SEJARAH PERINGATAN HARI PERSATUAN AHLI FARMASI INDONESIA

KURIKULUM PELAJARANCG - Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ke 77 tahun 2023 adalah salah satu hari penting di bulan Februari yang diperingati oleh pada Farmasi Indonesia dan Farmasis skala Nasional. Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang diperingati setiap tanggal 13 Februari ini dan Perayaan Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia pastinya memiliki cerita atau sejarah


Berikut sejarahnya.

PAFI
PAFI


Peringatan Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia dimulai pada tahun 1946 sejak dibentuknya Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Pembentukan organisasi profesi tempat berhimpun para tenaga ahli farmasi profesi Asisten Apoteker (AA) seluruh Indonesia yang sekarang disebut Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) ini bertujuan sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang Bakti Karyanya di bidang Farmasi. Selain itu, tujuan terbentuknya PAFI pada 13 Februari 1946 oleh Bapak Zainal Abidin adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia. Bahkan Ia berhasil diangkat menjadi Ketua PAFI pada masa tersebut.


Berdasarkan undang-undang, Farmasi merupakan profesi di bidang kesehatan yang bertanggung jawab atas kualitas (quality assurance) obat dan penggunaan kliniknya. Sementara secara harafiah, menurut Kamus Besar Bahasa Inonesia (KBBI), farmasi merupakan cara dan teknologi pembuatan serta cara penyimpanan, penyediaan dan penyaluran obat. Adapun istilah "kefarmasian", KBBI mendefinisikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan farmasi.

Pelajari juga : KODE ETIK GURU INDONESIA - PENGERTIAN, TUJUAN, DAN FUNGSI

Berdasarkan pengertian diatas, dapat penulis kurikulum Pelajarancg.blogspot.com simpulkan bahwa pengertian Farmasi adalah profesi kesehatan yang meliputi kegiatan di bidang penemuan, pengembangan, produksi, pengolahan, peracikan, informasi obat dan distribusi obat.


Adapun profesi kefarmasian bertugas mengeluarkan obat sesuai resep, atau perintah dokter. Menerima konsultasi pasien tentang penggunaan obat yang diresepkan. Berkomunikasi dengan dokter untuk meracik obat yang sesuai. Mengarahkan pasien ke obat yang dijual bebas untuk mengobati kondisi penyakit. Sementara ahli Farmasi Indonesia disamping tugas keseharian, tetap ikut serta mempertinggi taraf kesejahteraan umum, khususnya berhubungan dengan bidang Kesehatan Masyarakat dan Farmasi.


Untuk dipelajari sobat Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com bahwa Persatuan Ahli Farmasi Indonesia dibentuk sebagai wadah untuk menghimpun semua tenaga yang bakti karyanya di bidang Farmasi. Didorong oleh semangat, karya, tekad dan cita-cita yang kuat sebagai salah satu potensi pembangunan yang tidak pernah absen dalam perjuangan pembangunan, para Ahli Farmasi Indonesia membentuk wadah atau organisasi profesi ini sebagai organisasi yang bersifat Kekaryaan dan Pengabdian.


Saat ini, dengan adanya UU no 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan, yang awalnya anggota PAFI berisi gabungan lulusan sekolah farmasi setingkat SMA seperti Sekolah Asisten Apoteker (SAA), Sekolah Menengah Farmasi (SMF), Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi (SMKF) dan Lulusan Diploma Farmasi seperti D3 Farmasi, D3 Akademi Farmasi, D3 Anafarna berdasarkan UU Nakes tersebut status lulusan setingkat SMA bukan lagi menjadi Nakes Farmasi namun bergeser menjadi Asisten Tenaga Teknis Kefarmasian (ATTK). Dengan pergeseran status tersebut melalui Munaslub PAFI lulusan ATTK dan seluruh jenjang Diploma tetap bergabung kedalam anggota PAFI dengan visi Bersama Kita Bisa.


PAFI memiliki misi turut bersama memerangi obat ilegal, mencegah terjadinya penyalahgunaan obat dan penggunaan obat yang salah dengan menggalang kerjasama, koordinasi dan kooperasi bersama Organisiasi Profesi Kesehatan lain agar diperoleh derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, melalui Standar Profesi, Standar Praktik, Standar Prosedur Operasional yang berlaku serta menjunjung tinggi moral dan kode etik.

Pelajari juga : PENGERTIAN KURIKULUM MENURUT PARA AHLI

Demikian sobat Kurikulum Pelajarancg latar belakang sejarah pembentukan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Semoga bermanfaat. Untuk menyemarakan perayaan terbentuknya sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang Bakti Karyanya di bidang Farmasi, PAFI, Keluarga besar Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com menyampaikan ucapan Dirgahayu PAFI, Selamat Hari Jadi ke 77 Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, semoga semakin jaya dalam Kekaryaan Pengabdian dan turut serta dalam pembangunan bangsa.***

Post a Comment for "SEJARAH PERINGATAN HARI PERSATUAN AHLI FARMASI INDONESIA"