PENGERTIAN CUACA & IKLIM

Indonesia beriklim tropis, karena Indonesia dilalui garis khatulistiwa. Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Setiap musim cuacanya berbeda ini mencakup pengertian bahwa cuaca adalah sangat mempengaruhi kegiatan manusia.


Tahukah kamu macam macam cuaca?


Manusia hidup di bumi. Bumi adalah planet tempat tinggal manusia, bumi selalu berputar pada porosnya. kajadian itu membuat terjadinya siang dan malam. Pada siang hari kita melihat matahari sedangkan malam hari kita melihat bulan.


Pengertian Cuaca & Iklim
gambar cuaca


Tahukah kamu apa itu cuaca?


Cuaca adalah keadaan udara pada waktu tertentu. Siang dan malam memiliki cuaca yang berbeda. Siang hari matahari besinar terang, siang hari cuacanya panas. Malam hari matahari tidak tampak, Malam hari cuacanya dingin.


Indonesia memiliki dua musim, ada musim kemarau dan musim penghujan. Setiap musim memiliki cuaca yang berbeda karena cuaca sanagt menentukan kegiatan manusia.


Cuaca sangat menentukan kegiatan manusia, cuaca di Indonesia bermacam-macam, ada cuaca cerah, berawan, mendung dan hujan.


Saat musim kemarau matahari bersinar terang, musim kemarau jarang turun hujan, cuacanya cerah panas dan berawan. Musim kemarau panjang menyebabkan kekeringan, air susah didapatkan, tanaman dan hewan mudah mati, tanah menjadi keras dan pecah-pecah.


Saat musim hujan cuacanya dingin hampir setiap hari terlihat mendung. Saat hujan sering terlihat petir. Petir memiliki suara yang sangat keras, hujan membuat tanah menjadi subur, hujan juga dapat menyebabkan banjir.


Kiat harus selalu bersyukur, kemarau maupun penghujan adalah anugerah Tuhan.

Post a Comment for "PENGERTIAN CUACA & IKLIM"