LEBARAN 2022: SEJARAH PERAYAAN HARI RAYA LEBARAN IDUL FITRI

Sebagai pelajar SMP/MTs beragama Islam, pernahkah kamu mendapat pertanyaan apa sejarah tentang perayaan hari raya idul fitri dari seorang teman atau guru kamu di sekolah? atau kamu sedang mencari referensi mengenai cerita singkat tentang Idul Fitri?. Karena lebaran tahun 2022 tinggal menghitung hari, dan umat Islam akan memasuki hari-hari terakhir bulan puasa Ramadhan, serta menyambut awal bulan Syawal atau menjelang Idul Fitri, bersama Kurikulum lebaran di Idul Adha khususnya Idul Fitri 2022 mari pelajari asal-usul dan dan Sejarah IdulFitri dalam Islam di pelajarancg.blogspot.com


Lebaran adalah nama lain dari dua Hari Raya besar umat Islam, yaitu hari raya Idul Fitri dan hari Raya Idul Adha yang dirayakan setiap tahun atau setiap bulan Syawal setelah sebulan umat Muslim melaksanakan puasa di bulan Ramadan.


Idul Fitri adalah hari raya bagi umat islam di dunia yang dilaksanakan pada 1 syawal pada penanggalan hijriah.  Banyak yang mengatakan bahwa Hari raya idul fitri bisa dibilang adalah hari kemenangan bagi umat islam yang telah melaksanakan puasa di bulan ramadhan.


Idul Fitri ini juga menjadi awal baru dari umat islam setelah menunaikan hari kemenangan yang suci ini. Berbagai cara juga dilakukan untuk menyambut Idul Fitri. Tentunya kegiatan dan sesuatu untuk jadi orang yang lebih baik lagi di dunia


Hari raya Idul Fitri adalah waktu yang tepat untuk saling memaafkan agar kembali ke fitrah. Selain mulia di mata agama, memaafkan saat Idul Fitri memiliki manfaat bagi kesehatan dan kehidupan sosial. Selain itu, Biasanya perayaan yang dilakukan seperti melakukan takbir keliling. Termasuk, mudik atau pulang ke kampung halaman juga menjadi tradisi atau upaya umat Muslim di Indonesia untuk menyambut dan merayakan lebaran.


Jadi untuk menyambut dan merayakan lebaran 2022, mari pelajari sejarah tentang asal-usul perayaan hari raya Idulfitri 2022 mari pelajari asal-usul dan dan Sejarah IdulFitri Sebagai pelajar SMP beragama Islam di pelajarancg.blogspot.com


SEJARAH PERAYAAN HARI RAYA IDUL FITRI DALAM SEJARAH ISLAM SINGKAT

Hari Raya Idul Fitri pertama kalinya dirayakan umat Islam yaitu pada selepas Perang Badar yang terjadi pada 17 Ramadhan 2 Hijiriyah.


Dalam pertempuran itu, umat Islam meraih kemenangan. Sebanyak 319 kaum Muslimin harus berhadapan dengan 1.000 tentara kaum kafir Quraisy bahkan umat islam juga dalam puasa di bulan Ramadhan.


Pada tahun itu, Rasulullah SAW dan para sahabat merayakan dua kemenangan, yakni keberhasilan mengalahkan kaum kafir dalam Perang Badar dan menaklukkan hawa nafsu setelah sebulan berpuasa.


Menurut sebuah riwayat, Nabi SAW dan para sahabat menunaikan shalat Ied pertama dengan kondisi luka-luka yang masih belum pulih akibat Perang Badar.


Dari sinilah kata “minal faidin wal faizin” yang lengkapnya Allahummaj’alna Minal aidin walfaidzin yang artinya Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang orang yang kembali (dari perang badar) dan mendapatkan kemenangan.



Rasulullah SAW pertama kali merayakan Hari Raya Idul Fitri dalam kondisi letih. Sampai-sampai Nabi SAW bersandar pada Bilal RA dan menyampaikan khutbahnya. Saat sholat dan khotbah selesai, para sahabat saling bertemu dan mengucapkan “Taqobbalallahu minna waminkum” yang artinya Semoga Allah Menerima Ibadah kita semua. Menurut Hafizh Ibnu Katsir, pada Hari Raya Idul Fitri yang pertama, Rasulullah SAW pergi meninggalkan masjid menuju tanah lapang dan menunaikan shalat Ied di atas lapang itu. Dan sejak itulah, Nabi Muhammad SAW dan para sahabat menunaikan shalat Ied di lapangan terbuka.


Sebelum Hari Raya Idul Fitri datang, umat Islam diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrah. Pada 1 Syawal, kaum Muslim disunahkan untuk melaksanakan shalat Ied, baik di lapangan terbuka maupun di masjid, sebanyak dua rakaat dan kemudian dilanjutkan dengan khutbah.

https://pelajarancg.blogspot.com/




Nama-nama lain dari Idul Fitri:
  • Indonesia : Idul Fitri.
  • India : Eid-ul-fitr.
  • Bangladesh : Shemai Eid.
  • Malaysia : Hari Raya Puasa/Hari Lebaran.
  • Turkey : Ramazan Bayrami.
  • Iran : Eyde Fetr.
  • Singapura : Hari Raya Aidilfitri/Hari Otak/Hari Raya Idul Fitri/Hari Raya Puasa.
  • Brunei : Hari Raya Aidilfitri/Hari Otak/Hari Raya Idul Fitri/Hari Raya Puasa.
  • Pakistan : Choti Eid.


Jadi itulah pelajaran sejarah Agama Islam tentang perayaan hari raya idul fitri pertama kali secara singkat untuk materi lengkap pelajarancg.blogspot.com semoga bermanfaat, mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata pada tulisan, dan ucapan selamat merayakan lebaran yang jatuh pada 2 Mei 2022, Taqobbalallahu minna waminkum minal faidin wal faizin!!!

Post a Comment for "LEBARAN 2022: SEJARAH PERAYAAN HARI RAYA LEBARAN IDUL FITRI"