LENGKAP! KUNCI JAWABAN BAHASA INDONESIA KELAS 5 HALAMAN 45-47 AYO KREASI PEMBELAJARAN 5 CONTOH PANTUN DAN MAKNANYA

Lengkap! Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 45-47 Ayo Berkreasi Pembelajaran 5 Contoh Pantun dan Maknanya.
Lengkap! Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 45-47 Ayo Berkreasi Pembelajaran 5 Contoh Pantun dan Maknanya. /Kemdikbud



Berikut ini adalah kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 45-47 Ayo Berkreasi Pembelajaran 5 Contoh Pantun dan Maknanya, simak agar nilai sobat pelajarancg maksimal.


Bagi siswa-siswi Kelas 5 SD, dalam artikel berikut ini kami akan membahas kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 45-47 Ayo Berkreasi Pembelajaran 5 Contoh Pantun dan Maknanya.


Artikel kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 45-47 Ayo Berkreasi Pembelajaran 5 Contoh Pantun dan Maknanya ini dibuat sebagai referensi siswa-siswi Kelas 5 SD saat belajar Bahasa Indonesia.


Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 45-47 Ayo Berkreasi Pembelajaran 5 Contoh Pantun dan Maknanya ini dibuat berdasarkan soal-soal yang ada di dalam Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 1 Cetakan Ke-2, 2017 Edisi Revisi.


Buku IPA Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 1 ini ditulis oleh Ari Subekti.


Berikut ini adalah soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 1 halaman 45-47 Ayo Berkreasi Pembelajaran 5 Contoh Pantun dan Maknanya.


Soal Buku IPA Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 1 halaman 45-47 Ayo Berkreasi Pembelajaran 5 Contoh Pantun dan Maknanya


Kamu telah memahami macam-macam pantun berdasarkan isinya. Sekarang, buatlah contoh dari keempat pantun tersebut! Tuliskan makna dari pantun yang kamu buat. Kemudian, bacalah di depan teman-teman dan gurumu!

Pelajari juga: MEMAHAMI MACAM-MACAM PANTUN BERDASARKAN ISINYA

1. Pantun Jenaka

Kapal berlayar di laut jawa
Nakhoda mengacungkan jempol
Adik menangis lalu tertawa
Melihat kakak masih mengompol



Makna pantun: anak kecil yang tadinya menangis menjadi tertawa karena melihat kakaknya mengompol


2. Pantun Nasihat

Merah muda baju si bibi
Di tangan ada bayam seikat
Masalah warga datang bertubi
Berkumpulah untuk mufakat



Makna pantun: setiap manusia hendaknya menyisakan waktunya untuk berkumpul bersama warga kampungnya. Berkumpul untuk membicarakan masalah bersama sehingga mencapai mufakat.


3. Pantun Teka-Teki

Ari menari sampur melebar.
Tersenyum ceria semua terhibur.
Berbadan besar telingannya lebar.
Hidungnya panjang suka menyembur?



Makna pantun: Binatang berbadan besar, telinga lebar, hidung panjang, suka menyembur adalah gajah.


4. Pantun Kiasan

Diam lisan banyak merenung.
Lompat tinggi anak tupai.
Hendak hati memeluk gunung.
Apa daya tangan tak sampai.



Makna pantun: Memiliki keinginan yang sangat besar namun sangat mustahil tercapai.


Keterangan Jawaban Pelajarancg.blogspot.com: Kunci Jawaban kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 45-47 Ayo Berkreasi Pembelajaran 5 Contoh Pantun dan Maknanya adalah dengan keterangan jawaban berwarna hijau. (*)

***)Penulis : Admin Blog Kurikulum Pelajarancg.

Pelajari juga: BUKU BAHASA INDONESIA KELAS 5 SD KURIKULUM MERDEKA UNTUK LINK DOWNLOAD BUKU SISWA DAN GURU

Sumber :

Subekti, Ari.2017. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Guru SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Subekti, Ari.2017. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Post a Comment for "LENGKAP! KUNCI JAWABAN BAHASA INDONESIA KELAS 5 HALAMAN 45-47 AYO KREASI PEMBELAJARAN 5 CONTOH PANTUN DAN MAKNANYA"