CONTOH PIDATO KATA SAMBUTAN PERINGATAN MAULID NABI

https://pelajarancg.blogspot.com/
Bulan Mulud telah tiba, sambut 12 Rabiul Awal dengan beragam kegiatan acara di sekolah.


Pelajarancg.blogspot.com: Maulid Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awal 1444 Hijriah tahun 2022 masehi jatuh pada Sabtu, tanggal 8 Oktober 2022. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Kelahiran Baginda Rasulullah atau dikatakan sebagai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hari Peringatan Maulid Nabi ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional oleh negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, seperti Malaysia, Indonesia, Brunei darussalam, dan beberapa negara dunia lainnya.


Di Indonesia, terdapat tradisi unik yang diselenggarakan dalam memperingati Maulid Nabi. Tradisi tersebut tentu berbeda disetiap daerah, meskipun demikian tujuannya sama yakni sebagai upaya dan ikhtiar dalam menanamkan kecintaan kepada Rasulullah.


Selain itu, upaya tersebut juga dilakukan di sekolah yang ditujukan kepada para pelajar baik itu tingkat dasar (SD/MI), tingkat Menengah (SMP/MTs dan SMA/MA/SMK). Untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, biasanya panitia penyelenggara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) di sekolah menyenggarakan beragama kegiatan hingga perlombaan dengan mengangkat tema Peringatan Maulid Nabi SAW. Kegiatan ini dilaksanakan guna menjaga silaturahmi, Ukhuwah Islamiyah dan saling mengingatkan dalam urusan Haq maupun Batil, melakukan perenungan serta evaluasi terhadap pelajar, guru bahkan kepala sekolah.


Di sekolah, Tema ini kemudian diaplikasikan dalam bentuk acara PHBI, yang sebelumnya harus mendapat persetujuan dari pihak sekolah. Untuk mendapatkan persetujuan tersebut Panitia Peringatan Maulid Nabi membuat Proposal tentang kegiatan peringatan Maulid Nabi yang akan diselenggarakan di sekolah.

Baca: HIKMAH DAN TEMA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 2022

Saat diselenggarkannya kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sebagai ketua panitia, maupun kepala sekolah/Madrasah tentu akan diminta menyampaikan sambutan.


Sambutan tersebut berupa kata-kata singkat namun bermakna sebagai pesan kepada para peserta kegiatan maulid. Kata Sambutan untuk peringatan Maulid Nabi tentu sangat beragam, mulai dari yang pendek hingga panjang.


Singkatnya, bagi Anda yang sedang mencari inspirasi untuk membuat contoh kata sambutan peringatan Maulid Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H/2022, berikut kurikulum agama Islam pelajarancg.blogspot.com tulis contoh pidatonya.

https://pelajarancg.blogspot.com/
Download twibbon tema ucapan selamat Maulid Nabi SAW


PIDATO CONTOH KATA SAMBUTAN PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

SAMBUTAN KURIKULUM PELAJARANCG PADA ACARA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1444 H, SABTU, 8 OKTOBER 2022

Bismillahirahmaanirrohiim,

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Yang Saya Hormati,
  • Bapak Kepala Sekolah Pelajarancg;
  • Bapak/guru Sekolah Pelajarancg;
  • Teman-teman seperjuangan;
  • Bapak, Ibu dan Hadirin yang Berbahagia.



Pada pagi yang berbahagia dan penuh berkah ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Watta’ala yang senantiasa memberikan kita limpahan rahmat serta ridho-Nya, sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1444 Hijriyah bertempat di Sekolah Pelajarancg.


Shalawat dan salam, semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, yang membawa dan menerangi hati nurani kita, menjadi cahaya bagi segala perbuatan mulia. Dan Insya Allah kita semua termasuk umat Nabi Muhammad SAW hingga akhir zaman.


Para hadirin Sekalian yang Berbahagia,


Pelajari:


Maulid Nabi Muhammad SAW atau biasa disebut Maulid Nabi atau Maulud adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat.


Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sesungguhnya Rasulullah tidak pernah menganjurkan hari kelahirannya diperingati, namun secara subtansi peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan umatnya kepada Nabi terakhir yang sangat kita cintai, sebagai seorang Nabi penerang yang membawa ajaran hingga akhir zaman. Oleh sebab itulah seyogyanya, Maulid Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam tidak dilaksanakan dengan secara mewah dan berlebihan.


Peringatan ini dimaknai dengan memperbanyak bersedekah, menjaga silaturahmi, Ukhuwah Islamiyah dan saling mengingatkan dalam urusan Haq maupun Batil, melakukan perenungan serta evaluasi terhadap seluruh keberhasilan maupun kegagalan yang pernah dialami. Teriring rasa syukur, sabar dan tetap menunjukkan kerja keras untuk memperbaikinya, dimana kesemuanya itu dilakukan dengan hanya mengharap Ridho Allah Subhana Wata’ala selaku penerang dan pemberi hidayah, sehingga kita tak akan mengulangi kesalahan yang sama.


Para hadirin yang Berbahagia,


Peringatan Maulid Nabi, sekaligus juga menjadi momentum yang tepat untuk menambah kecintaan kita kepada Rasulullah pembawa misi perdamaian dan kerukunan di antara umat manusia. Jarak waktu yang begitu panjang, tidaklah menyebabkan kita merasa jauh dari perikehidupan beliau. setiap kita memperingati Maulid Nabi, perikehidupan beliau seolah hadir kembali di tengah-tengah kita.


Allah SWT di dalam surat Al-Ahzab Ayat 21 memerintahkan kita untuk meneladani Nabi SAW secara utuh, yakni meneladani semua keteladanan yang ada pada diri Nabi, bukan hanya sepenggal seraya mengabaikan yang lainnya. Sudah seharusnya peringatan Maulid bukan hanya sebuah upaya mengenang hari kelahiran Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam, tetapi juga mengingat dan meneladani jasa-jasa dan sifat-sifat beliau yang luhur, penyabar, rendah hati, amanah di dalam kehidupan kita sehari-hari.


Sifat Tawadhu seperti inilah yang sesungguhnya diharapkan dapat muncul dari kita sebagai pelajar Indonesia. Teman-teman pelajarancg tercinta yang tidak pernah sepi dari segala cobaan, tantangan dan ujian ini membutuhkan semangat yang mampu menjawab segala tantangan dalam setiap kendala yang dihadapi dalam proses belajar mengajar, terutama di masa pandemi global Covid-19 ini.


Salah satu keteladanan Nabi SAW yang akan senantiasa relevan untuk kita adopsi guna menjawab segala tantangan dan problem masa kini yang kita hadapi, termasuk dalam hal mewujudkan pendidikan Nasional yang berkualitas di tengah Pandemi ini adalah konsisten dalam semangat pembelajaran secara daring atau Online.


Pelajari: SELAMAT HARI MAULID NABI MUHAMMAD SAW! BERIKUT UCAPAN YANG BISA KAMU SAMPAIKAN DI SOSMED

Rasulullah SAW adalah sosok pemimpin yang siddiq, amanah, tabligh, dan fatonah. siddiq artinya adalah sifat jujur, berkata benar. amanah artinya adalah sifat bisa dipercaya, menjalankan sebaik mungkin apa yang diamanatkan atau dipercayakan kepadanya. tabligh artinya adalah sifat menyampaikan. dan fatonah artinya adalah cerdas atau pandai. Sifat-siat inilah yang membedakannya dari nabi lainnya dalam kewajibannya untuk menyampaikan firman Allah yang diturunkan kepada umatnya.


Sifat-sifat mulia seperti inilah yang saat ini harus selalu ada pada diri kita semua selaku siswa pelajar di sekolah pelajarancg.blogspot.com Sehingga sebagai generasi muda Bangsa bisa menjadi penerus amanah dari pera pejuang kemerdekaan Indonesia, apalagi sehari sebelumnya kita telah memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dimana Peringatan hari ini jangan hanya dijadikan sebagai ucapan-ucapan selamat semata, namun lebih bijak melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mentauladani kepribadian dari sifat-sifatRasulullah, Saya yakin perbuatan tercela selama ini yang menjadi momok bagi pendidikan di Indonesia, seperti mencotek, siswa berbuat asusila, dan contoh-contoh lainnya dapat dieliminir, sehingga cita-cita pendidikan sekolah yang bermartabat dan berkualitas bukan hanya sekedar kata bijak semata, melainkan kenyataan.


Diharapkan di dalam menunaikan tugas sekolahnya, ke depannya setiap pelajar mampu menjadi teladan yang baik seperti yang ditunjukkan oleh kepemipinan Rasulullah Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam hingga akhir hayatnya sebagai Uswatun Hasanah. Tidak cukup hanya dengan mengajarkan dan menganjurkan, akan tetapi juga memberi contoh dan teladan yang baik kepada teman-teman dan masyarakat. Kita perlu menyadari, bahwa faktor keteladanan itu amatlah menentukan bagi suksesnya pembelajaran kita sebagai generasi muda bangsa. Marilah kita memulai, dan mulailah dari diri kita sendiri.


Dengan bercermin dan meyakini Rasulullah sebagai suri tauladan, siswa kurikulum pelajarancg akan menjadi sekolah yang berkualitas, Islami dan membanggakan wali Murid, berkepribadian dan bermoralitas tinggi yang tidak mudah goyah dan tergoda, akan kenikmatan duniawi dan kepuasan pribadi saja.


Hadirin yang terhormat dan Teman-teman Yang Saya cintai,


Mengakhiri sambutan ini, marilah kita berdoa ke hadirat Allah SWT, semoga cita-cita besar kita, untuk membangun pendidikan dengan lahirnya pelajar berkualitas yang lebih baik diberikan tuntunan, bimbingan, lindungan dan mendapatkan Ridho Allah SWT.


Selanjutnya Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah Pelajarancg yang berkenan memberikan tausiahnya pada kesempatan ini semoga dapat memberikan pencerahan kepada kita semuanya, kiranya acara-acara seperti ini dapat mewujudkan Insan pelajar yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual dalam pembelajarannya dan berguna bagi orangtua, agama, bangsa dan negara. Demikian pula saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan acara ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.


Demikianlah yang dapat saya sampaikan, saya berharap semoga peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam ini, dapat selalu kita ambil hikmahnya dan kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.


Sekian dan terima kasih.

Pelajari: HIKMAH DAN TEMA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 2022

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.


Jakarta, 8 Oktober 2022

Penulis Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com untuk contoh pidato singkat kata sambutan peringatan Maulur Rasul atau Maulid nabi Muhammad SAW di Sekolah, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "CONTOH PIDATO KATA SAMBUTAN PERINGATAN MAULID NABI"