SELAMAT IDUL ADHA, PELAJARI APA ITU HARI RAYA IDUL ADHA?

APA ITU HARI RAYA IDUL ADHA?

Ucapan selamat menyambut hari raya Idul Adha dari pelajarancg.blogspot.com - Berbagai Tokoh dan Cendikiawan Islam yang memberikan pendapat dan penafsiran tentang Arti, Makna, Hakikat, bahkan Hikmah dari Hari Raya Idul Adha. Semua itu, pastilah baik dan mempunyai referensi yang kuat sesuai sudut pandang masing-masing penulis.


https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar Lebaran tema ucapan selamat hari raya Idul Adha


Hari Raya Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul kurban atau Lebaran Haji. Adapun Sejarah idul adha sebenarnya terjadi pada saat nabi Ibrahim di beri perintah oleh Allah untuk menyembelih Ismail AS. Pada saat malam hari nabi ibrahim AS mendapat wahyu dari Allah lewat mimpi untuk menyembelih Ismail, ketika itu ismail masih berusia 7 tahun dan mana mungkin ada orang tua yang akan menyembelih anaknya sendiri? namun nabi Ibrahim memberanikan diri untuk mengatakan semua tentang mimpinya. Singkat cerita, awalnya nabi ibrahim takut kalau anaknya akan marah mendengar hal itu tetapi ismail malah menerima hal itu asalkan itu adalah perintah dari Allah. Bergegas mereka berdua pergi menuju tempat yang telah ditentukan oleh Allah, tetapi berulang kali mereka bertemu dengan orang yang mencoba menghalangi mereka yang sebenarnya adalah saitan. Merekapun berulang kali melemparkan batu kepada para orang tersebut. Setelah sampai ditempat yang telah ditentukan dengan perasaan sedih nabi Ibrahim perlahan-lahan mengambil pisau yang telah dibawanya sambil menutup mata, tetapi ketika pisau tersebut hendak mengenai leher Ismail malaikat jibril dengan cepat mengganti tubuh ismail dengan domba. ketika nabi Ibrahim membuka matanya beliau kaget bahwa yang disembelih olehnya bukanlah Ismail melainkan seekor domba. Setelah peristiwa tersebut terjadi nabi Ibrahim dan Ismail bersama-sama membagikan daging domba yang telah disembelih tadi kepeda fakir miskin dan warga disekitar tempat tersebut.


Dari Asal usul cerita nabi Ibrahim dan Ismail dalam peristiwa diatas menjadi awal kisah perayaan Idul Adha disebut pula sebagai Idul kurban atau Lebaran Haji. Untuk lebih mempelajari sejarah Arti, Makna, Hakikat, bahkan Hikmah dari Hari Raya Idul Adha berikut dari pelajarancg.blogspot.com


APAKAH ARTI IDUL ADHA?

Hari raya qurban atau Idul Adha memiliki arti sebagai berikut. Rangkaian kata Idul-Adha yang terdiri dari dua kata itu berasal dari bahasa Arab. Kata pertama Idul berasal dari kata "'aada-ya'uudu-awdatan wa 'iidan" yang berarti kembali. Sedangkan Adha adalah kata kerja yaitu "Adha-Yudhii-udhiyatan" yang berarti berkorban. Dengan demikian, idul adha adalah suatu perayaan yang dilakukan oleh ummat sebagai tekad untuk kembali kepada semangat pengorbanan.


Dalam pengertian bahwa Idul adha (bahasa Arab: عيد الأضحى) adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.


APAKAH MAKNA IDUL ADHA?

Hari raya qurban atau Idul Adha memiliki makna sebagai berikut.
  1. Makna dari Hari Raya Idul Adha yaitu kita harus menerima dan ikhlas dalam menghadapi cobaan dari Allah karena dibalik cobaan tersebut akan ada hikmahnya;
  2. Semangat Berbagi untuk Sesama;
  3. Apapun Itu Butuh Pengorbanan;
  4. Taat kepada Orangtua;
  5. Ikhlas dalam Semua Cobaan;
  6. Tulus dan Ikhlas Melaksanakan Perintah;
  7. Tidak Perlu Sombong karena Kita Sebenarnya Tak Punya Apa-apa;
  8. Hari Idul Adha juga memberikan makna dan pengertian berupa nilai-nilai pengorbanan yang diangkat dari sejarah dan kisah nabi Ibrahim serta anaknya Ismail.



APAKAH HIKMAH IDUL ADHA?

Hari raya qurban atau Idul Adha memiliki hikmah sebagai berikut.
  1. Menghidupkan makna takbir di Hari Raya Idul Adha, dari tanggal 10 hingga 13 Zulhijjah;
  2. Menghidupkan sunnah para nabi terdahulu, khususnya sunnah Nabi Ibrahim As;
  3. Untuk mendekatkan diri atau taqarrub kepada Allah Swt;
  4. Qurban atau Kurban mengajarkan kepada kita untuk bersikap dermawan, tidak rakus dan tidak kikir;
  5. Berkurban mendidik kita untuk peduli kepada sesama;
  6. Berkurban mengharapkan kesucian diri dan hartanya;
  7. Untuk mendapatkan bekal taqwa kepada Allah Swt;
  8. Untuk Menghidupkan dan melaksanakan syiar Islam agar selamat dunia akhirat.





UCAPAN SELAMAT IDUL ADHA, PELAJARI APA ITU HARI RAYA IDUL ADHA?

Setelah mempelajari apa itu sejarah Arti, Makna, Hakikat, dan Hikmah dari Hari Raya Idul Adha, dalam akhir tulisan teman-teman dari Kurikulum pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul Adha untuk semua teman-teman umat Islam di Indonesia semoga dengan Menghidupkan dan melaksanakan syiar Islam melalui peduli kepada sesama melalui Semangat Berbagi pada Idul kurban atau Lebaran Haji dapat memenjarkan kita semua tentang nilai-nilai pengorbanan yang diangkat dari sejarah dan kisah nabi Ibrahim serta anaknya Ismail AS.

Post a Comment for "SELAMAT IDUL ADHA, PELAJARI APA ITU HARI RAYA IDUL ADHA?"