LOGO DAN TEMA HARI GURU NASIONAL 2023

Logo dan tema Hari Guru Nasional Tahun 2023. Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. Sebelumnya, tanggal 25 November juga diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).


Posts Kurikulum Pelajaran kali ini akan share mengenai logo dan tema Hari Guru Nasional 2023. Sedang sharing mengenai pedoman pelaksanaan upacara Hari Guru Nasional akan dipost juga namun dalam artikel tersendiri.

Pelajari juga 2 DOA BELAJAR YANG DAPAT DIAMALKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Hari Guru Nasional memiliki sejarah yang panjang. Dimulai dengan berdirinya Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912 yang beranggotakan para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah. Organisasi ini selain memperjuangkan nasib para anggotanya dan kesamaan hak dan posisi antara guru pribumi dengan Belanda, juga menumbuhkan kesadaran akan cita-cita kemerdekaan. Hingga tahun 1932 nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).


Pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta diselenggarakan Kongres Guru Indonesia. Salah satu hasilnya adalah terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sehingga kemudian setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).


Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 1994, pemerintah menetapkan 25 November bukan hanya sebagai Hari Ulang tahun PGRI namun sekaligus sebagai Hari Guru Nasional. Terutama seiring berkembangnya, organisasi profesi guru di Indonesia kini tidak hanya PGRI saja.


1. Logo Hari Guru Nasional 2023

Logo Hari Guru Nasional, sebagaimana Surat Edaran Menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi Republik Indonesia Nomor: 36927/MPK.A/TU.02.03/2023 tertanggal 26 Oktober 2023 adalah sebagai berikut.

Logo Hari Guru Nasional 2023


Logo berupa elemen berupa figur pak guru, Ibu guru, serta siswa dan siswi yang tampak ceria dalam menjalankan pembelajaran. Di bagian samping tertulis HARI GURU NASIONAL 2023.


Untuk logo Hari Guru Nasional 2023 dengan resolusi yang lebih besar dalam format JPEG PNG dan CDR (CorelDraw) dapat diunduh dengan kunjungi blog https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/10/pedoman-peringatan-hari-guru-nasional-tahun-2023


2. Tema Hari Guru Nasional 2023

Sebagaimana dilansir Kurikulum Pelajaran dari laman www.kemdikbud.go.id (situs resmi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknolog RI), tema yang diangkat dalam peringatan Hari Guru Nasional tahun 2023 adalah guru "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar"

LOGO DAN TEMA HARI GURU NASIONAL 2023


Pelajari juga



Logo dan tema Hari Guru Nasional 2023 ini selain untuk mempelajarinya juga diharapkan mampu memotivasi seluruh komponen pendidikan mulai dari guru, peserta didik hingga orang tua yang bersinergi menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta guna memberikan hasil yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia.


Akhirnya, selamat Hari Guru Nasional 2023!


Tag Guru Indonesia

Post a Comment for "LOGO DAN TEMA HARI GURU NASIONAL 2023"