PELAJARAN PPKN: MATERI SOAL WAWASAN NUSANTARA DALAM KONTEKS NKRI

KURIKULUM PELAJARANCG: Bagi kamu siswa pelajar sekolah (SD, SMP, SMA) dari berbagai tingkatan kelas berbasis K13 semester 1 - 2, tentu tengah belajar materi kewarganegaraan tentang Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). melengkapi tulisan pelajarancg.blogspot.com sebelumnya:



Dan untuk mendalami materi-materi pelajarancg ppkn tersebut, hari ini kita akan belajar Wawasan materi kewarganegaraan dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk Wawasan Nusantara.


Secara etimologis, Wawasan Nusantara berasal dari kata Wawasan dan Nusantara. Wawasan berasal dari kata Wawas (bahasa jawa) yang berarti pandangan, tinjauan dan penglihatan indrawi. Jadi wawasan adalah pandangan, tinjauan, penglihatan, tanggap indrawi. Wawasan berarti pula cara pandang dan cara melihat. Nusantara berasal dari kata nusa dan antara. Nusa artinya pulau atau kesatuan kepulauan. Antara artinya menunjukkan letak antara dua unsur. Jadi Nusantara adalah kesatuan kepulauan yang terletak antara dua benua, ian yaitu benua Asia dan Australia, dan dua samudra, yaitu samudra Hindia dan Pasifik. Berdasarkan pengertian modern, kata “nusantara” digunakan sebagai pengganti nama Indonesia. (Pelajari: ASAL USUL NAMA INDONESIA)


Hakikat Wawasan Nusantara adalah keutuhan nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional. Hal tersebut berarti bahwa setiap warga masyarakat dan aparatur negara harus berpikir, bersikap, dan bertindak secara utuh menyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Demikian juga produk yang dihasilkan oleh lembaga negara harus dalam lingkup dan demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia tanpa menghilangkan kepentingan lainnya, seperti kepentingan daerah, golongan, dan perorangan.


Kita memandang bangsa Indonesia dengan Nusantara merupakan satu kesatuan. Jadi, hakikat Wawasan Nusantara adalah keutuhan dan kesatuan wilayah nasional. Dengan kata lain, hakikat Wawasan Nusantara adalah persatuan bangsa dan kesatuan wilayah. Dalam GBHN disebutkan bahwa hakikat Wawasan Nusantara diwujudkan dengan menyatakan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Pelajari: PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

Sebagai pelajar di Indonesia yang memiliki pengetahuan terkait wawasan Nusantara dimana Asas-asasnya merupakan ketentuan atau kaidah dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara, dan diciptakan demi tetap taat dan setianya komponen pembentuk bangsa Indonesia terhadap kesepakatan bersama, oleh sebab itu sangat perlu menghayati pelajaran ppkn / PKn. Dalam Materi PKn Wawasan Nusantara harus dijadikan arahan, pedoman, acuan, dan tuntutan bagi setiap individu bangsa Indonesia dalam membangun dan memelihara tuntutan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena itu, implementasi atau penerapan Wawasan Nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi atau golongan. Dengan kata lain, Wawasan Nusantara menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka menghadapi, menyikapi, atau menangani berbagai masalah menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Nah, umumnya setelah mempelajari buku PKn tentang materi rangkuman soal wawasan Nusantara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai warga negara baik siswa pelajar sekolah (SD, SMP, dan SMA) dari berbagai tingkatan kelas berbasis K13 semester 1 - 2, pasti akan diberi soal tentang materi tersebut. Materi Soal biasanya berupa pilihan ganda dan essay, dan mewajibkan kita menjawab soal-soal Pelajaran PPKn dalam konteks wawasan NKRI.


Materi pelajaran PPKn Kelas X Bab 7 adalah Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan Sub-Bab sebagai berikut.
  • Konsep Wawasan Nusantara
  • Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara
  • Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara
  • Peran serta warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara (materi-materi tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut dalam RPP berdasarkan fakta, konsep, prinsip dan prosedur).



Berikut beberapa materi contoh latihan soal pilihan ganda dan essay pelajaran wawasan kebangsaan dari pelajarancg.blogspot.com dengan kurikulum PPKN mengenai wawasan nusantara di Indonesia berikut uraian jawaban dari soal tersebut.

https://pelajarancg.blogspot.com/

CONTOH MATERI SOAL WAWASAN NUSANTARA DALAM KONTEKS NKRI UNTUK PELAJARANCG PPKN

Contoh Soal Pilihan Ganda Pelajaran NKRI untuk Wawasan Nusantara dan Kebangsaan Indonesia Beserta Kunci Jawaban-jawabannya

Soal Pilihan Ganda: Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar!


1. Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba seragam dan bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional disebut...
a. Geopolitik
b. Geostrategi
c. Wawasan nusantara
d. Wawasan kebangsaan
e. Ketahanan nasional

Jawaban Soal 1: c. Wawasan nusantara

Penjelasan: Definisi tersebut di atas adalah definisi dari Wawasan Nusantara menurut kelompok kerja LEMHANAS atau Lembaga Pertahanan Nasional tahun 1999. Adapun pengertian Wawasan Nusatara lainnya datang dari para ahli yang salah satunya adalah Prof. Dr. Wan Usman. Ia berpendapat bahwa yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara adalah suatu cara pandang dari bangsa Indonesia tentang diri dan juga tanah airnya yang merupakan negara kepulauan berserta dengan segala aspek kehidupannya yang beragam.

Pelajari: profil dan pengertian pelajar pancasila menurut kemendikbud

2. Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam...
a. Menentukan arah dan tujuan negara dalam berhubungan dengan negara lain.
b. Menentukan segala kebijakan yang berhubungan dengan penentuan politik luar negeri
c. Menentukan kebijakan yang berkaitan dengan bidang politik dan sosial budaya
d. Menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelanggaran negara di pusat dan daerah
e. Menentukan segala kebijakan yang berkaitan dengan hubungan anatara pemerintah pusat dan daerah


Jawaban Soal 2: d. Menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelanggaran negara di pusat dan daerah

Penjelasan: Wawasan nusantara adalah wawasan atau pemikiran yang terbentuk berdasarkan pancasila dan UUD NRI tahun 1945. Wawasan nusantara ini diperkenalkan oleh para guru dalam setiap pelajar sekolah (SD, SMP, SMA).


**Fungsi. Wawasan nusantara memiliki fungsi yaitu:
  • Berfungsi sebagai cara pandang yang mencakup keseluruhan aspek pemerintahan
  • Sebagai konsep untuk melaksanakan pembangunan nasional
  • Berfungsi sebagai wawasan yang mencakup aspek geopolitik dan kewilayahan



**Tujuan. Tujuan dari wawasan nusantara adalah untuk menciptakan suasana nasionalisme yang tinggi dan untuk membantu pembangunan nasional yang terjadi di Indonesia


**Aspek-aspek Wawasan Nusantara. Aspek-aspek wawasan nusantara yaitu:
  • Aspek falsafah pancasila mengartikan bahwa wawasan nusantara itu berdasarkan atau berlandaskan pancasila. Nilai-nilai dari pancasila itu yang menjiwai wawasan nusantara
  • Aspek kewilayah nusantara mengartikan bahwa wawasan nusantara juga menjadikan wilayah nusantara yang terdiri atas sumber daya baik itu mineral dan nonmineral sebagai acuannya
  • Aspek sejarah Indonesia mengartikan bahwa wawasan nusantara dijiwai oleh aspek historis sehingga dalam wawasan nusantara, sangat memperhatikan sejarah Indonesia
  • Aspek sosial budaya mengartikan bahwa wawasan nusantara berlandaskan sosial dan budaya.



**Asas Wawasan Nusantara. Asas-asas wawasan nusantara diantaranya yaitu:
  • Kesetiaan terhadap negara yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme
  • Kejujuran terhadap diri sendiri yang mencerminkan bahwa dalam menegakkan kebenaran harus berlandaskan kejujuran
  • Kerja sama untuk mencapai tujuan bersama yang kolektif.
  • Keadilan dalam mengambil keputusan dan kebijaksanaan sehingga tidak menimbulkan perselisihan.
  • Solidaritas antarsesama untuk bersama-sama membangun negeri yang kita cintai ini.
  • Tujuan dan kepentingan yang sama berdasarkan asas kerja sama tadi sehingga terciptalah pembangunan nasional.



3. Persatuan dalam keberagaman harus dipahami oleh setiap warga masyarakat agar dapat mewujudkan hal-hal berikut ini, kecuali...
a. Pembangunan berjalan lancar
b. Pergaulan antar sesama yang lebih akrab
c. Kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang
d. Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah
e. Terbentuknya satu masyarakat yang sama ras, agama, suku dan bahasa


Jawaban Soal 3: e. Terbentuknya satu masyarakat yang sama ras, agama, suku dan bahasa

Penjelasan: Jawaban E adalah keliru sebab tujuan persatuan dalam keberagaman bukan untuk menyeragamkan atau membuat semua corak yang ada menjadi sama melainkan merangkum semua corak perbedaan yang ada sebagai satu kesatuan utuh tanpa menghilangkan corak aslinya. Dengan persatuan dan kesatuan maka keberagaman tidak lagi dipandang sebagai jurang pemisah melainkan sebagai kekayaan bersama yang wajib untuk dipelihara. Keberagaman tersebut pun pada hakekatnya adalah identitas nasional bangsa Indonesia yang membuatnya istimewa dan berbeda dibanding bangsa lain di dunia.


4. Secara etimologis kata geopolitik terbentuk dari dua kata yaitu geo yang berarti planet bumi dan politik yang berarti...
a. Segala sesuatu yang berhubungan dengan partai politik
b. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kekuasaan partai politik
c. Segala sesuatu yang berhubungan dengan sejarah, ilmu sosial dan politik.
d. Segala sesuatu yang berhubungan dengan wilayah negara dan batas-batas wilayah negara.
e. Segala sesuatu yang berkaitan dengan ketatanegaraan atau tindakan mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain.


Jawaban Soal 4: e. Segala sesuatu yang berkaitan dengan ketatanegaraan atau tindakan mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain

Penjelasan: Geopolitik adalah ilmu yang mempelajari tentang efek geografi Bumi (baik unsur manusia dan unsur fisik) pada politik suatu negara dan hubungan internasional.


Yang dipelajari dalam geopolitik ini termasuk bentuk wilayah, iklim, topografi (bentuk muka bumi), demografi (kondisi penduduk), sumber daya alam, dan fenomena sosial di wilayah yang sedang dievaluasi. Geopolitik berfokus pada bidang politik yang terkait dengan ruang geografis, khususnya, perairan dan wilayah daratan dan hubungannya pada politik.


Contohnya adalah negara yang terkurung daratan, dan tidak memiliki garis pantai, akan mengalami kesulitan dalam perdagangan internasional, dan harus mengandalkan pelabuhan di negara tetangganya untuk melakukan impor dan ekspor barang. Hal ini akan mempengaruhi politik luar negeri negara tersebut.


Sementara negara yang miskin sumber daya alam akan mengalami dampak politis berupa kemiskinan, bila tidak diatasi dengan peningkatan sumber daya manusia.


5. Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam...
a. Menentukan arah dan tujuan negara dalam berhubungan dengan negara lain.
b. Menentukan segala kebijakan yang berhubungan dengan penentuan politik luar negeri
c. Menentukan kebijakan yang berkaitan dengan bidang politik dan sosial budaya
d. Menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelanggaran negara di pusat dan daerah
e. Menentukan segala kebijakan yang berkaitan dengan hubungan anatara pemerintah pusat dan daerah


Jawaban Soal 5: d. Menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelanggaran negara di pusat dan daerah

Penjelasan: Wawasan nusantara adalah wawasan atau pemikiran yang terbentuk berdasarkan pancasila dan UUD NRI tahun 1945. Wawasan nusantara ini diperkenalkan oleh para guru dalam setiap pelajar sekolah (SD, SMP, SMA).


**Fungsi. Wawasan nusantara memiliki fungsi yaitu:
  • Berfungsi sebagai cara pandang yang mencakup keseluruhan aspek pemerintahan
  • Sebagai konsep untuk melaksanakan pembangunan nasional
  • Berfungsi sebagai wawasan yang mencakup aspek geopolitik dan kewilayahan



**Tujuan. Tujuan dari wawasan nusantara adalah untuk menciptakan suasana nasionalisme yang tinggi dan untuk membantu pembangunan nasional yang terjadi di Indonesia


**Aspek-aspek Wawasan Nusantara. Aspek-aspek wawasan nusantara yaitu:
  • Aspek falsafah pancasila mengartikan bahwa wawasan nusantara itu berdasarkan atau berlandaskan pancasila. Nilai-nilai dari pancasila itu yang menjiwai wawasan nusantara
  • Aspek kewilayah nusantara mengartikan bahwa wawasan nusantara juga menjadikan wilayah nusantara yang terdiri atas sumber daya baik itu mineral dan nonmineral sebagai acuannya
  • Aspek sejarah Indonesia mengartikan bahwa wawasan nusantara dijiwai oleh aspek historis sehingga dalam wawasan nusantara, sangat memperhatikan sejarah Indonesia
  • Aspek sosial budaya mengartikan bahwa wawasan nusantara berlandaskan sosial dan budaya.



**Asas Wawasan Nusantara. Asas-asas wawasan nusantara diantaranya yaitu:
  • Kesetiaan terhadap negara yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme
  • Kejujuran terhadap diri sendiri yang mencerminkan bahwa dalam menegakkan kebenaran harus berlandaskan kejujuran
  • Kerja sama untuk mencapai tujuan bersama yang kolektif.
  • Keadilan dalam mengambil keputusan dan kebijaksanaan sehingga tidak menimbulkan perselisihan.
  • Solidaritas antarsesama untuk bersama-sama membangun negeri yang kita cintai ini.
  • Tujuan dan kepentingan yang sama berdasarkan asas kerja sama tadi sehingga terciptalah pembangunan nasional.



6. Pada hakikatnya wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Dengan demikian Fungsi wawasan nusantara adalah...
a. Pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelenggara Negara di tingkat pusat dan daerah bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
b. Mewujudkaan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasonal daripada kepentingan individu, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah.
c. Mewujudkan bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.
d. Pedoman dalam mewujudkan tujuan nasional sebagaimana terdapat dalam pembukaan UUD Negara RI tahun 1945
e. Pedoman untuk mengadakan hubungan antar bangsa berlandaskan persamaan kedudukan sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.


Jawaban Soal 6: a. Pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelenggara Negara di tingkat pusat dan daerah bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


Penjelasan: Fungsi wawasan nusantara secara umum ialah berperan sebagai pedoman, motivasi, dorongan, dan rambu-rambu dalam memastikan semua kebijaksanaan, ketentuan, tindakan, serta perbuatan dalam penyelenggaraan negara, baik pusat maupun daerah.


7. Pada hakikatnya wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Dengan demikian tujuan wawasan nusantara adalah...
a. Pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelenggara Negara di tingkat pusat dan daerah bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
b. Mewujudkaan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasonal daripada kepentingan individu, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah.
c. Mewujudkan bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.
d. Pedoman dalam mewujudkan tujuan nasional sebagaimana terdapat dalam pembukaan UUD Negara RI tahun 1945
e. Pedoman untuk mengadakan hubungan antar bangsa berlandaskan persamaan kedudukan sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.


Jawaban Soal 7: b. Mewujudkaan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasonal daripada kepentingan individu, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah.


Penjelasan: Tujuan wawasan nusantara adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan rakyat indonesia yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa atau daerah.


8. Pada hakikatnya wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Dengan demikian Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan politik akan menciptakan...
a. iklim penyelenggaraan Negara yang sehat dan dinamis
b. Tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata
c. Sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan menghormatisegala bentuk perbedaan dan kebhinnekaan sebagai kenyataan hidup sebagai karunia sang pencipta.
d. Kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela Negara pada setiap warga Negaran Indonesia.
e. Menciptakan kehidupan masyarakat dan bangsa yang rukun dengan membeda-bedakan suku, agama, atau kepercayaan dan golongan berdasarkan status social.


Jawaban Soal 8: a. iklim penyelenggaraan Negara yang sehat dan dinamis.


Penjelasan: Implementasi wawasan nusantara kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahan keamanan sebagaimana diungkapkan Khairul (2011) antara lain: 1) implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan politik akan menciptakan iklim penyelenggara negara yang sehat dan dinamis; 2) implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi akan menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata; 3) implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan sosial budaya akan menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau keBhinekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia Sang Pencipta; 4) implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan hankam akan menumbuhkembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia.


9. Azas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa adanya kesuaian pembagian hasil dengan adil jerih payah dan kegiatan baik perorangan, golongan, kelompok maupun daerah adalah...
a. Keadilan
b. Kejujuran
c. Solidaritas
d. Kerja sama
e. Kesetiaan


Jawaban Soal 9: d. Kerja sama.


Penjelasan: Asas Kerjasama dalam konteks wawasan nusantara adalah menerapkan kebersamaan, gotong royong, dan saling membantu.


10. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan pertahanan keamanan akan menciptakan...
a. iklim penyelenggaraan Negara yang sehat dan dinamis
b. Tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata
c. Sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan menghormati segala bentuk perbedaan dan kebhinnekaan sebagai kenyataan hidup sebagai karunia sang pencipta.
d. Kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela Negara pada setiap warga Negaran Indonesia.
e. Menciptakan kehidupan masyarakat dan bangsa yang rukun dengan membeda-bedakan suku, agama, atau kepercayaan dan golongan berdasarkan status social.


Jawaban Soal 10: d. Kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela Negara pada setiap warga Negaran Indonesia.


Penjelasan: Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan pertahanan dan keamanan akan menumbuhkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa, yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada tiap warga negara Indonesia.


Contoh Soal Essay Pelajaran NKRI untuk Wawasan Nusantara dan Kebangsaan Indonesia Beserta Kunci Jawaban-jawabannya

Jawablah pertanyaan uraian dibawah ini dengan jelas!


Essay 1: Wawasan nusantara pada hakikatnya merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Jelaskan bagaimana pentingnya wawasan nusantara dalam konteks NKRI!

Jawaban essay 1: Wawasan Nusantara dinilai sangat penting, sebab Wawasan Nusantara sendiri sebagai Wawasan Nasional bangsa Indonesia dan merupakan perwujudan dari kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan (HANKAM). Wawasan Nusantara sendiri juga dinilai sangat penting sebab wawasan ini merupakan pencerminan dari kepentingan yang sama, tujuan yang sama untuk terpeliharanya kesatuan dan persatuan wilayah NKRI. Sehingga Wawasan Nusantara berguna sebagai pola yang mendasar dalam cara berpikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka menangani permasalahan yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Essay 2: Wawasan Nusantara sebagai visi bangsa menjadikan bangsa Indonesia adalah bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh pula serta sebagai salah satu konsepsi ketatanegaran Republik Indonesia. Berdasarkan hal tersebut Jelaskan kedudukan, fungsi dan tujuan dari konsepsi wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia!

Jawaban essay 2: Wawasan Nusantara berkedudukan sebagai visi bangsa, maksudnya bahwa Visi bangsa Indonesia selaras dengan konsep wawasan Nusantara dimana Indonesia harus menjadi bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai landasan visional yang diyakini kebenaranya oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan Nasional. Wawasan Nusantara bertujuan untuk mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individu, kelompok golongan, suku bangsa atau daerah


Essay 3: Ketahanan Nasional pada hakikatnya bergantung kepada kemampuan bangsa dan Negara di dalam mendayagunakan secara optimal gatra Alamiah. Jelaskan Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara!

Jawaban essay 3: Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara, adalah :

A. Letak dan Bentuk Geografis.

Indonesia terletak pada 6 LU – 11 LS, 95 BT – 141 BT, dilalui garis khatulistiwa yang ditengah-tengahnya terbentang garis equator sehingga Indonesia mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan kemarau.

B. Keadaan dan Kemampuan Penduduk.

Kemampuan penduduk yang tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk dapat menimbulkan ancaman-ancaman terhadap pertahanan nasional.

C. Keadaan dan Kekayaan Alam

Sifat unik kekayaan alam yaitu jumlahnya yang terbatas dan penyebarannya tidak merata, sehingga dapat menimbulkan ketergantungan dari dan oleh negara dan bangsa lain.



Essay 4: Ketahanan Nasional pada hakikatnya bergantung kepada kemampuan bangsa dan Negara di dalam mendayagunakan modal dasar untuk penciptaan kondisi dinamis yang merupakan kekuatan dalam penyelenggaraan kehidupan nasional. Berdasarkan hal tersebut Jelaskan Aspek Pancagatra dalam Wawasan Nusantara!

Jawaban essay 4: Aspek Pancagatra ada 5, yaitu Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, serta Pertahanan dan Keamanan. Berikut penjelasannya :

A. Ideologi, merupakan konsep yang mendalam mengenai kehidupan yang dicita-citakan serta yang ingin diiperjuangkan dalam kehidupan nyata.

B. Politik, merupakan asas, haluan, maupun kebijaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan kekuasaan guna kepentingan masyarakat dan bangsa.

C. Ekonomi, merupakan seluruh kegiatan pemerintah dan masyarakat dalam mengelola faktor produksi dan distribusi barang dan jasa untuk kesejahteraan rakyat.

D. Sosial Budaya, merupakan kondisi dinamis budaya bangsa yang berisi keuletan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ATHG, baik dari dalam maupun luar, baik yang langsung maupun yang tidak langsung, yang membahayakan kelangsungan hidup sosial NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

E. Pertahanan dan Keamanan, merupakan ketangguhan suatu bangsa dalam upaya bela negara, di mana seluruh IPOLEKSOSBUD-HANKAM disusun, dikerahkan secara terpimpin, terintegrasi, terorganisasi untuk menjamin terselenggaranya sistem ketahanan nasional prinsipprinsip sistem ketahanan nasional antara lain bangsa Indonesia cinta damai tetapi lebih cinta kemerdekaan.



Essay 5: Implementasi Wawasan Nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh. Jelaskan implementasi wawasan nusantara dalam bidang poleksosbudhankam bagi bangsa Indonesia!

Jawaban essay 5: implementasi wawasan nusantara dalam bidang poleksosbudhankam bagi bangsa Indonesia sebagaimana penjelasan berikut:


A. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan politik akan menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis.


B. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan ekonomi akan menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil.

Pelajari:


C. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan sosial budaya akan menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinnekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia Sang Pencipta.


D. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan Hankam akan menumbuhkembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa, yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia


Catatan Kurikulum Pelajarancg: Tulisan berwarna HIJAU adalah kunci jawaban dari soal-soal diatasnya

Demikian beberapa kumpulan contoh soal materi PPKn SD, SMP, SMA tiap semester untuk Pelajaran NKRI dengan penjelasan wacana pertanyaan Bab 7 terkait Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan berikut kunci jawabannya dari pelajarancg.blogspot.com. Semoga memberikan manfaat bagi kamu yang membutuhkannya!!!

Post a Comment for "PELAJARAN PPKN: MATERI SOAL WAWASAN NUSANTARA DALAM KONTEKS NKRI"