JARINGAN TUMBUHAN: PENGERTIAN, CIRI-CIRI, JENIS DAN FUNGSINYA LENGKAP

Mata Pelajaran IPA, pada penjelasan sebelumnya penulis telah menjelaskan tentang Apa itu Rantai Makanan dan Jaring Makanan. sekarang saatnya menjelaskan tentang Apa itu Jaring Tumbuhan: Pengertian, ciri-ciri, jenis dan fungsi lengkapnya di pelajarancg.blogspot.com - Tumbuhan tersusun dari sel-sel yang kemudian akan membentuk jaringan. Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama dan diikat oleh bahan antar sel sehingga membentuk satu kesatuan. Pembentukan tumbuhan awal dimulai dengan jaringan meristem. jaringan meristem akan dikhususkan ke dalam kelompok yang berbeda yang disebut jaringan sederhana.


Jaringan sederhana ini terdiri dari sel-sel dengan struktur yang sama dengan parenkim, kolenkim dan sklerenkim. Jaringan meristem ini kemudian akan aktif membelah melalui mitosis. Kemampuan jaringan sel yang berkesinambungan menyebabkan terus bertambahnya sel-sel baru sehingga sel-sel tersebut mengalami perubahan sifat dan diferensiasi sel. Selain itu, akibat pembelahan sel ini juga akan terbentuk berbagai jaringan kompleks yang tidak memiliki kemampuan untuk membelah diri kembali atau menjadi jaringan non meristematik.

https://pelajarancg.blogspot.com/




PENGERTIAN JARINGAN TUMBUHAN MENURUT PARA AHLI

Jaringan tumbuhan merupakan jaringan yang tersusun atas sel-sel yang mempunyai kemampuan titopotensial yang berbeda dibandingkan dengan jaringan hewan, jaringan tumbuhan merupakan jaringan yang mempunyai kemampuan apabila organisme tumbuhan tersebut dapat memperbanyak diri secara negatif dengan kemampuan tubuh untuk tersusun dari sel (Nurhayati, 2012, halaman 6).


Sistem jaringan dasar mensintesis senyawa organik yang mendukung tanaman dan memberikan stimulasi untuk tanaman ini beberapa sel colenchyma dan sclerenchymal (Avivi, 2004, halaman 27).


Jaringan tumbuhan adalah kumpulan sel tumbuhan yang mempunyai kesamaan bentuk, asal, fungsi dan struktur. Jaringan pada tumbuhan terdiri atas jaringan muda (meristem) dan jaringan dewasa (Permanen) (Soerdikoesomo, 2007, halaman 177).


JENIS STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

Jenis Struktur Jaringan Tanaman dan Fungsinya - Tanaman dikelompokkan menjadi dua jenis, diantaranya sebagai berikut ...


Meristem Tumbuhan (Embrio)

Pengertian Jaringan Meristem - Jaringan meristem adalah jaringan muda dari kelompok sel tumbuhan yang aktif membelah. Sel meristem akan menghasilkan sel-sel baru yang sebagian hasil pembelahannya akan tetap berada di dalam meristem, hal ini disebut sebagai sel inisial atau inisial. Sedangkan dari sel baru digantikan oleh sel meristem yang disebut turunan atau turunannya.


Karakteristik Jaringan Mersitem

  • Ukuran sel kecil
  • Terdiri dari sel-sel muda dalam fase pembelahan dan pertumbuhan
  • Sel berdinding tipis
  • Memiliki inti yang relatif besar
  • Vakuola ukuran kecil
  • Banyak mengandung sitoplasma
  • Sel itu berbentuk kubus



JENIS JARINGAN MERISTEM

Jaringan meristem dikelompokkan dalam beberapa jenis antara lain sebagai berikut :

1) Jenis Jaringan Meristem Berdasarkan letaknya pada Tumbuhan

  1. Jaringan meristem apikal atau juga disebut jaringan meristem ujung adalah jaringan meristem yang terletak di ujung-ujung tanaman seperti pucuk atau pokok batang dan cabang, maupun ujung-ujung akar. Fungsi jaringan meristem satu ini adalah sebagai jaringan penunjang pertumbuhan tinggi tanaman, penyebaran kanopi cabang dan ranting, serta jaringan yang dapat memperpanjang jangkauan penyerapan akar.
  2. Jaringan meristem interkalar atau jaringan meristem antara adalah jaringan meristem yang terletak di antara jaringan-jaringan dewasa, misalnya seperti jaringan pada pangkal ruas batang atau pangkal tangkai ranting. Selain itu, jaringan meristem interkalar juga dapat ditemukan pada batang rumput-rumputan. Adapun fungsi jaringan meristem ini pada tumbuhan adalah sebagai jaringan yang menopang pertumbuhan tinggi tanaman karena memiliki pertumbuhan memanjang lebih cepat seiring pertumbuhan meristem apikal dari 2 ujung tanaman.
  3. Jaringan meristem lateral atau juga disebut meristem samping adalah jaringan meristem yang terletak sejajar dengan permukaan organ, contohnya kambium dan kambium gabus. Jaringan meristem ini berfungsi sebagai jaringan yang membelah dan memperbesar diameter batang atau akar ada tanaman. Pertumbuhan jaringan meristem lateral yang menuju arah samping memungkinkan tumbuh besarnya akar dan batang tanaman. Pertumbuhan jaringan meristem lateral lazim disebut pertumbuhan sekunder. Oleh karena itu, jaringan ini pun kerap disebut jaringan sekunder.


2) Jenis Jaringan Meristem Berdasarkan Asalnya

  1. Meristem primer: jika sel berkembang langsung dari sel embrionik (meristem apikal).
  2. Meristem sekunder: jika sel berkembang dan jaringan dewasa berdiferensiasi. Misalnya kambium dan kambium gabus (felogen).



PENGERTIAN JARINGAN MUDA (MERISTEM) DAN JARINGAN DEWASA (PERMANEN)

Dilihat Dari
Jaringan Muda (Meristem)
Jaringan Dewasa (Permanen)
Secara Umum Jaringan meristem adalah jaringan tanaman yang memungkinkan tanaman untuk tumbuh. Pada jaringan meristem, sel-sel terus membelah secara mitosis dan menyebabkan tanaman tumbuh. Jaringan dewasa adalah jaringan yang sudah berhenti membelah. Jaringan ini juga disebut jaringan permanen karena telah mengalami diferensiasi dan spesialisasi fungsi dari sel-sel hasil pembelahan jaringan meristem.



PERBEDAAN JARINGAN MUDA (MERISTEM) DAN JARINGAN DEWASA (PERMANEN)

Dilihat Dari
Jaringan Muda (Meristem)
Jaringan Dewasa (Permanen)
Pembelahan sel Aktif membelah Tidak aktif membelah
Ruang antar sel Tidak ada Ada
Ukuran vakuola Sangat kecil Sangat besar
Asal sel Pembelahan sel Diferensiasi sel jaringan meristem
Sitoplasma Padat Tipis
Dinding sel Tipis Tebal
Ukuran sel Relatif kecil Relatif lebih besar dibandingkan sel jaringan meristem



RANGKUMAN JARINGAN TUMBUHAN: PENGERTIAN, CIRI-CIRI, JENIS DAN FUNGSINYA LENGKAP

Jaringan merupakan sekelompok sel yang memiliki struktur, fungsi, dan bentuk yang sama, Mata Pelajaran IPA, pada penjelasan sebelumnya penulis telah menjelaskan tentang Apa itu Rantai Makanan dan Jaring Makanan. sekarang saatnya menjelaskan tentang Apa itu Jaring Tumbuhan: Pengertian, ciri-ciri, jenis dan fungsi lengkapnya di pelajarancg.blogspot.com - Tumbuhan tersusun dari sel-sel yang kemudian akan membentuk jaringan. Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama dan diikat oleh bahan antar sel sehingga membentuk satu kesatuan. Pembentukan tumbuhan awal dimulai dengan jaringan meristem. jaringan meristem akan dikhususkan ke dalam kelompok yang berbeda yang disebut jaringan sederhana. Pada tumbuhan, jaringan dibagi menjadi dua macam; Jaringan meristem (jaringan meristem primer, dan jaringan meristem sekunder), dan jaringan Dewasa (jaringan epidermis, parenkim, kolenkim, sklerenkim, pengangkut [xylem & floem], jaringan gabus dan lain-lain). Berikut rangkuman lengkap dari tulisan pelajarancg.blogspot.com:


1. Jaringan adalah sekelompok sel yang memiliki fungsi, struktur, dan bentuk yang sama. Jaringan pada tumbuhan dibagi menjadi 2 adalah :
  • Jaringan Meristem (primer & sekunder).
  • Jaringan Dewasa (jaringan epidermis, parenkim, kolenkim, sklerenkim, xylem, floem, gabus, sekretori).



2. Jaringan meristem adalah jaringan yang sel-selnya aktif membelah diri secara mitosis.


Ciri-ciri jaringan ini adalah :
  • Selnya sangat aktif membelah.
  • Tidak memiliki ruang antar sel.
  • Mengandung banyak protoplasma.
  • Dinding sel tipis.
  • Vakuola / rongga sel belum ada atau sangat kecil.



3. Jaringan Tumbuhan untuk macam-macam jaringan meristem berdasarkan asalnya terbagi menjadi :
  • Meristem primer. ini Adalah sel meristem pada tumbuhan muda atau dewasa yang selnya masih aktif membelah yang berasal dari jaringan promersitem yang sudah ada ketika tumbuhan masih dalam fase embrio.
  • Meristem sekunder. ini Adalah sel meristem pada tumbuhan dewasa yang berasal dari sel dewasa yang berubah sifatnya menjadi sel-sel meristematik.



4. Jaringan Tumbuhan untuk macam-macam jaringan meristem berdasarkan letaknya terbagi menjadi :
  • Meristem apikal. Ini adalah sel meristem yang terdapat di ujung batang (pucuk) utama, pucuk lateral, dan ujung akar).
  • Meristem lateral. Ini adalah sel meristem yang terletak sejajar memanjang permukaan batang. Menyebabkan pertumbuhan sekunder yang membuat batang membesar).
  • Meristem Interkalar. Ini sel meristem yang terdapat diantara jaringan dewasa atau jaringan yang telah berdiferensiasi.



5. Jaringan dewasa adalah jaringan yang berasal dari pembelahan sel-sel jaringan meristem yang telah berdiferensiasi dan telah mengalami perubahan bentuk sesuai dengan fungsinya. Adapun Ciri-ciri lengkapnya adalah :
  • Tidak melakukan aktivitas perbanyakan diri.
  • Memiliki vakuola yang besar.
  • Ukuran lebih besar dari sel meristem.
  • Terkadang selnya sudah mati.
  • Terdapat ruang antar sel.
  • Mengalami penebalan pada dinding selnya.



6. Macam macam jaringan dewasa adalah :
  • Epidermis.
  • Parenkim.
  • Penyokong (kolenkim & sklerenkim).
  • Pengangkut (floem & Xylem).
  • Terdapat ruang antar sel.
  • Gabus.
  • Sekretori.



Post a Comment for "JARINGAN TUMBUHAN: PENGERTIAN, CIRI-CIRI, JENIS DAN FUNGSINYA LENGKAP"