LOGO HARI SANTRI KE-7 TAHUN 2022 LEWAT TEMA KATA BERMAKNA SANTRI BERDAYA MENJAGA MARTABAT KEMANUSIAAN

https://pelajarancg.blogspot.com/
Tema dan Logo Hari Santri ke 7 tahun 2022. (Gambar : Pelajarancg/ Kemenag)


Pelajarancg.blogspot.com - Setiap tanggal 22 bulan Oktober Umat Islam khususnya Pondok pesantren, termasuk santriwan maupun santriwati akan memperingati Hari Resolusi Jihad Santri-Ulama. Hari Nasional Santri di Indonesia adalah merayakan perjalanan sejarah KH Hasjim Asy'ari menyerukan resolusi jihad yang dicetuskan oleh pendiri Nahdlatul Ulama. Sejarah ini kemudian dikatakan menjadi salah satu pencetus perjuangan Pahlawan nasional di Surabaya yang kemudian diperingati sebagai hari Pahlawan nasional.


Isi dari Resolusi Jihad tersebut yakni, menegaskan bahwa hukum membela Tanah Air adalah fardhu ain bagi setiap Islam di Indonesia.


Di Indonesia, Hari Santri adalah hari untuk memperingati peran besar kaum kiai dan santri dalam perjuangan melawan penjajahan bangsa asing, bertepatan dengan resolusi jihad KH Hasyim pada tanggal 22 Oktober. Selain itu, banyak pula para perwira atau prajurit Pembela Tanah Air (Peta) yang banyak juga dari kalangan santri.


Dengan latar belakang sejarah perjuangan atau Jihad Santri-Ulama, pada 15 Oktober 2015 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, melalui Keppres 22 Tahun 2015 menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri.


Download gambar Tema dan Logo Peringatan Hari Santri ke 7 tahun 2022 resmi dari kemenag dengan format png maupun jpeg kunjungi tulisan pelajarancg.blogspot.com di PANDUAN PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL (HSN) TAHUN 2022

https://pelajarancg.blogspot.com/
(Gambar : Logo HGN Kemenag)


Logo ini didesain atau dibuat oleh kementerian agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dengan menyesuaikan kondisi pandemi sehingga Tema Santri Tahun 2022: Santri Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.


FILOSOFI LOGO:
  1. MERANGKUL Melingkarkan lengan pada pundak (tubuh, pinggang, dan sebagainya) orang lain sambil melingkarkan kedua lengan. bermakna melindungi, memberikan empati dan kepedulian.
  2. JABAT TANGAN Makna keakraban dalam setiap pertemuan. saling berbudaya, memberikan sapa. Mengulurkan tangan untuk saling membantu antar manusia dengan manusia yang lain.
  3. DAUN. Daun hijau tidak hanya memberikan kehidupan dan energi pada manusia, tetapi juga memberikan harapan.
  4. INFINITY. Simbol takhingga (bahasa Inggris: infinity symbol) yang dilambangkan sebagai ∞, merupakan simbol matematika yang mewakili konsep takhingga.
  5. MATAHARI Selalu memberikan cahaya untuk kehidupan manusia, merupakan sumber energi alam semesta dan penghuninya, daya yang tak akan pernah habis.
  6. MATA Indera Penglihatan manusia, untuk memandang segala hal, melihat keadaan disekitar. Melihat dan mengamati apa yang terjadi dan apa yang bisa diperbuat.





Dari makna filosofi untuk peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 ke 7 dapat diartikan gerakan santri melindungi, memberikan empati dan kepedulian juga penuh keakraban dalam setiap pertemuan dengan selalu memberikan cahaya untuk kehidupan manusia.


Dari latar belakang itu, Santri Berdaya menjaga martabat kemanusiaan menjadi tema dan digambarkan ke dalam logo HGN Tahun ini.


Pelajari artikel baru lainnya di Kurikulum Pelajarancg terkait unduhan, logo, dan sejarah maupun topik pendidikan terkini. Kunjungi Pelajarancg.blogspot.com, Dengan demikian Anda akan menemukan informasi Madrasah maupun sekolah tingkat dasar terkini dari berbagai materi pendididikan hari ini.

Post a Comment for "LOGO HARI SANTRI KE-7 TAHUN 2022 LEWAT TEMA KATA BERMAKNA SANTRI BERDAYA MENJAGA MARTABAT KEMANUSIAAN"