PENGERTIAN ASESMEN NASIONAL



Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam meningkatkan mutu pendidikan yang mengacu pada input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Mutu satuan pendidikan dinilai dari hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.


Dilansir kurikulum Pelajarancg.blogspot.com dari laman Kemendikbudristek, pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id berikut pengertian-pengertian terkait ketiga instrumen tersebut:


AKM adalah singkatan dari Asesmen Kompetensi Minimum. Mengutip Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud, AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.



Survei Karakter adalah upaya untuk mengetahui kondisi ekosistem karakter para siswa di sekolah terkait apakah asas Pancasila benar-benar dirasakan para siswa dalam interaksi di sekolah. Hasil Survei Karakter dapat digunakan sebagai umpan balik untuk mengembangkan karakter secara holistik.


Dan survei Lingkungan Belajar merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi aspek pendukung kualitas pembelajaran di suatu lingkungan sekolah. Survei ini diisi secara online di surveilingkunganbelajar. kemdikbud.go.id.


Dilansir kurikulum Pelajarancg.blogspot.com dari laman Kemendikbudristek, bahwa Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid.


Sementara Pembentukan karakter peserta didik dikembangkan melalui tahap pengetahuan (knowing), pelaksanaan (acting), dan kebiasaan (habit). Pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan secara terpadu pada setiap kegiatan sekolah.


Di sekolah, Guru sebagai pendidik; bertugas untuk mendidik peserta didik, ia merupakan tokoh penting dalam membentuk karakter seseorang dimasa depan. Guru menjadi tokoh yang menanamkan nilai-nilai terpuji bagi siswa, memperbaiki perilaku yang buruk menjadi benar dan menjelaskan apa yang harus dan tidak harus dilakukan.

Pelajari selengkapnya MENGENAL 3 JENIS ASESMEN BERIKUT CARA MENGGUNAKANNYA PADA PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM MERDEKA

Ini juga menjelaskan bagaimana Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam meningkatkan mutu pendidikan yang mengacu pada input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.***

Post a Comment for "PENGERTIAN ASESMEN NASIONAL "