PELAJARAN BAHASA INDONESIA: MATERI SOAL CERPEN KELAS 6 SD/MI

Pelajarancg: Bagi kamu yang duduk di sekolah maupun Madrasah tingkat dasar (SD/MI) khususnya kelas 6, tentu tengah mempelajari materi tentang Cerita Pendek. Cerita pendek atau sering disingkat cerpen merupakan satu di antara karya sastra berbentuk prosa yang dikemas secara ringkas, serta menceritakan suatu kisah fiktif yang berpusat pada satu tokoh beserta dengan konflik dan penyelesaiannya. Seperti namanya, cerita yang disajikan singkat dan padat tanpa mengurangi unsur-unsurnya.


Adapun unsur-unsur pembangun cerpen adalah intrinsik dan ekstrinsik. (Pelajari: PERBEDAAN UNSUR INSTRINSIK DAN UNSUR EKSTRINSIK DALAM CERITA)


Untuk membedakan apa yang terkandung dalam cuplikan cerpen dari Unsur intrinsik yang terdiri terdiri dari tema, tokoh dan penokohan, alur atau plot, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat dalam pelajaran bahasa Indonesia. Berikut beberapa contoh kutipan soal dan Jawaban yang dapat dipelajari dalam artikel pelajaran kelas 6 SD/MI di Kurikulum pelajarancg.blogspot.com:

https://pelajarancg.blogspot.com/


CONTOH MATERI SOAL DAN JAWABAN CERPEN KELAS 6 SD/MI UNTUK PELAJARANCG BAHASA INDONESIA

Baca dan pelajarilah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal no 1 s.d. 3!


Pikiranku langsung terlempar dalam kenangan saat aku kelas enam SD waktu mencium bau obat yang menyengat dalam ruangan ini. Suatu hari sepulang sekolah aku langsung menuju ruang Unit Gawat Darurat sebuah rumah sakit umum karena sakit perut yang membuatku tidak bisa berjalan, hanya bisa mengerang. Semula aku masih bisa menahan rasa takut berada di sekeliling orang yang terbaring di atas kasur tipis beralaskan seprai putih, sampai tiba-tiba segerombolan perawat berpakaian putih mendorong dengan cepat sebuah kasur beroda dan dihentikannya tepat di sebelah kasurku. Di atasnya terbaring pria botak berlumur darah. Dia tidak bergerak sama sekali. Mulutnya menganga, mata terpejam menghadapku. Kata orang yang mengantar, orang di sebelahku ini kecelakaan sepeda motor. (Benjolan, karya Harry Pratama)



1. Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan cerpen di atas adalah ...
A. orang pertama sebagai tokoh utama
B. orang pertama sebagai tokoh sampingan
C. orang pertama dan ketiga
D. orang ketiga serba tahu
E. orang ketiga terbatas


Penjelasan jawaban pelajarancg: Tokoh utama/protagonis adalah tokoh yang selalu sentral kedudukannya dalam cerita, selalu menjadi pusat sorotan dalam kisahan, dan menyita sebagian besar waktu penceritaan (Rahmadhanti 2016:52).


2. Jenis alur dalam kutipan cerpen di atas adalah ...
A. alur maju
B. alur sorot balik
C. alur ganda
D. alur linier
E. alur ganda dan maju


Penjelasan jawaban pelajarancg: Alur merupakan salah satu unsur intrinsik cerpen. Alur memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah alur sorot balik. Alur regresif atau alur sorot balik, yaitu peristiwa di dalam cerpen diawali dengan peristiwa akhir, kemudian peristiwa awal, dan diikuti peristiwa selanjutnya.


3. Watak tokoh aku yang penakut, dalam kutipan cerpen di atas disampaikan melalui ...
A. dialog antar tokoh
B. komentar tokoh
C. tindakan tokoh
D. pikiran tokoh
E. penjelasan pengarang


Penjelasan jawaban pelajarancg: Penggambaran melalui jalan pikiran tokoh seorang yang penakut, Harry Pratama trauma di ruang Unit Gawat Darurat sebuah rumah sakit, ketika ia masih duduk kelas enam SD waktu mencium bau obat yang menyengat dalam ruangan tersebut. Disan ia melihat pasien terbaring berlumur darah. Dia tidak bergerak sama sekali. Mulutnya menganga, mata terpejam menghadapku. pasien yang di sebelahku ini kecelakaan sepeda motor. Pikiran masa lulu inilah yang menjadi latar belakang mengapa menjadi tokoh yang penakut.


4. Permasalahan yang diangkat dalam penggalan cerpen di atas adalah ...
A. ketakutan tokoh aku menyaksikan korban kecelakaan di rumah sakit
B. ketakutan tokoh aku disuntik obat bius
C. tokoh aku sedang menahan sakit perut
D. korban kecelakaan di rumah sakit
E. kekuatiran tokoh ketika diperiksa dokter di rumah sakit


Penjelasan jawaban pelajarancg: Penggambaran melalui jalan pikiran tokoh seorang yang penakut, Harry Pratama trauma di ruang Unit Gawat Darurat sebuah rumah sakit, ketika ia masih duduk kelas enam SD waktu mencium bau obat yang menyengat dalam ruangan tersebut. Disan ia melihat pasien terbaring berlumur darah. Dia tidak bergerak sama sekali. Mulutnya menganga, mata terpejam menghadapku. pasien yang di sebelahku ini kecelakaan sepeda motor. Pikiran masa lulu inilah yang menjadi latar belakang mengapa menjadi tokoh yang penakut.


Baca dan pelajarilah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal no 5 s.d. 6!


"Saya ingin lagu gending Jawa."


"Tolong Pak Sopir. Bapak ini tidak suka lagu pop Indonesia, padahal lagu itu kesukaan saya. Dia minta ditukar saja dengan gending Jawa."


"Tetapi saya tidak punya kaset gending Jawa," kata sopir


"Saya punya. Saya tidak pernah meninggalkan kaset gending Jawa, setiap saya bepergian. Ini kaset lagu kesukaan saya. Gending Jawa."


Para penumpang mendengarkan lagu itu. Tetapi beberapa saat saja kemudian, terdengar orang berteriak: "Bolehkah lagu itu ditukar?"


5. Hal yang menarik dari kutipan cerpen di atas adalah ...
A. Para penumpang mendengarkan lagu
B. tokoh aku yang masih menyukai gending Jawa dan selalu membawa kasetnya
C. tokoh lain yang berteriak meminta tukar lagu
D. para tokoh mempermasalahkan lagu-lagu yang didengarkan
E. para tokoh menyukai musik

Pelajari: 7 UNSUR-UNSUR INSTRINSIK DALAM CERITA

6. Nilai budaya yang terdapat dalam penggalan cerpen di atas adalah ...
A. mencintai lagu pop
B. naik kendaraan sambil mendengarkan musik
C. mendengarkan musik bersama-sama
D. mencintai lagu daerah
E. mencintai lagu-lagu


Pelajari: APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN ITU?


Cermati paragraf paragraf berikut untuk menjawab soal 7 s.d. 9!


Sementara itu Martini bersiap untuk mendengarkan dengan seksama penuturan ibunya. ”Tiga bulan lalu rumah yang dibuat suamimu atas biaya dari kamu sudah jadi. Letaknya di dusun sebelah sana. Namun, sejak itu pula kesengsem sama seorang wanita. Wanita itu adalah tetangga barunya. Dua bulan lalu mereka menikah dan meninggalkan Andra bersama si Mbok. Tentu saja si Mbok marah besar kepadanya. Namum, apa daya, si Mbok hanyalah wanita yang sudah renta, sedang ayahmu sudah tiada, dan uang yang si Mbok pegang pun pas-pasan. Mau mengirim surat kepadamu si Mbok tidak bisa, kamu tahukan si Mbok buta huruf. Mau minta tolong kepada siapa lagi, sedangkan kamu adalah anakku satu-satunya. Kamu tidak mempunyai saudara yang bisa si Mbok mintai tolong untuk mengirimkan surat kepadamu, sedangkan anakmu, Andra masih kelas 1 SD”. Mendengar penuturan ibunya, Martini langsung menangis, ia sedih, marah dan kalut. ”Mengapa si Mbok tidak melaporkannya ke Pak Kadus dan Pak Kades, dan beliau pun sudah berjanji untuk membantu si Mbok. Namun, sampai saat ini si Mbok belum mendapatkan jawabannya. Sedangkan suamimu sendiri dan istri barunya, tampak tak peduli dengan suara-suara miring para tetangga. Dan untuk lapor ke KUA, si Mbok tidak berpikir sampai ke situ, maafkan si Mbok,” tambah ibunya dengan suara yang terdengar bergetar.


7. Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Dengarkan nasihat yang baik dari orang-orang di sekitar kita, termasuk orang tua kita.
B. Janganlah terlalu mengatur kehidupan dan perekonomian anak yang sudah berkeluarga.
C. Siapa pun tetap akan berdosa apabila melawan kepada suami, apalagi kepada orang tua.
D. Seorang suami harus membiayai keluarga, setia terhadap istri, dan adil terhadap istrinya.
E. Orang tua hendaklah mengarahkan sesuatu yang baik kepada anaknya, bukan yang buruk.


Penjelasan jawaban pelajarancg: Amanat adalah pesan pengarang yang disampaikan kepada pembaca melalui karyanya. Pesan yang dimaksud seperti pesan orang tua kepada yang lebih muda atau pesan cinta. pesan moral dalam cerita yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca berupa nilai-nilai luhur yang bisa dijadikan teladan atau dijadikan contoh.


8. Cara pendeskripsian watak si Mbok seorang yang tidak berdaya adalah ...
A. secara langsung
B. dialog antartokoh
C. pikiran-pikiran tokoh
D. tanggapan tokoh lain
E. lingkungan di sekitar tokoh


9. Apa yang membuat Martini sedih terhadap suaminya?
A. Martini merasa marah, kecewa, terhadap sikap suaminya.
B. Rasa dendam Martini terhadap suaminya yang beristri lagi.
C. Rasa jengkel Martini terhadap suaminya yang tidak pulang.
D. Kemarahan suami Martini yang tidak terkendalikan.
E. Perasaan sangat malu Matini atas tingkah laku suaminya.


10. Cermati kutipan teks cerpen Berikut!


Tetapi, dari Lebaran ke Lebaran semakin banyak saja orang-orang yang datang ke tukang jahit itu. Cerita tentang jarum dan benang ajaib itu mungkin membuat banyak orang penasaran. Tapi barang kali pula karena dari Lebaran ke Lebaran memang semakin banyak orang yang kian tenggelam dalam kekecewaan. Mereka ingin menjahitkan kekecewaan mereka kepada tukang jahit itu. Mereka antre agar bisa menikmati kebahagiaan Lebaran. Dikutip dari: Agus Noor, “Tukang Jahit”dalam Cinta di Atas Perahu Cadik Cerpen Kompas Pilihan 2007


Kutipan teks tersebut merupakan struktur teks bagian ...
A. abstrak
B. orientasi
C. komplikasi
D. konflik
E. resolusi


Penjelasan jawaban pelajarancg: struktur teks resolusi artinya pemecahan masalah yang dihadapi para tokoh


Pelajari: BAHASA INDONESIA KELAS 7 BAB 2 MEMAHAMI DAN MENCIPTA CERITA FANTASI - UNSUR PEMBANGUN CERITA FANTASI


Catatan: Tulisan berwarna HIJAU adalah kunci jawaban dari soal-soal diatas pertanyaan pelajarancg.blogspot.com.

Pelajari: PELAJARAN BAHASA INDONESIA: MATERI SOAL TEKS PROSEDUR KELAS 7 SMP/MTS

Demikian beberpa contoh soal materi Bahasa Indonesia SD/ MI untuk Kelas 6 dengan wacana cerita pendek atau disingkat cerpen dalam mempersiapkan semesteran baik UAS, PTS, maupun penilaianan harian diserta kunci jawabannya dari pelajarancg.blogspot.com. Semoga memberikan manfaat bagi kamu yang membutuhkannya

Post a Comment for "PELAJARAN BAHASA INDONESIA: MATERI SOAL CERPEN KELAS 6 SD/MI"