MATERI PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA DARI PEMBELAJARAN 3 TEMA 9

pelajarancg.blogspot.com, Berdasarkan buku Siswa kelas 4 SD/MI Semester Genap Pembelajaran 3 tema 9 subtema 3 tentang Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia untuk kompetensi dasar IPS diharapkan pelajar bisa mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. Selain itu menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi sebagai apresiasi yang dituangkan dalam Materi Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia dalam tema 9 dengan subtema 3.


PEMBELAJARAN 3 TEMA 9 SUBTEMA: PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA


Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam menjaga kelestarian alam Indonesia. Hal ini akan berdampak pada anak keturunan kita kelak. Usaha pelestarian lingkungan yang kita lakukan hari ini akan dituai kelak oleh generasi penerus bangsa. Untuk itu, mari kita jaga dan lestarikan sumber-sumber daya alam yang ada di negara kita ini!

Materi Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia dari Pembelajaran 3 tema 9

Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema: Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam. Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ini sangat berpengaruh terhadap lingkungan. Pengelolaan dan pemanfaatan yang tidak memerhatikan kelestarian tentu akan merusak lingkungan dan berakibat buruk juga terhadap kehidupan manusia.


Manusia selalu membutuhkan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seiring dengan laju pertambahan penduduk yang semakin meningkat maka pemenfaat tumbuhan dan hewan pun semakin meningkat pula. Namun, dalam pengelolaan dan pemanfaatannya sebagian manusia ada yang bertindak serakah. Menebang pohon sembarangan tanpa diiringi usaha penanaman kembali. Hewan diburu dan ditangkap tanpa aturan. Akibatnya, sejumlah tumbuhan dan hewan terancam punah.


Manusia juga memanfaatkan tanah dan kandungan bahan tambang di dalamnya. Demi mendapatkan bahan tambang tersebut, manusia mengadakan penggalian secara besar-besaan. Hal tersebut menyebabkan penurunan kendungan kesuburan tanah akibat pembukaan lahan yang semakin luas.


Kegiatan penggalian diikuti dengan pengolahan bahan-bahan tembang menggunakan bahan-bahan kimia. Pembuangan limbah bahan kimia dapat mencemari tanah dan air di sekitarnya. Hal tersebut berakibat tanah menjadi tercemar dan tandus, sehingga tumbuhan tidak bisa lagi tumbuh di atas lahan tersebut.


Pemanfaatan dan pengolahan sumber daya alam yang tidak memikirkan kelestarian lingkungan sangat berdampak merugikan manusia. Sumber daya alam yang didapat manusia begitu cepat tetapi kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akan berakibat buruk kepada manusia juga. Hal tersebut dapat menyebabkan bencana alam dan mengancam kepada manusia.Oleh karena itu, pemanfaatan dan pengolahan harus sejalan dengan upaya pelestarian lingkungan sehingga dapat terus bermanfaat bagi kehidupan manusia.

https://pelajarancg.blogspot.com/


Kini saatnya diskusikan bersama teman-temanmu tindakan apa yang harus kita lakukan untuk melestarikan kekayaan alam Indonesia!


Setelah kamu mempelajari tentang kekayaan alam Indonesia yang begitu berlimpah. Tentu kita ingin kekayaan ini tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang. Namun, ada saja ulah manusia yang tidak bertanggung jawab demi keuntungan pribadi.



Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema: Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Sebelumnya kamu telah mempelajari tentang hak dan kewajiban masyarakat. Setiap orang mempunyai hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban meliputi semua kehidupan masyarakat. Kita harus menjalankan kewajiban dengan baik agar kita bisa mendapatkan hak. Kita juga harus menjalankan kewajiban kita terkait air bersih agar kita bisa mendapatkan hak kita yaitu mendapatkan air bersih.


Untuk mempelajari tentang hak dan kewajiban kami telah menulis di:


Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema: Sumber Daya Energi dan Manfaatnya

Indonesia memiliki berbagai sumber daya energi yang dapat dimanfaatkan. Contohnya, minyak bumi. Minyak bumi dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bensin, pelumas, lilin, dan plastik. Akan tetapi, penggunaan sumber energi secara terus-menerus tanpa adanya upaya penghematan akan menyebabkan ketersediaan minyak bumi di alam akan habis.


Salah satu upaya menghemat pemnggunaan sumber energi adalah menggantikannya dengan sumber energi alternatif. Apakah yang dimaksud sumber energi alternatif?


Pengertian sumber energi alternatif adalah energi yang menggunakan bahan bakar yang bukan berasal dari bahan bakar fosil dan ramah lingkungan untuk menggantikan energi dari minyak bumi.


Beberapa contoh energi alternatif antara lain matahari, angin, air, panas bumi, biogas, dan biomassa.


Alam menyediakan berbagai sumber energi alternatif yang tidak akan habis. Adapun pembahasan tentang sumber alternatif tersebut telah kami bahas oleh sebab itu silahkan kunjungi. Pengertian Sumber Energi Alternatif: Contoh serta manfaat Sumber Energi Alternatif.


Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema: Pelestarian Sumber Daya Alam

Melestarikan Sumber daya alam merupakan kewajiban seluruh anggota masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar sumber daya alam tetap bisa lestari dan bisa dimanfaatkan. Namun melestarikan kekayaan sumber daya alam bukanlah milik satu orang saja. Seluruh Masyarakat wajib melakukannya secara bersama-sama dan saling menunjukkan sikap persatuan dan kesatuan.


Dengan persatuan dan kesatuan, maka kelestarian lingkungan akan lebih mudah dijaga dan lebih cepat terwujud.


Beberapa contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam melestarikan sumber daya alam, yaitu:
  1. Kerja bakti membersihkan selikan yang penuh sampah
  2. Bergotong royong membersihkan sungai dari tumpukan sampah.
  3. Bergotong royong membangun sarana kebersihan.
  4. Menanam bibit pohon di taman.
Timbulnya bencana, salah satunya disebabkan oleh sebagian besar masyarakat yang tidak melaksanakan hak dan kewajibannya secara seimbang terhadap lingkungan alam sekitar.


Mereka banyak membuat kerusakan tanpa mau melakukan usaha-usaha pelestarian, Bencana apa saja yang bisa timbul jika manusia melakukan kerusakan terhadap lingkungan alam sekitar?
https://pelajarancg.blogspot.com/

Pelajari:


SOAL

Untuk lebih memahami materi "Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia" maka reungkan soal dan wacana berikut!

1. Kegiatan manusia dapat memengaruhi keseimbangan lingkungan. Kegiatan tersebut adalah penggundulan hutan, eksploitasi yang berlebihan, dan pencemaran. Sebutkan pengaruhnya!!

2. Beberapa sumber energi alternatif di Indonesia adalah matahari, angin, air mengalir, panas bumi, biogas, biomassa dan gelombang laut. Bagaimana cara melestarikan dan menjaganya!!

3. Jelaskan contoh tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.

4. Carilah informasi mengenai cara melestarikan sumber daya alam di Indonesia dan silahkan berbagi dengan kami pada kolom komentar mengenai informasi tersebut.


Demikianlah artikel rangkuman materi tentang pelestarian kekakayaan sumber daya alam (SDA) di Indonesia dari pembelajaran 3 tema 9 Kelas 4 SD/MI dalam ringkasan pelajarancg.blogspot.com, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "MATERI PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA DARI PEMBELAJARAN 3 TEMA 9"