah Angola berjanji untuk menghentikan perdagangan gading gajah. China, tujuan utama untuk produk-produk satwa liar ilegal, kemudian berjanji untuk menutup pasar gading domestiknya.

2015

Hari Lingkungan Dunia menjadi viral: diselenggarakan oleh Milan, Italia dengan tema “Tujuh Miliar Orang. Satu Planet. Consume with Care “, itu adalah subjek paling populer di Twitter di lebih dari 20 negara. Lebih dari 500 video tentang Hari Lingkungan Hidup Sedunia diposkan di YouTube.


Majelis Umum PBB menetapkan 5 Juni sebagai Hari lingkungan dunia, menandai hari pertama Konferensi Stockholm tentang Lingkungan Manusia. Resolusi lain, yang diadopsi oleh Majelis Umum pada hari yang sama, mengarah pada penciptaan Lingkungan PBB.


pesan untuk menjaga lingkungan dari pelajarancg.blogspot.com Yang Dapat Anda Lakukan:

Lingkungan sedunia tahun ini memberikan kesempatan bagi kita masing-masing untuk memerangi polusi udara di seluruh dunia. Dan Anda tidak perlu menunggu hingga 5 Juni untuk bertindak.


Ada begitu banyak hal yang dapat kita lakukan: Dari bersepeda atau berjalan kaki ke kantor dan kembali, untuk mendaur ulang sampah non-organik, hingga menekan otoritas lokal untuk meningkatkan ruang hijau di kota-kota kita.


Berikut ini beberapa ide lain:
  1. Matikan lampu dan elektronik yang tidak digunakan.
  2. Periksa peringkat efisiensi untuk sistem pemanas rumah dan kompor untuk memilih model yang menghemat uang dan melindungi kesehatan.
  3. Jangan pernah membakar sampah, karena ini berkontribusi langsung terhadap polusi udara.

Apa lagi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini? Bagikan ide Anda di media sosial menggunakan tagar #worldenvironmentday. Untuk pelajar Indonesia dapat juga menyampaikan ucapan selamat hari lingkungan Hidup Sedunia 05 Juni 2020 dalam kolom komentar pelajarancg.blogspot.com

Post a Comment for "INFORMASI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA UNTUK PELAJAR"