LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI IBU (PHI) 2019

Pelajarancg: Logo dan Tema Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-91 Tahun 2019. Peringatan Hari Ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember dari latar belakang sejarah berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari Ibu.


Pada tulisan kali ini Kurikulum Pelajarancg akan membahas mengenai logo dan tema peringatan Hari Ibu (PHI) 2019. Sedang tulisan pedoman penyelenggaraan peringatan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-91 Tahun 2019 akan dibahas dalam artikel tersendiri.


Peringatan Hari Ibu (PHI) memiliki sejarah yang panjang. Secara singkat dalam catatan sejarah Nasional, tekad dan perjuangan kaum perempuan Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan dan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur, telah dinyatakan semenjak Kongres Perempuan Indonesia yang pertama kali pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta.


Pada Kongres Perempuan Indonesia ke III tahun 1938 di Bandung ditetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Kemudian oleh pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional Yang Bukan Hari libur, Hari Ibu tanggal 22 Desember dijadikan hari nasional yang diperingati setiap tahun secara khidmat dan penuh makna oleh segenap bangsa Indonesia. Tahun 2019, Hari Ibu diperingati untuk yang Ke-91 kalinya.


Puncak acara PHI ke-91 akan dilaksanakan di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah, sedangkan pelaksanaan di provinsi, kabupaten/kota dan perwakilan Indonesia di luar negeri diselenggarakan berdasarkan pedoman ini, serta disesuaikan dengan kondisi dan situasi setempat. Keterlibatan semua pihak dalam PHI ke-90 akan memperkuat dan mendorong tekad dan perjuangan kaum perempuan Indonesia.


1. LOGO PERINGATAN HARI IBU (PHI) 2019

Logo Peringatan Hari Ibu (PHI) secara resmi telah dirilis, sebagaimana Surat Edaran Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam Pedoman Penyelenggaraan PHI Ke-91 Tahun 2019 yang ditandatangani oleh Panitia Nasional tanggal 18 November 2019 adalah sebagai berikut.




Logo PHI ke-91 Tahun 2019

LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI IBU (PHI) 2019


Arti Logo Hari Ibu

Setangkai Bunga Melati
  • Kuntum menggambarkan :
    1. Kasih sayang kodrati antara ibu dan anak;
    2. Kekuatan, kesucian antara ibu dan pengorbanan anak;
    3. Kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.
  • Angka 91
    Sembilan puluh satu tahun sudah para perempuan Indonesia yang tergabung dalam berbagai organisasi dan lembaga swadaya masyarakat, baik secara kelompok maupun individu, turut berpartisipasi aktif membangun bangsa di berbagai sektor.
  • Warna birulaut pada angka 91
    Melambangkan semangat bangsa Indonesia dalam memajukan kemaritiman.
  • Merah Putih Berkibar
    Melambangkan bahwa bendera telah dikibarkan oleh paraperempuan Indonesia, berarti perjuangan perempuan pantang menyerah mempertahankan dan mengisi kemerdekaan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.
Untuk logo Peringatan Hari Ibu (PHI) 2018 dalam format PDF, JPEG dan PNG dapat di download dengan mengklik TAUTAN INI.



2. TEMA PERINGATAN HARI IBU (PHI) 2019

Sebagaimana Kurikurum Pelajarancg.blogspot.com kutip dari laman www.kemenpppa.go.id (situs resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI) untuk Juknis Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019, tema yang diangkat adalah "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju".



Tema dan Logo Peringatan Ke-91 Hari Ibu Tahun 2019 ini diharapkan mampu memotivasi juga diharapkan dapat mendorong peningkatan peran serta kemitraan antara perempuan dan laki-laki dalam melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa untuk mengisi kemerdekaan.


Baca: LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI IBU (PHI) 2018



3. MAKNA, TEMA DAN LOGO PERINGATAN HARI IBU KE-91 TAHUN 2019

Menyambut 2019, 22 desember sebagai peringatan Hari Ibu, berikut beberapa makna kegiatan acara Nasional PHI tersebut.

1.    Peringatan Hari Ibu ke-91 menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.


2. Sesungguhnya perjuangan meningkatkan peranan dan kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masih panjang, namun keberhasilan yang telah dicapai selama ini hanyalah langkah awal dalam menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.


3. Peringatan Hari Ibu ke-91 merupakan momentum untuk merenungkan peran perempuan dalam memperjuangkan peranan dan kedudukannya yang menggambarkan semangat nasionalisme perempuan berdaya untuk menuju Indonesia maju.


Akhir kata dari pembahasan pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat hari Ibu! untuk kaum perempuan Nasional khususnya mama, emak, mami, juga Ibu-ibu di seluruh Indonesia maupun dunia.

Post a Comment for "LOGO DAN TEMA PERINGATAN HARI IBU (PHI) 2019"