SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 2023: PELAJARAN BERKORBAN PENUH MAKNA DI HARI RAYA QURBAN

Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H. Sahabat Pelajarancg.blogspot.com setelah menyambut Idul Fitri kini tiba umat Islam rayakan Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Idul Adha selain dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkorban. Qurban itu sendiri artinya dekat, sehingga Qurban ialah menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, diberikan kepada fakir miskin. Idul Adha yang kita peringati saat ini, dinamai juga “Idul Nahr” artinya hari menyembelih hewan ternak. Dalam kurikulum pelajarn Islam hari ini, setelah kita membahas tentang sejarah pertama kalinya hari raya Idul adha, mari pelajari makna hari raya qurban sebagai i'tibar atau pesan moral bagi kita semua. Adapun kesan atau i'tibar yang dapat diambil dari pelajaran peristiwa berkorban pada hari raya Idul Adha adalah diantaranya:

https://pelajarancg.blogspot.com/


Pelajaran pertama, Hendaknya kita sebagai orang tua, mempunyai upaya yang kuat membentuk anak yang sholih, menciptakan pribadi anak yang agamis, anak yang berbakti kepada orang tua, lebih-lebih berbakti terhadap Allah dan Rosul-Nya.


Pelajaran Kedua, perintah dan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan oleh Allah SWT, harus dilaksanakan. Harus disambut dengan tekad sami’na wa ‘atha’na. Karena sesungguhnya, ketentuan-ketentuan Allah SWT pastilah manfaatnya kembali kepada kita sendiri.


Makna ketiga, adalah kegigihan syaitan yang terus menerus mengganggu manusia, agar membangkang dari ketentuan Allah SWT. Syaitan senantiasa terus berusaha menyeret manusia kepada kehancuran dan kegelapan. Maka janganlah mengikuti bujuk rayu Syaitan, karena sesungguhnya syaithon adalah musuh yang nyata.


Pelajaran Keempat, jenis sembelihan berupa bahimah (binatang ternak), artinya dengan matinya hayawan ternak, kita buang kecongkaan dan kesombongan kita, hawa nafsu hayawaniyah harus dikendalikan, jangan dibiarkan tumbuh subur dalam hati kita.

Dari pelajaran berkorban dalam peristiwa sejarah nabi Ibrahim AS yang penuh makna menjelang hari raya qurban. Semoga perayaan Idul Adha dapat menggugah hati kita semua untuk berkorban bagi negeri kita tercinta, yang tidak pernah luput dirundung kesusahan. Sebab pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang paling besar dalam sejarah umat manusia itulah yang membuat Ibrahim menjadi seorang Nabi dan Rasul yang besar, dan mempunyai arti juga makna. Dari Keluarga besar Kurikulum pelajarancg.blogspot.com menyampaikan Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H kepada Sahabat umat Islam yang merayakannya baik di sekolah maupun di rumah!

Post a Comment for "SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 2023: PELAJARAN BERKORBAN PENUH MAKNA DI HARI RAYA QURBAN"