Dirgahayu Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) Ke-60

Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) diawali pada tahun 1963 sejak kaum perempuan diberikan hak, kewajiban, dan kehormatan yang sama dengan kaum pria untuk ikut serta dalam bidang militer yakni bergabung organisasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL).


Kaum wanita kerap dipandang sebelah mata sehingga tidak terlihat potensi yang sebenarnya mereka punya karena sebenarnya para perempuan juga bisa turut andil dalam berbagai bidang, termasuk di kancah militer atau ketentaraan.


TNI-AL dibentuk tak lama setelah kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya tanggal 10 September 1945. Usulan dibentuknya Korps Wanita Angkatan Laut mulai muncul pada dekade 1960-an.


Tanggal 26 Juni 1962, Laksamana TNI R.E. Martadinata selaku Menteri/Panglima Angkatan Laut mengeluarkan Surat Keputusan mengenai pembentukan KOWAL untuk memberikan hak, kewajiban, serta kehormatan kepada wanita Indonesia yang ingin bergabung di bidang kemiliteran.


Anggota KOWAL pertama berjumlah 12 orang perempuan yang dilantik menjadi siswa resmi pada 5 Januari 1963. Inilah hari yang merupakan awal lahirnya Hari Korps Wanita Angkatan Laut atau KOWAL. Pada tahun ini KOWAL memperingati hari ulang tahun ke-60 yang mengusung tema “Profesionalisme dalam mengabdi, siap mendukung Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat”. Diperayaan ke-60 tahun ini Admin blog Kurikulum Pelajarancg mengucapkan Dirgahayu Korps Wanita Angkatan Laut Indonesia.


Kurikulum Pelajaran merupakan blog berkualitas dengan beragam pambahasan meteri kurikulum merdeka buat anak wanita maupun pria dari berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Kunjungi ulasan menarik soal Kurikulum terbaru dalam mendukung pulihnya kegiatan sekolah dengan mengunjungi tiap hari Kurikulum Pelajaran di https://pelajarancg.blogspot.com/ dan terimakasih telah KunjungiPelajarancg.

Post a Comment for "Dirgahayu Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) Ke-60"