LOGO HUT PRAMUKA KE-59 TAHUN 2020 LEWAT TEMA KATA BERMAKNA PERAN GERAKAN PRAMUKA DALAM PENAGGULANGAN BENCANA DAN BELA NEGARA

Tema dan Logo Hari Pramuka ke 59 tahun 2020 pelajarancg.blogspot.com - Setiap tanggal 14 bulan Agustus Organisasi gerakan Kepramukaan Nasional Republik Indonesia akan merayakan Ulang Tahun (disingkat: HUT) untuk memperingati Hari jadi Pramuka (Singkatan dari: Praja Muda Karana). Hari jadi Pramuka adalah merayakan perjalanan sejarah panjang kepramukaan di Indonesia, dimana momentum HUT Pramuka ini sebagai catatan sejarah untuk peristiwa:
  • Hari Tunas Gerakan Pramuka
  • Diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961, tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. Peristiwa ini dikenal dengan Hari Permulaan Tahun Kerja.
  • Hari Ikrar Gerakan Pramuka.
  • Pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, serta penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961

Selain pelantikan pengurus Gerakan Pramuka, pada tanggal 14 Agustus 1961 pula dilangsungkan defile Pramuka yang bertujuan untuk memperkenalkan secara resmi Gerakan Pramuka Indonesia kepada khalayak. Sejak itu, tanggal 14 Agustus kemudian dikenal sebagai HARI PRAMUKA.


Download gambar Tema dan Logo Peringatan Hari Pramuka ke 59 tahun 2020 klik disini
https://pelajarancg.blogspot.com/


Setiap tahun dalam menyambut peringatan hari Pramuka, tema dan logo ditetapkan secara resmi oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) yang merupakan satuan organisasi yang mengelola Gerakan Pramuka Nasional. Berdasarkan situs resmi Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia ( pramuka.id ) Logo Hari Pramuka ke 59 tahun 2020 adalah seperti gambar dibawah:

https://pelajarancg.blogspot.com/



Logo ini didesain atau dibuat oleh Kak R Andi Widjanarko berdasarkan arahan dari Wakil Ketua / Ketua Komisi Organisasi dan Hukum (Orgakum) Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Kak Dr. Chairul Huda, SH, MH dengan menyesuaikan Tema Rakernas Pramuka Tahun 2020: Peran Gerakan Pramuka dalam Penangulangan Bencana dan Bela Negara.


Makna logo dan tema Peringatan Hari Pramuka ke 59 tahun 2020 diselaraskan dengan kondisi yang dihadapi tahun ini yaitu pandemi covid-19. Oleh sebab itu dalam memaknai Hari Pramuka tahun 2020, Selain siap sedia, Pramuka itu harus selalu ingat tentang proteksi diri untuk menangkal hambatan dari luar melalui semangat Bela Negara terutama selama masa Pademi, dengan sukarela turut serta turun membantu Gugus Tugas Covid-19.


Selain itu, makna perayaan Hari Pramuka yaitu :
  • Kegiatan kepramukaan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan organisasi Pramuka Indonesia sebagai bagian dari organisasi kepanduan dunia.
  • Merupakan momentum untuk merenungkan tentang apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum tercapai oleh kegiatan kepramukaan Nasional Indonesia untuk kepentingan membangun kemandirian Bangsa terutama generasi muda dan Bangsa Indonesia pada umumnya.
  • Memberikan kesempatan untuk mengoreksi kekurangan dan kelemahan yang dihadapi kepramukaan Indonesia dalam memperjuangkan peranan dan kedudukannya dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Sesungguhnya perjuangan meningkatkan peranan Pramuka Indonesia dalam penanggulangan bencana dan bela negara masih panjang, namun keberhasilan yang telah dicapai selama ini hanyalah langkah awal dalam gerakan Pramuka Peduli melakukan giat sosial dan menjadi “terdepan bergerak”, yang sudah terbiasa dengan manajemen resiko




Dari makna-makna untuk peringatan Hari Pramuka tahun 2020 ke 59 dapat dimaknai gerakan kepedulian sosial sebagai upaya dalam mendorong kegiatan kepramukaan kreatif agar menjadi motor penggerak dan contoh bagi generasi muda Indonesia dalam bela negara dan penanggulangan bencana tanpa memandang suku, ras, agama, dll. Ucapan Selamat Hari Pramuka 2020 ke 59 dari pelajarancg.blogspot.com semoga melalui Gerakan Pramuka Indonesia selalu lahir gerakan terdepan dalam bela negara bukan hanya hari ini namun setiap hari.

2 comments for "LOGO HUT PRAMUKA KE-59 TAHUN 2020 LEWAT TEMA KATA BERMAKNA PERAN GERAKAN PRAMUKA DALAM PENAGGULANGAN BENCANA DAN BELA NEGARA"

  1. Selamat HUT 59 Gerakan Pramuka, jayalah Indonesia.
    Merdeka

    ReplyDelete
  2. cara download logonya bagaiamana?

    ReplyDelete