5 DOA TERBAIK UNTUK PUASA

Pelajarancg: doa-doa ini untuk puasa sebelum, selama, dan di akhir waktu puasa.


Apakah Anda sedang berpuasa atau akan memulai puasa dan ingin mencari pertolongan Tuhan? Gunakan doa-doa ini untuk memandu waktu disiplin rohani atau fisik Anda, jadi yuk bersama pilih artikel Kurikulum pelajarancg.blogspot.com

https://pelajarancg.blogspot.com/


Apa itu Puasa? – Pengertian Puasa

Puasa adalah memilih untuk tidak melakukan sesuatu untuk jangka waktu tertentu.


Jenis puasa yang paling umum adalah puasa dari makanan yang dapat dilakukan karena berbagai alasan dan dengan berbagai cara, diantaranya adalah:
  • Puasa intermiten atau intermittent fasting adalah sejenis diet dengan siklus puasa, meliputi periode puasa dan makan. Biasanya para pegiat diet ini mengonsumsi sedikit atau tanpa kalori. Para ahli telah menghubungkan puasa intermiten dengan sejumlah manfaat kesehatan. Puasa Intermiten yang berarti memiliki periode waktu pada siang atau minggu ketika Anda makan dan waktu ketika Anda tidak makan. Pola yang umum adalah makan secara normal selama 6 hari dan berpuasa selama 24 jam pada satu hari dalam seminggu.
  • Makan dengan batasan waktu yaitu makan setiap hari tetapi hanya selama jangka waktu tertentu, kemudian berpuasa pada jam-jam lainnya. Salah satu pola umum adalah 16:8 yang berarti berpuasa selama 16 jam dan makan selama 8 jam setiap periode 24 jam.
  • Puasa air berarti hanya minum air selama periode puasa, tanpa cairan lain dan tanpa makanan. Puasa total (bahkan tidak cairan) tidak dianjurkan kecuali di bawah pengawasan dokter. Puasa air tidak boleh dilakukan lebih dari 24 jam tanpa pengawasan medis.
  • Puasa untuk menurunkan berat badan. Puasa sangat umum dengan diet ketogenik.
  • Puasa untuk penyembuhan atau pengobatan kanker. Penelitian menunjukkan manfaat kesehatan positif dari puasa yang dapat membantu meredakan gejala dan meningkatkan penyembuhan untuk berbagai penyakit dan bahkan kanker.
  • Puasa untuk prosedur medis. Seringkali, prosedur medis dan operasi mengharuskan Anda berpuasa sebelumnya. Gunakan doa-doa ini selama waktu itu.
  • Gunakan doa-doa di bawah artikel Kurikulum pelajarancg saat Anda memulai gaya makan baru yang membutuhkan kedisiplinan.



Puasa dari barang-barang selain makanan tidak umum tetapi dipraktikkan juga, termasuk:
  • Puasa untuk alasan spiritual, seperti selama Prapaskah, biasa dilakukan di gereja Katolik dan oleh orang Kristen lainnya. Puasa ini bisa dari makanan, jenis makanan tertentu, atau non-makanan. (Pelajari ucapan Paskah selama Anda berpuasa selama Prapaskah.)
  • Puasa untuk waktu doa dan terobosan spiritual. Ketika Anda membutuhkan bantuan Tuhan dengan masalah tertentu, puasa untuk waktu doa dapat memberikan arahan.



DOA-DOA PUASA

Apa pun jenis puasa Anda atau alasan di baliknya, masing-masing doa ini akan membantu Anda untuk berpuasa.


1. Doa Sebelum Puasa (Doa Jelang berpuasa)

Tuhan, saat saya memulai puasa kali ini, penuhi saya dengan kekuatan-Mu. Bantu saya untuk menggunakan ini sebagai waktu pertumbuhan, pembaruan, dan penyembuhan. Tenangkan kecemasan saya tentang apa yang mungkin saya lepaskan atau saat-saat ketidaknyamanan yang mungkin saya hadapi.


Berikan saya jaminan bahwa Anda akan menguatkan saya selama masa-masa sulit dan menemui saya untuk saat-saat manis pertumbuhan rohani dan penyerahan diri.


Bantu saya untuk tidak fokus pada apa yang diambil, tetapi apa yang saya peroleh saat saya menggunakan ini sebagai disiplin spiritual. Dengan Anda memimpin, Roh Kudus, saya siap.


Puasa ini kupersembahkan untuk-Mu, Tuhan, dan untuk kemuliaan-Mu.


Dalam nama Yesus aku berdoa, Amin.


2. Doa Saat Puasa (Saya Bersyukur atas Puasa Ini.)

Tuhan, aku sedang berpuasa.


Ada saat-saat yang lebih mudah dari yang saya harapkan. Keinginan saya tidak sekuat yang saya kira. Godaan yang saya takutkan… tidak terlalu buruk.


Di lain waktu, saya dibuat lengah oleh saat-saat yang saya pikir tidak akan menjadi masalah, dan sebaliknya mereka terbukti sangat sulit.


Saat ini, saya masih memiliki cara untuk pergi dan akhir terasa jauh. Beri aku kekuatan supranatural untuk terus berjalan dengan kuasa-Mu, Tuhan. Tumbuhkan saya dalam buah semangat yang saya butuhkan untuk menanggung ini, seperti kesabaran, kedamaian, dan pengendalian diri.


Dalam nama-Mu yang kudus saya mengajukan permohonan ini, Amin.


3. Doa Pengendalian Diri Saat Puasa

Tuhan, salah satu buah roh adalah pengendalian diri. Saya tahu saya tidak dapat mengembangkan ini sendiri tetapi saya berdoa agar dengan kuasa Roh Kudus Anda akan mengembangkan pengendalian diri dalam diri saya (Galatia 5:22-23).


Saya terutama membutuhkan pengendalian diri hari ini karena saya terlibat dalam puasa ini. Saya merasa seperti godaan ada di setiap sisi. Saat ini, tarikannya begitu kuat dan rasanya seperti keputusannya instan.


Ketika saya tergoda, tolong tunjukkan saya jalan keluar yang Engkau janjikan di Alkitab. Saya berpegang teguh pada janji itu sekarang (1 Korintus 10:13).


Saya ingin menindaklanjuti niat saya dan yang terpenting, Bapa, saya ingin membawa kemuliaan dan kehormatan bagi-Mu. Jika itu kehendak-Mu, beri aku kekuatan untuk tidak makan atau melakukan aktivitas yang membuatku berpuasa. Aku tahu aku bisa melakukan segala sesuatu melalui Engkau yang memberiku kekuatan (Filipi 4:13).


(Untuk lebih banyak dukungan selama puasa Anda, saran penulis blog kurikulum pelajarancg, bacalah ayat-ayat Alkitab ini tentang pencobaan.)


4. Doa Buka Puasa (Hikmat Mengakhiri Puasa)

Tuhan, waktu puasa saya akan segera berakhir.


Terima kasih telah memberi saya kekuatan untuk melakukan ini. Saya telah tumbuh dalam kekuatan dan dalam hubungan saya dengan-Mu. Saya tahu saya tidak akan pernah bisa melakukan ini dengan kekuatan saya sendiri.


Saat waktu pengekangan ini selesai, tuntunlah saya dalam langkah saya selanjutnya. Bantu saya bergerak perlahan dan lembut kembali ke pola perilaku yang teratur. Bantu saya untuk tidak menjadi gila dengan keinginan yang terpendam tetapi sebaliknya, bergerak dengan anggun dan niat.


Saya percaya bimbingan-Mu, Tuhan.


Dalam nama Yesus saya meminta ini, Amin.


5. Doa Syukur Setelah Puasa (Doa Saat Selesai Puasa)

Tuhan, terima kasih atas pelajaran yang Engkau ajarkan kepada saya selama puasa. Terima kasih atas cara Engkau menumbuhkan saya dalam buah roh seperti kesabaran dan pengendalian diri. Saya tahu saya tidak dapat menyelesaikan ini dengan kekuatan saya sendiri, tetapi hanya karena pekerjaan-Mu di dalam saya.


Bimbing diri saya saat saya bergerak maju. Jika keinginan-Mu untuk saya adalah berpuasa lagi, tunjukkan itu dengan jelas. Bantu saya untuk tidak melupakan puasa kali ini, tetapi gunakan pelajaran ini dalam kehidupan saya sehari-hari. Di atas segalanya, bantu saya menghormati dan melayani Anda dengan pilihan yang saya buat. Saya mencintai-Mu, Tuhan.


Amin.


Apakah Anda sedang berpuasa atau sudah pernah berpuasa? Apakah Anda menggunakan doa sebagai bagian dari latihan Anda? Beritahu Kurikulum tentang hal itu di komentar pelajarancg.blogspot.com


PELAJARI DOA HARIAN LEBIH LENGKAP UNTUK ANDA



TENTANG KURIKULUM PELAJARANCG:

Kurikulum Pelajarancg merupakan blog yang menulis pembelajaran dan mata pelajaran dari berbagai materi, termasuk contoh soal dan jawaban untuk ulangan harian. Selain itu, Kurikulum Pelajarancg juga membahas artkel doa-doa untuk puasa sebelum, selama, dan di akhir waktu puasa bagi umat beragama Kristen pengunjung pelajarancg.blogspot.com

Post a Comment for "5 DOA TERBAIK UNTUK PUASA"