3 TAHAPAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PADA KURIKULUM MERDEKA

https://pelajarancg.blogspot.com/
3 TAHAPAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PAD IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA *



Pelajarancg.blogspot.com: Pembelajaran sesuai tahap capaian belajar murid (teaching at the right level) adalah pendekatan belajar yang berpusat pada kesiapan belajar murid, bukan pada tingkatan kelas.


Kesiapan belajar murid yang dimaksud adalah agar setiap murid mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Olehkarenanya, Desain kurikulum, strategi belajar, dan kesempatan belajar dilakukan untuk menjamin tercapainya capaian pembelajaran atau disingkat CP.

Pelajari: Apa itu CP? Pengertian, Prinsip dan Tujuannya.

CP akan tercapai apabila pelaksanaan pembelajaran dan Asesmen pada Implementasi kurikulum merdeka dilakukan sesuai dengan tahap yang telah ditentukan. Berikut pembahasan 3 tahap, yakni Perencanaan, Asesmen Awal Pembelajaran, dan Pembelajaran sebagaimana telah dirangkum Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com.


TAHAPAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN

1. Perencanaan

Guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, yang mencakup rencana asesmen formatif yang akan dilakukan di awal pembelajaran dan asesmen sumatif di akhir pembelajaran.


2. Asesmen Awal Pembelajaran

Asesmen awal bertujuan untuk untuk menilai kesiapan masing-masing murid untuk mempelajari materi yang telah dirancang. Dengan demikian, guru bisa melakukan pengelompokkan murid berdasarkan tingkat kesiapan yang sama.


3. Pembelajaran

Selama proses pembelajaran, guru akan mengadakan asesmen formatif secara berkala. Di akhir proses pembelajaran, guru akan mengadakan asesmen sumatif sebagai proses evaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran. Asesmen ini juga bisa digunakan sebagai asesmen awal pada pembelajaran berikutnya.

Pelajari: RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP).

Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka

Kurikulum merdeka tidak dilaksanakan secara serentak dan massif, hal ini sesuai kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) yang memberikan keleluasaan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum. Beberapa program yang mendukung implementasi kurikulum merdeka (IKM) adalah adanya program Sekolah Penggerak (SP) dan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggula (SMK-PK) dimana Kemendikburistek pada program tersebut adalah memberikan dukungan dalam impelentasi kurikulum prototipe (KP) dari dua kegiatan tersebut didapatkan pengalaman yang baik dalam mengimplementasikan KP sehingga menjadi praktik baik dan konten pembelajaran dari implementasi KP pada SP/SMK-PK terdidentifikasi dengan baik dan dapat menjadi pembelajaran abgi satuan Pendidikan lainnya.


Penyedian dukungan implenetsi KP yang diberikan oleh Kemendikburistek adalah bagaimana kemendikbudritek memberikan dukungan pembelajaran Implementasi KP secara mandiri dan dukungan pendataan Implementasi KP jalur mandiri, dari dukungan tersesbut akan mendapatkan calon satuan Pendidikan yang terdata berminat dan akan memperoleh pendampingan pembelajaran untuk implementasi KP Jalur Mandiri, sehingga Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas serta aktor lain dapat mengadakan kegiatan berbagi praktik baik implementasi KP dalam bentuk seminar maupun lokakarya secara mandiri.


Hasil pendataan yang dilakukan oleh Kemendikburistek memperoleh data kesiapan satuan Pendidikan dalam mengimpelentasikan KP jalur mandiri, satuan Pendidikan akan memperoleh dukungan yang baik dari kemendikbudristek dalam menjalankan implementasi KP Jalur Mandiri. Praktik-praktik baik dan konten pembelajaran dari implementasi KP Jalur mandirii teridentifikasi dengan jelas sehiangga menjadi fokus pada pendampingan oleh kememdikbudristek. Satuan Pendidikan yang mengimpelentasikan KP jalur mandiri akan memperoleh pengalaman dalam implementasi KP Jalur Mandiri.


SP/SMK-PK yang telah mengimplementasikan KP dapat saling memberikan praktik baik dan pembelajaran, saling berbagi praktik baik sehingga terbentuk jejaring dukungan antar guru dan tenaga kependidikan untuk berbagi konten pembelajaran dan praktik baik implementasi KP secara luas, komunitas yang berkembang mendukung Ekosistem Siap Menerapkan Kurikulum Prototipe Secara Nasional pada 2024 yang secara massif.


Demikian artikel yang dirangkum Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com dari berbagai sumber, semoga bermanfaat: ***

Post a Comment for "3 TAHAPAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PADA KURIKULUM MERDEKA"