PELAJARAN SEJARAH : LOGO DAN TEMA HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) 2020

Kurikulum pelajaran sejarah logo dan tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 37 tahun 2020. Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 september oleh bangsa Indonesia melalui keputusan Presiden (keppres) Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan gerakan Olahraga di negeri ini. Menurut Kementerian Pemuda dan Olahraga sangat penting untuk mencintai olahraga dan mamposisikan olahraga sebagai gaya hidup meskipun di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, berdasarkan Gagasan perayaan hari ini untuk mengajak dan mempromosikan Olahraga yang dilatarbelakangi oleh sejarah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional pertama (PON) yang digelar di Surakarta, Solo, Jawa Tengah pada tanggal 9 september - 12 september 1948.


Pada tulisan kali ini Kurikulum Pelajarancg akan membahas mengenai Materi Pelajaran sejarah Logo dan Tema Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Indonesia yang ke 37 tahun 2020. Sedang tulisan Pedoman Peringatan Hari Peringatan Haornas tahun 2020 akan dibahas dalam artikel tersendiri.


Baca: KATA-KATA TERIMAKASIH PAHLAWAN OLAHRAGA INDONESIA - UCAPAN SELAMAT HARI OLAHRAGA NASIONAL


Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) memiliki sejarah yang panjang. Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati dan dirayakan untuk pertama kali melalui keputusan Presiden (keppres) Nomor 67 Tahun 1985 tentang Haornas dan tanggal 9 september denga tema berbeda setiap tahun. Hari ini ditetapkan untuk dirayakan secara tahunan untuk memenuhi 3 tema besar: “Sports Science, Sports Tourism dan Sports Industry”.


Salah satu upaya positif terhadap kesehatan bangsa, Hari Olahraga Nasional telah mulai dirayakan setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran tentang peran olahraga serta untuk memenuhi meningkatnya minat terhadap Olahraga Indonesia. Road To Haornas 2020 menjadi agenda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam upaya mempromosikan Hari Nasional ke 37 tahun ini.



Sejalan dengan tujuan agenda tersebut, Road To Hari Olahraga Nasional (Haornas) menjadi bagian penting secara Nasional dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).


1. LOGO HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) 2020


Logo Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), adalah sebagai berikut.


https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar logo Haornas (Hari Olahraga Nasional) tahun 2020 png




2. TEMA PERINGATAN HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) 2020

Sebagaimana ditetapkan Menurut Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), tema yang diangkat dalam Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2020 ke 37 adalah 3 tema besar: “Sports Science, Sports Tourism dan Sports Industry”. Dimaan arti tema ini:
  • Sports Science, diartikan harus menjadi prioritas untuk mendampingi semua kegiatan olahraga;
  • Sports Tourism, diartikan disamping kegiatan keolahragaan Indonesia, pesan ini sekaligus mendorong potensi-potensi olahraga wisata Indonesia;
  • Sports Industry, diartikan memaksimalkan berbagai kegiatan Industri Olahraga, baik industri berupa produk dan jasa keolahragaan secara Nasional.



3. LAMBANG PELAJARAN SEJARAH : LOGO DAN TEMA HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) 2020


Menurut pedoman haornas ke 37 dari kemenpora, warna pada logo / lambang memiliki makna sebagai berikut:
  • Kuning melambangkan optimisme masyarakat Indonesia bangkit dari pandemi 19;
  • Merah melambangkan energi dan semangat yang berkolaborasi untuk terus berjuang;
  • Biru melmbangkan kekuatan dan percaya diri bahwa Indonesia mampu mencapai kebugaran masyarakat dan prestasi olahraga tertinggi;
  • Hijau melambangkan perumbuhan ekonomi dalam sektor industri olahraga dan pariwisata;
  • Emas melambangkan prestasi olahraga Indonesia Jaya;
  • Merah Orange melambangkan inovasi pada pembangunan industri Nasional.



Masukan singkat untuk memperingati Hari Olahraga Nasional sebagai sejarah pertama kalinya diadakan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia dari pelajarancg.blogspot.com dalam mendukung kegiatan Belanegara yang sedang digalakkan alangkah bijaksana apabila bangsa kita mempromosikan BAHASA INDONESIA dalam segala bentuk kegiatan termasuk tema hari Nasional karena ini akan menunjukkan jati diri bangsa dalam pembelajaran cinta tanah air.


Akhir kata dari pembahasan, Semoga bangsa Indonesia tetap mempertahankan prestasi-prestasi di berbagai bidang olahraga dan juga menunjukan Indonesia mampu untuk bersaing dalam kompetisi dari berbagai cabang olahraga di mata dunia sebagai ucapan selamat merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2020 dari sahabat pelajarancg.blogspot.com

Post a Comment for "PELAJARAN SEJARAH : LOGO DAN TEMA HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) 2020"