TEMA DAN LOGO PERINGATAN HARI PAHLAWAN (HARWAN) 2022

KUMPULAN PUISI UCAPAN HARI PAHLAWAN
Sejarah Hari Pahlawan (HARWAN). Pelajarancg.blogspot.com



Tema dan Logo Peringatan Hari Pahlawan (HARWAN) Tahun 2022. Peringatan Hari Pahlawan Nasional diperingati setiap tanggal 10 November oleh bangsa Indonesia berdasarkan atas Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari Pahlawan, dengan tujuan utama untuk mengingat dan meneladani semangat juang para Pahlawan merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang dipimpin Bung Tomo. Pada tulisan sebelumnya pelajarancg telah menulis Makna Sejarah HARWAN (Hari Pahlawan) yang diperingati setiap tanggal tanggal 10 November.



Dalam tulisan Pelajaran Sejarah kali ini mari kita mengenai logo dan Tema Peringatan Hari Pahlawan (HARWAN) pada Tahun 2022. Sedang tulisan Pedoman untuk Juknis Peringatan Hari Pahlawan pada Tahun 2022 akan pelajarancg bahas dalam artikel tersendiri.


Peringatan Hari Pahlawan (HARWAN) yang diselenggarakan setiap tanggal 10 November tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran atau ulang tahun salah satu tokoh Pahlawan di Indonesia, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk mengingat kembali suatu peristiwa bersejarah pertempuran di kota Surabaya yang mengobankan ribuan jiwa rakyat sipil dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


Oleh sebab itu dalam menyambut HARWAN 2022 ke 77, Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai panita penyelenggara kegiatan Nasional ini menjadikan momentum hari penting ini sebagai pesan pengingat bagi seluruh Masyarakat Indonesia dengan tujuan meneladani para pahlawan! sebagaimana kata Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Kemensos, Edi Suharto "Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan. Setiap orang dapat berperan sesuai kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing untuk memberikan kontribusi bagi bangsa sebagai wujud pahlawan masa kini."


Pesan ini kemudian dituangkan dalam tema dan logo HARWAN tahun ini oleh Kemensos dalam rangka menyambut Peringatan Peringatan Hari Pahlawan (HARWAN) tahun 2022, berikut informasi panduan mengenai hal tersebut yang Pelajarancg.blogspot.com rangkum sebagai bahan referensi dan informasi pengunjung kurikulum Pelajarancg.


TEMA

Peringatan Hari Pahlawan (HARWAN) tahun ini mengusung tema “PAHLAWANKU TELADANKU” dengan mengangkat nilai-nilai kepahlawanan : keberanian, rela berkorban, keteladanan, membela keadilan, persatuan dalam kebhinekaan.


Dengan filosofi memaknai HARWAN 10 November 2022, Sebagai bangsa kita mampu meneladani para pahlawan dengan prestasi dan karya menuju Indonesia Maju! harapan HARWAN 10 November 2022 kemudian dituangkan dalam logo yang mengandung filosofi penuh makna tiap elemen gambarnya.


LOGO

LOGO PERINGATAN HARI PAHLAWAN (HARWAN) 2022
Logo HARWAN 2022 (Pelajarancg.blogspot.com)



Logo dapat di unduh di https://kemensos.go.id/logo-hari-pahlawan-tahun-2022


Filosofi dari Logo HAWRWAN 2022 yang ke 77 tahun adalah :
  1. Kepal Tangan: Tangan mengepal melambangkan semangat juang dan perlawanan pahlawan dalam menolak ketidakadilan dan kedzaliman para penjajah.
  2. Perisai Pancasila: Kepal tangan berbentuk seperti perisai Pancasila bermakna pahlawan sebagi anak bangsa rela menumpahkan darahnya demi mempertahankan kemerdekaan dan tanah air dari penjajah.
  3. Simbol Cinta: Simbol ini dalam budaya pop sering diutarakan untuk menandakan rasa cinta. Sama seperti pahlawan mereka rela berkorban karena ada perasaan cinta terhadap bangsa dan tanah air.
  4. Bambu Runcing: Bambu runcing merupakan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah pada masa kolonialisme. Senjata bambu runcing menjadi saksi bisu sejarah bahwa para pahlawan bangsa pernah berjuang dan melakukan perlawanan untuk mendapatkan kemerdekaan yang seutuhnya.



Tagline #haripahlawan #selamatharipahlawan. Semoga Sejarah Hari Pahlawan (HARWAN) bukan hanya dituangkan dalam ucapan semata namun juga diaplikasikan untuk mengingat dan meneladani semangat juang para pahlawan bangsa pernah berjuang dan melakukan perlawanan untuk mendapatkan kemerdekaan yang seutuhnya guna mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang dipimpin Bung Tomo. penulis pelajarancg.blogspot.com mengucapkan Selamat memperingati HARWAN 10 November 2022**

Post a Comment for "TEMA DAN LOGO PERINGATAN HARI PAHLAWAN (HARWAN) 2022"