HARI GINJAL SEDUNIA DIPERINGATI PADA 12 MARET

Kurikulum Pelajarancg: Hari Ginjal Sedunia dalam bahasa Inggris: world kidney day diperingati pada 12 Maret, hari perayaan tahunan oleh Masyarakat Internasional termasuk Indonesia untuk untuk meningkatkan kesadaran dunia global akan pentingnya kesehatan ginjal.


Hari Ginjal adalah istilah umum untuk hari-hari sejarah yang diperingati dengan berfokus pada aspek pencegahan penyakit ginjal dan komplikasi terkait sepanjang tahun. Beberapa hari ini memiliki makna adalah kampanye kesadaran global untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ginjal bagi kesehatan kita dan untuk mengurangi dampak penyakit ginjal dan masalah kesehatan terkaitnya di seluruh dunia, sebagai tujuannya. Biasanya, ini adalah hari edukasi atau pendidikan dan mengadvokasi praktik terbaik dalam mendeteksi dan mengelola secara efektif penyakit ginjal dan gagal ginjal.


SEJARAH HARI GINJAL SEDUNIA

Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) dalam catatan sejarah pertama kali diusulkan oleh Joel Kopple, seorang pendiri IFKF (Internasional Federation of Kidney Foundation), pada Tahun 2003. Ia berpendapat bahwa penyakit ginjal kronik adalah masalah kesehatan masyarakat yang sangat kurang mendapat perhatian dari pemerintah, terbukti dengan jarangnya dilakukan kegiatan yang berhubungan dengan masalah kesehatan ginjal. Usulan tersebut baru disetujui oleh ISN (Internasional Society of Nephrology) pada tahun 2005. Akhirnya peringatan WKD I jatuh pada tanggal 7 Maret 2006 dan akan diperingati setiap tahun pada hari Kamis minggu kedua bulan Maret. Menurut situs resmi worldkidneyday.org, pada 2006 Hari Ginjal Internasional pertama diperingati dengan mengangkat tema: "Apakah ginjal Anda baik-baik saja?" pada 7 Maret. Hari Ginjal Sedunia adalah inisiatif bersama dari Perhimpunan Nefrologi Internasional (International Society of Nephrology: ISN) dan Federasi Internasional Yayasan Ginjal (the International Federation of Kidney Foundations: IFKF). Dan pada tahun ini jatuh pada hari ini Kamis tanggal 12 Maret 2020.


Di seluruh dunia, Hari Ginjal sedang dirayakan pada hari kamis 12 Maret 2020 tahun ini dengan tema "Kesehatan Ginjal untuk Semua Orang Di Mana Saja: dari Pencegahan hingga Deteksi dan Akses yang Adil ke Perawatan".


Tema Hari Ginjal 2020 menyerukan perlindungan kesehatan universal (UHC) untuk pencegahan dan pengobatan dini penyakit ginjal dengan memastikan akses universal, berkelanjutan, dan merata ke layanan kesehatan esensial. Ini menganjurkan tindakan konkret di setiap negara untuk meningkatkan perawatan ginjal:
  • Pencegahan Primer, menyiratkan intervensi sebelum efek kesehatan terjadi dalam upaya untuk mencegah timbulnya penyakit ginjal sebelum proses penyakit dimulai;
  • Pencegahan Sekunder menyarankan langkah-langkah pencegahan yang mengarah pada diagnosis dini dan perawatan cepat penyakit ginjal untuk mencegah lebih parah masalah yang berkembang dan;
  • Pencegahan Tersier menunjukkan penatalaksanaan penyakit ginjal setelah mapan untuk mengendalikan perkembangan penyakit dan munculnya komplikasi yang lebih parah.

Tantangan bagi kesehatan ginjal:


Meskipun beban penyakit ginjal semakin meningkat di seluruh dunia, kesenjangan kesehatan ginjal dan ketidakadilan masih luas. Transplantasi memiliki biaya pengaturan yang tinggi sehubungan dengan infrastruktur dan membutuhkan tim yang sangat khusus, ketersediaan donor organ dan tidak dapat dilakukan tanpa cadangan dialisis. Persyaratan infrastruktur fisik dan hukum dan bias budaya terhadap donasi organ sering menghadirkan hambatan di banyak negara, menjadikan dialisis sebagai opsi default.

Apa itu Penyakit Ginjal Kronis?


Penyakit ginjal kronis adalah hilangnya fungsi ginjal secara progresif selama beberapa bulan atau tahun. Ketika fungsi ginjal turun di bawah titik tertentu itu disebut gagal ginjal dan gagal ginjal yang tidak diobati dapat mengancam jiwa yang membutuhkan dialisis atau transplantasi ginjal untuk mempertahankan hidup. Penyakit ginjal kronis dapat disebabkan oleh diabetes, tekanan darah tinggi dan gangguan lainnya. Deteksi dan perawatan dini seringkali dapat mencegah penyakit ginjal kronis menjadi lebih buruk. Penyakit ginjal kronis dan cedera ginjal akut sering muncul dari kondisi sosial seperti kemiskinan, diskriminasi gender, kurangnya pendidikan, bahaya pekerjaan dan polusi antara lain.

https://pelajarancg.blogspot.com/

Teman di pelajarancg.blogspot.com harus tahu:

  • Penyakit ginjal adalah pembunuh bisu. Penyakit ginjal kronis dini tidak memiliki tanda atau gejala.
  • Penyakit ginjal kronis biasanya tidak kunjung sembuh.
  • Tes darah dan urin digunakan untuk memeriksa penyakit ginjal.
  • Penyakit ginjal bisa diobati. Diagnosis Penyakit ginjal kronis yang lebih dini memberikan peluang yang lebih baik untuk menerima pengobatan yang efektif.
  • Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama untuk Penyakit Ginjal Kronis.
  • Penyakit ginjal dapat berkembang menjadi gagal ginjal.


Baca:


KESIMPULAN

Hari Ginjal (12 Maret) adalah hari Internasional untuk meningkatkan kesadaran dunia global akan pentingnya kesehatan ginjal. Ketika hari ini menyebar ke seluruh dunia, Hari Ginjal Sedunia Sedunia menjadi sangat terhubung dengan gerakan atau tindakan konkret di setiap negara untuk meningkatkan perawatan ginjal dan pencegahan terhadap penyakit ini. Pada masa sekarang, ini diperingati sebagai hari untuk untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ginjal bagi kesehatan kita dan untuk mengurangi dampak penyakit ginjal dan masalah kesehatan terkaitnya di seluruh dunia, sebagai tujuan utamanya.


Happy world kidney day! Selamat Peringatan Hari Ginjal Sedunia dari teman siswa di pelajarancg.blogspot.com semoga Semoga Anda sehari penuh. Dengan kebaikan dan kehangatan, semoga Anda bahagia, Hari ini dan selamanya. Tidak peduli dari sudut mana pelajarancg memandang Anda, Anda harus mulai peduli dan kenali Gejala gagal ginjal seperti, jumlah urin yang berkurang. pembengkakan kaki, pergelangan kaki, dan kaki karena retensi cairan yang disebabkan oleh kegagalan ginjal untuk menghilangkan sisa air. napas pendek yang tidak bisa dijelaskan. kantuk atau kelelahan yang berlebihan. Edukasi ini tidak cukup hanya pada Hari Ginjal karena akan sempurna untuk mengatakan: pelajarancg dan Anda terus saling mengingatkan tentang permasalahan kesehatan ini.!!! Jadi bagaimana disekolahmu:

Post a Comment for "HARI GINJAL SEDUNIA DIPERINGATI PADA 12 MARET"