LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL (HARKITNAS) 2022

Logo dan Tema Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 114 Tahun 2022. pelajarancg.blogspot.com - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tanggal 20 Mei oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya Persatuan serta untuk memperingati peristiwa Kebangkitan Nasional Indonesia. Menurut sejarah singkatnya Penetapan Hari Kebangkitan Nasional dilatarbelakangi oleh masa di mana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan Negara Indonesia. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928).


Pada tulisan kali ini Kurikulum Pelajaran akan membahas mengenai Logo dan Tema Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 114 Tahun 20 Mei 2022. Sedang tulisan Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022 telah dipelajari dalam artikel tersendiri.


Peringatan Harkitnas memiliki sejarah yang panjang. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 20 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari ulang tahun berdirinya Boedi Oetomo karena kebangkitan pergerakan nasional Indonesia bukan berawal dari berdirinya Boedi Oetomo, tetapi sebenarnya diawali dengan berdirinya Sarekat Dagang Islam pada tahun 1905 di Pasar Laweyan, Solo, namun diluar semua itu lebih merupakan sebuah momentum untuk membangkitkan terus rasa dan semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan Negara Indonesia bukan sekedar kata bijak maupun ucapan selamat saja.


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Hal ini dimaksudkan agar membangkitkan terus serta mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan pahlawan Indonesia termasuk Budi Utomo juga tokoh-tokoh yang mempolopori Kebangkitan Nasional, antara lain yaitu : Sutomo, Dr. Tjipto Mangunkusumo, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD: Suwardi Suryaningrat, sejak 1922 menjadi Ki Hajar Dewantara), Dr. Douwes Dekker, dan Lain-Lain.

LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL (HARKITNAS) 2022


Adapun Tujuan peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2022 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-rotong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid- 19 dalam “Ayo Bangkit Bersama”.


Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi bagian penting dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dalam membangun kebangkitan untuk persatuan menuju bangsa berprestasi melalui dasar dan arah bangsa berkelanjutan. Jadi “Ayo Bangkit Bersama” agar Indonesia kembali jaya, semangat ini lah yang akan kita bawa pada 114 Tahun Hari Kebangkitan.



1. LOGO PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL (HARKITNAS)2022

Logo Peringatan Harkitnas ke 114 Tahun 2022, adalah sebagai berikut.

Gambar tema peringatan Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional) 2022 dan logo


Pelajari:




2. TEMA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL (HARKITNAS) 20 MEI 2022

Sebagaimana ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO), tema yang diangkat dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 114 Tahun 20 Mei 2022 adalah "Ayo Bangkit Bersama”. Jadi dengan tema ini “Ayo Bangkit Bersama” agar Indonesia kembali jaya, semangat inilah yang akan kita bawa pada 114 Tahun Hari Kebangkitan ya sahabat pelajarancg.blogspot.com.



3. MAKNA LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL (HARKITNAS) 2019

Adapun memaknai Harkitnas tahun 2022 yang ke 144, apabila mempelajari dari tema ini dapat artikan bahwa Kita harus mendukung pemerintah Indonesia agar mampu beradaptasi dengan cepat dan melewati masa-masa krisis. Jangan biarkan keadaan membelenggu kita dalam masa-masa sulit. Kita tidak akan pernah bergerak dan berubah bila hanya saling menunjuk. Inilah hakekat semangat yang menjadi makna sesungguhnya bukan sekedar kata ataupun ucapan semata.


Akhir kata dari pembahasan pelajarancg mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke 144 thn 2022 untuk miliki semangat juang untuk membebaskan diri dari pandemi yang diakibatkan Covid-19!!!!!

Post a Comment for "LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL (HARKITNAS) 2022"