Manfaat dan Cara Menjaga Keragaman Sosial Budaya, Penting diketahui

Negara kita merupakan negara yang kaya kebudayaaan. Indonesia memiliki keragaman sosial budaya yang sangat tinggi


Pelajarancg.blogspot.com - Negara kita merupakan negara yang kaya kebudayaaan. Indonesia memiliki keragaman sosial budaya yang sangat tinggi. Hal ini memberikan manfaat penting bagi bangsa Indonesia, maupun bagi dunia. Manfaat-manfaat tersebut memberikan nilai positif untuk Indonesia. Apa saja manfaat keragaman sosial budaya di Indonesia? Agar lebih mengetahui, yuk sobat Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com kita simak satu per satu!

Pelajari juga PENGERTIAN DAN TUJUAN INTERAKSI SOSIAL, PERLU DIKETAHUI

Membuka Pemahaman Berkebangsaan

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara. Warga negara Indonesia bersifat heterogen dan memiliki budaya yang beraneka ragam. Keberagaman budaya Indonesia dipengaruhi oleh kondisi geografis dan jumlah penduduk yang mencapai 200 juta orang lebih. Warga negara Indonesia yang tersebar di masing-masing pulau memiliki ciri khas budayanya masing-masing. Oleh karena itu, warisan budaya dari berbagai macam etnis, suku dan bahasa menyebar di seluruh tanah air Indonesia.

Pelajari juga PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL MENURUT AHLI

Keberagaman budaya adalah keseluruhan struktur-struktur sosial dan religi yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, adat istiadat yang ada di masyarakat. Hal ini menjadi warisan dari generasi ke generasi. Manfaat keberagaman budaya ini adalah adanya akulturasi budaya, tetap mempertahankan ciri khas masing-masing, dan memperkaya keanekaragaman budaya di Indonesia menjadi semakin kaya. Keberagaman budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia menjadi identitas bangsa. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang unik karena bisa hidup rukun dalam satu negara yang terdiri dari berbagai budaya.


Menumbuhkan Sikap Nasionalisme

Perbedaan budaya yang ada akan menciptakan rasa cinta tanah air karena keanekaragaman budaya adalah suatu kekayaan yang dimiliki suatu negara. Pendapatan negara tidak hanya dipengaruhi oleh hasil tambang sebagai komoditas ekspor utama, faktor budaya juga menjadi daya tarik dan kekayaan yang bida dimiliki suatu bangsa. Budaya mengajarkan nilai-nilai luhur yang memiliki keunikan dan kegunaannya masing-masing. Hal ini lah yang meningkatkan rasa bangga bangsa Indonesia yang kemudian menumbuhkan sikal cinta tanah air (nasionalisme).

Pelajari juga DEFINISI MASALAH SOSIAL MENURUT AHLI


Identitas Bangsa di Mata Internasional

Keberagaman budaya yang ada bisa menjadi identitas diri suatu bangsa. Candi Borobudur merupakan tempat ibadah agama Buddha yang terbesar di dunia, komodo merupakan hewan langka yang hanya dapat ditemukan di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bunga raflesia merupakan bunga terbesar yang mencadi ciri khas bangsa Indonesia. Elang jawa merupakan burung khas Indonesia yang diidentikkan dengan burung garuda, lambang negara Indonesia. Ciri khas tersebut dapat kita kenalkan kepada dunia Internasional.


Memupuk Sikap Toleransi yang Semakin Mempersatukan Bangsa

Beberapa wilayah di Indonesia memiliki beberapa Bahasa daerah yang menambah kekayaan perbendaharaan Bahasa. Keunikan ini merupakan kekayaan yang tidak dimiliki negara lain. Semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” merupakan semboyan bangsa Indonesia yang menjadi simbol kerukunan di Indonesia yang sangat menarik di mata dunia. Dengan kesadaran akan keberagaman budaya yang baik akan meningkatkan sikap toleransi dan rasa tolong-menolong antar anggota masyarakat.


Ikon Pariwisata Indonesia

Keberagaman budaya dapat menjadi daya tarik dalam bidang pariwisata. Bangunan peninggalan masa lalu, tarian, Bahasa, dan cagar budaya bisa menjadi objek wisata yang bisa mendatangkan wisatawan, baik domestik maupun wisatawan asing. Pemanfaatan bidang pariwisata ini secara tidak langsung dapat meningkatkan devisa negara.


Meningkatkan Pendapatan Nasional

Banyaknya wisatawan domestik dan mancanegara jika dikelola dengan baik akan mendatangkan keuntungan yang masuk kas negara. Oleh karena itu, pendapatan negara di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan bertambah dan bisa digunakan untuk pembangunan bangsa.

Pelajari juga KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DI INDONESIA

Sumber Pengetahuan Bagi Dunia

Dengan adanya berbagai macam budaya yang unik dari Indonesia akan menjadi kekayaan bagi dunia. Banyak hal yang dapat dipelajari dari berbagai kehidupan budaya bangsa Indonesia. Hal tersebut meningkatkan sumber pengetahuan yang dapat dipelajari oleh semua orang, bahkan bangsa lain. Hal ini terbukti banyak orang yang datang ke Indonesia untuk belajar tentang makna dan cara berbudaya bangsa Indonesia. Bentuk peninggalan budaya juga bisa dipelajari oleh masyarakat dan generasi penerus. Keberagaman itu menjadi penting dan berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan maka sangatlah penting untuk dilestarikan, terutama Negara kita merupakan negara yang kaya kebudayaaan.

Pelajari juga PERWUJUDAN SIKAP TOLERANSI DALAM KEBERAGAMAN YANG PERLU PELAJARI

Jadi itulah bahasan mengenai manfaat dan cara menjaga keragaman sosial budaya yang sangat penting diketahui, sobat Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com! semoga bermanfaat!!!

Post a Comment for "Manfaat dan Cara Menjaga Keragaman Sosial Budaya, Penting diketahui"