PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK MELALUI AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM)

Berdasarkan Arahan Kebijakan baru Kemendikbud, Tahun 2020, Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan untuk terakhir kalinya, dan Tahun 2021, Ujian Nasional (UN) akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter (SK). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pelajajarancg.blogspot.com - Dalam mensosialisasikan pematangan kebijakan tersebut Moch. Abduh, Ph.D selaku Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud melakukan Webinar Lembaga Komite Sekolah Nasional (LKSN) pada 18 Agustus 2020.

Baca: CONTOH LENGKAP SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) UNTUK GURU SD/SMP/MTS/SMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Webinar membahas mengenai materi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Lembaga Komite Sekolah Nasional. Materi tersebut menjelaskan latar belakang penerapan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter (SK).


Pada meteri tersebut juga menyebutkan bahwa kelemahan-kelemahan siswa pada literasi diantaranya:
  • kelemahan pada literasi membaca
  • kelemahan pada literasi Sains
  • kelemahan pada literasi Matematika



Inilah kemudian yang menjadikan alasan mengapa sistem penilaian Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) perlu diterapkan dalam meningkatkan kemampuan literasi pelajar Indonesia.


Meskipun Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) masih dalam proses pengembangan dan finalisasi, namun Komponen Asesmen Nasional untuk kelas 5 SD/MI, 8 SMP/MTs, dan 11 SMA/SMA telah dibuat.


Komponen-komponen AKM Nasional terdiri dari Literasi dan numerasi Siswa, Survei Karakter terdiri dari aspek terpilih dari 6 Profil Pelajar Pancasila, dan Survei Lingkungan Belajar terdiri dari Aspek terpilih dari model sekolah efektif Siswa, guru, kepala sekolah.


Instrumen Asesmen Nasional dan Informasi yang dihasilkan sebagaimana pada gambar Instrumen dibawah pelajarancg.blogspot.com

https://pelajarancg.blogspot.com/


Jenis AKM Numerasi - Literasi

  1. AKM Nasional untuk kelas 5 SD/MI, 8 SMP/MTs, dan 11 SMA/SMA. Instrumen AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) ini akan Mengukur kinerja/mutu sekolah dan Administrasi terstandar.
  2. AKM Kelas (awal SD – akhir SMA). Instrumen AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) ini akan Mengukur hasil belajar siswa, Formatif, alat untuk teach at the right level dan Administrasi tidak terstandar.
  3. AKM Sertifikasi (kelas 12). Instrumen Aspek AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) ini akan Mengukur hasil belajar siswa dan Administrasi terstandar.



Perbedaan Asesmen 2021 (dan sebelumnya)

Aspek Ujian Nasional (UN) AKM, Survey Karakter, Survey Lingkungan Belajar
Hal yang diukur Capaian pada kompetensi kurikulum berdasarkan mata pelajarancg.blogspot.com
  • Capaian kompetensi pada literasi membaca dan numerasi
  • Karakter siswa
  • Gambaran lingkungan belajar
Target Pengukuran Semua peserta didik kelas 9 dan 12 Semua satuan Pendidikan dengan sampel peserta didik kelas 5, 8, dan 11
Moda asesmen Komputer dan kertas-pensil Komputer
Metode asesmen Fixed test Multistage adaptive test
Pelaporan Individu dan agregat di satuan Pendidikan serta wilayah Satuan Pendidikan dan agregat wilayah
Fokus laporan Pemetaan dan perbaikan pembelajaran Perbaikan pembelajaran serta peningkatan lingkungan belajar yang kondusif
Kebutuhan pengakuan kompetensi individu Secara otomatis diperoleh dari hasil asesmen nasional Peserta didik kelas 12 yang memerlukan akan mendaftarkan diri untuk AKM individu/siswa



Lini Masa Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar Tiap tahun

Tahun 2020, Penyiapan :
  • Pengembangan framework asesmen
  • Pengembangan instrumen
  • Ujicoba instrument
  • Pendataan
  • Pengembangan sistem delivery
  • Simulasi sistem
  • Pelatihan proctor dan teknisi



Tahun 2021 :
  • Februari 2021 - AKM Individu Kelas 12 Untuk pengakuan kompetensi. Sistem Arahan Kebijakan baru Kemendikbud, berlaku hanya bagi peserta didik yang memerlukan (optional) dan Gladi Bersih AKM, SK, dan SLB.
  • Minggu III Maret 2021 - AKM Nasional, survey karakter, Serta survey lingkungan belajar Kelas 11. Sistem Arahan Kebijakan baru Kemendikbud, berlaku Untuk semua satuan Pendidikan, dengan sampling di level peserta didik.
  • Minggu II April 2021 - AKM Nasional, survey karakter, Serta survey lingkungan belajar Kelas 8. Sistem Arahan Kebijakan baru Kemendikbud, berlaku Untuk semua satuan Pendidikan, dengan sampling di level peserta didik.
  • Minggu I Agustus 2021 - AKM Nasional, survey karakter, Serta survey lingkungan belajar Kelas 5. Sistem Arahan Kebijakan baru Kemendikbud, berlaku Untuk semua satuan Pendidikan, dengan sampling di level peserta didik dan Rilis hasil AKM nasional, SK, dan SLB kelas 11 dan kelas 8.
  • Oktober 2021 - Rilis hasil AKM nasional, SK, SLB kelas 5.



Timeline Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kelas untuk “tools teaching at the right level” Tiap tahun

Tahun 2020, Penyiapan :
  • Pengembangan framework asesmen
  • Pengembangan instrumen
  • Ujicoba instrument
  • Pendataan
  • Pengembangan sistem delivery
  • Simulasi sistem
  • Pelatihan proctor dan teknisi



Tahun 2021 :
  • Januari 2021 - Sosialisasi AKM kelas.
  • Maret 2021 - Rilis AKM kelas untuk familiarisasi sistem ke satuan pendidikan.
  • Agustus 2021 - Rilis AKM kelas sebagai tools diagnostic guru mengenai level kompetensi individu siswa.
  • Nopember 2021 - Evaluasi pemanfaatan AKM kelas oleh guru.



ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)

AKM Literasi Membaca. Ini adalah Asesmen Kompetensi Minimum penilaian kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.


AKM Numerasi. Ini adalah Asesmen Kompetensi Minimum penilaian kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.


Bentuk Soal AKM

1) Soal Objektif terdiri dari :
  • Pilihan Ganda (hanya 1 jawaban benar)
  • Pilihan Ganda kompleks (jawaban benar lebih dari 1)
  • Menjodohkan
  • Isian Singkat (angka, nama/benda yang sudah fixed).



2) Soal Non- Objektif (essay).


Komponen AKM

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerisasi :
Konten Proses kognitif Konteks
Bilangan;
Pengukuran dan Geometri;
Data dan Uncertainty;
Aljabar.
Pemahaman;
Aplikasi;
Penalaran.
Personal;
Sosial kultural;
Saintifik.



Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca :
Konten Proses kognitif Konteks
Teks Informasi;
Teks Sastra.
Menemukan infomasi (Retrieve and Access);
Interpretasi dan integrasi;
Evaluasi dan Refleksi.
Personal;
Sosial kultural;
Saintifik.



CONTOH SOAL AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) NUMERISASI DAN LITERASI MEMBACA

CONTOH SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERISASI


https://pelajarancg.blogspot.com/



CONTOH SOAL AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) LITERASI MEMBACA





KESIMPULAN PENINGKATAN KOPETENSI PESERTA DIDIK MELALUI AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM)

Silahkan download atau unduh materi lengkap tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Lembaga Komite Sekolah Nasional dengan format pdf sebagai referensi guru dan siswa pengunjung pelajarancg.blogspot.com download disini.


Arahan Kebijakan baru Kemendikbud, Tahun 2020, Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan untuk terakhir kalinya, dan Tahun 2021, Ujian Nasional (UN) akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter (SK), semoga tulisan kurikulum pelajarancg.blogspot.com mengenai AKM dan Survei Karakter (SK) ini bermanfaat!!

Post a Comment for "PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK MELALUI AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM)"