PENGERTIAN KEPEDULIAN SOSIAL DAN CONTOHNYA

pengertian-kepedulian-sosial-dan-contohnya


Kurikulum Pelajarancg - Kepedulian sosial adalah sebuah sikap keterhubungan dengan kemanusiaan pada umumnya, sebuah empati bagi setiap anggota komunitas manusia. Kepedulian sosial merupakan kondisi alamiah spesies manusia dan perangkat yang mengikat masyarakat secara bersama-sama (Adler, 1927: 72 dalam Sugiyarbini 2012).

Pelajari juga PELAJARI PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL BESERTA CIRI-CIRI DAN UNSUR PEMBANGUNNYA

Menurut Wardhani (2010) kepedulian sosial yaitu minat atau ketertarikan individu untuk membantu orang lain. Lingkungan terdekat kita yang berpengaruh besar dalam menentukan tingkat kepedulian sosial kita.


Berdasarkan pengertian yang sebutkan, kita bisa ambil kesimpulan bahwa kepedulian sebagai salah satu cara untuk memelihara hubungan dengan orang lain, dimana orang lain merasakan komitmen dan tanggung jawab pribadi atau individual.

Pelajari juga TEORI PSIKOLOGI INDIVIDU ALFRED ADLER

Lebih lanjut Alfred Adler berpendapat bahwa manusia adalah mahluk sosial yang bertanggung jawab. Ia percaya manusia sejak lahir dikarunia dengan kesadaran bersosial dan hanya keterpaksaan (kompensasi) yang membuatnya bertanggung jawab kepada manusia lain untuk dapat mencapai sebuah kesejahteraan yang baik bagi dirinya dan orang lain. Kesejahteraan tersebut mencakup dalam lingkungan tempat tinggal, lingkungan tempat bekerja/kantor, hingga lingkungan pendidikan/sekolah.


Contoh:


1. Dalam lingkungan tempat tinggal : Menyumbang dan melayat warga masyarakat yang meninggal. Menjenguk/membantu tetangga/warga masyarakat yang sakit. Membantu/menjadi orang tua asuh bagi anak dari keluarga yang tidak mampu.


2. Dalam lingkungan tempat bekerja/kantor : Sebagai senior, kita membina/membimbing staff dibawahnya. Membantu/menyumbang karyawan yang sakit. Berpartisipasi dalam kerja bakti kebersihan kantor dan lingkungan.


3. Dalam lingkungan pendidikan/sekolah : Mengadakan bimbingan/les siswa siswi yang lemah pada mata pelajaran tertentu. Mengadakan belajar bersama/study group. Memberikan informasi tentang kiat-kiat belajar yang efektif untuk mencapai sukses.


Penulis : Admin blog Kurikulum pelajarancg.blogspot.com.*

***) Dapatkan update infografis pilihan dan materi kurikulum terbaru setiap hari dari Pelajarancg.blogspot.com. Mari ikuti di Laman Instagram "Pelajarancg.blogspot.com kurikulum Pelajarancg", caranya klik link https://www.instagram.com/pelajarancg/, kemudian ikuti. Anda harus install aplikasi instagram terlebih dulu di ponsel supaya mendapatkan update tentang bahan pembelajaran dari Mapel lainnya.

Tags : #Sukses #Kurikulum Pelajarancg #pelajarancg.blogspot.com #kepedulian sosial #Definisi

Post a Comment for "PENGERTIAN KEPEDULIAN SOSIAL DAN CONTOHNYA"