CARA MENYUSUN CERITA INSPIRATIF

Menyusun cerita inspiratif sama saja dengan cerita pendek lainnya lho sobat Pelajarancg. Kamu sering menyusun cerita saat berbincang dengan teman-teman. Cerita tentang saat pergi liburan bersama, saat syukuran di rumah teman, cerita yang berkaitan dengan susahnya soal ujian, dan pesta. Kita hampir selalu bercerita tentang apa saja. Jadi, menulis cerita harusnya tidaklah begitu sulit.


Pelajari lebih lanjut tentang alur di: https://pelajarancg.blogspot.com.
Bagaimana menulis cerita inspiratif?


Cerita dapat menggugah perasaan jika: (1) membawakan momen ”aha” kepada pembaca; (2) menyentak langsung hati dan pikiran pembaca/pendengar agar tetap semangat, menjadi lebih baik, berbuat lebih tulus dalam hidup; (3) cerita mudah dipahami meski bermakna mendalam. Menulis cerita inspiratif selain bermanfaat bagi orang lain juga bermanfaat untuk pengembangan diri sendiri.


Ada yang ingin diceritakan/disampaikan, inilah kunci atau tema cerita. Tentunya sesuatu yang menginspirasi. Cerita inspirasimu bisa saja berasal dari pengalaman nyata yang pernah kamu alami, atau cerita motivasi tentang orang lain yang telah memengaruhimu secara positif, misalnya gurumu yang penuh perhatian. Mungkin juga ceritamu bukan tentang orang, tetapi tentang hewan yang penuh kasih sayang, atau hasil imajinasi.


Ada banyak yang dapat menjadi sumber ide ceritamu. Tulis ceritamu sebagaimana kamu berbincang dengan temanmu dengan bahasa yang sederhana. Tidak perlu kata-kata bergaya atau menggunakan semua aturan tata bahasa yang rumit. Sederhana saja, sampaikan pesan dan emosimu sebagaimana kamu lihat dan rasakan. Hal ini akan membuat ceritamu alami dengan gayamu sendiri dan terkesan akrab.

Pelajari juga CARA MENYUSUN TEKS PIDATO YANG INSPIRATIF

Dilansir Kurikulum Pelajarancg.blogsot.com dari Buku Siswa Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9, Cerita inspiratif umumnya bertema ”kepahlawanan”. Tema kepahlawanan cukup beragam, mulai dari cerita semacam Si Pitung, Pangeran Diponegoro, Sang Pencerah, Sukarno, Superman, hingga Neil Armstrong yang berjalan di bulan. ”Perjalanan Sang Pahlawan” secara jelas terbagi atas tiga bagian wajib cerita inspiratif sebagai berikut.
  1. Awal (Seseorang memiliki tantangan atau kesulitan yang ingin atau harus diatasi)
  2. Tengah (Keputusan dan tindakan diambil sang tokoh pahlawan untuk mencapai tujuan. Kesulitan demi kesulitan sering dihadapi dalam menggapai sukses)
  3. Akhir (Sukses diraih dan ada hasil positif sebagai akibat keputusan dan tindakan sang tokoh)


Pelajari juga:


Penulis : Admin blog Kurikulum Pelajarancg.

Sumber : Trianto, Agus, Titik Harsiati, dan E. Kosasih. 2018. Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Itulah artikel cara mudah Menyusun cerita inspiratif yang sama saja dengan cerita pendek (cerpen) lainnya lho sobat pelajarancg.blogspot.com *))

Post a Comment for "CARA MENYUSUN CERITA INSPIRATIF"