SOAL AKM NUMERASI KELAS 8 DAN JAWABAN

Pelajarancg: AKM Numerisasi Kelas 8 SMP/MTs blog Kurikulum 2013. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah bagian dari program Asesmen Nasional 2021. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bentuk penilaian: AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Pada dasarnya, ketiga bentuk penilaian tersebut bertujuan menguji kemampuan literasi, numerasi, dan karakter siswa. Pada literasi membaca maupun numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya.


AKM Numerasi adalah program Asesmen Nasional 2021 dengan penilaian kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia.


Dalam mempersiapkan Asesmen Nasional atau AKM 2021 dan sebagai bahan latihan soal secara lengkap. Berikut beberapa Contoh Soal dan Jawaban dilengkapi pembahasan materi Soal AKM Numerisasi Kelas 8 MTs/SMP Tahun 2021 dengan beberapa alternatif dalam penjelasan kurikulum pelajarancg.blogspot.com:

Pelajari: INSTRUMEN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH

Soal Nomor 1: Menara

https://pelajarancg.blogspot.com/



Jika alas menara, perahu A dan perahu B segaris, maka jarak perahu A dan perahu B adalah:

https://pelajarancg.blogspot.com/



Seorang pengamat berada pada puncak menara pada ketinggian 120 m. Ia melihat perahu A dengan jarak 130 m dan melihat perahu B dengan jarak 150 m.


Pembahasan dengan alternatif dalam penjelasan kurikulum pelajarancg.blogspot.com:

https://pelajarancg.blogspot.com/



Soal Nomor 2: Segitiga Sierpinski

SOAL AKM NUMERASI KELAS 8 DAN JAWABAN


Banyak segitiga Sierpinski pada tahap ke‐5 adalah...


Pembahasan dengan alternatif dalam penjelasan kurikulum pelajarancg adalah: Setiap segitiga akan membagi dirinya menjadi 3. Tahap empat ada 27 segitiga. maka pada tahap 5 segitiga yang akan terbentuk adalah: 27 x 3 = 81 segitiga


Soal Nomor 3: Tendangan Penalti

https://pelajarancg.blogspot.com/



Empat pemain sepakbola melakukan latihan tendangan penalti. Hasil latihan tersebut disajikan pada tabel berikut:

https://pelajarancg.blogspot.com/


Pemain yang mempunyai peluang terbesar untuk sukses dalam melakukan tendangan penalti adalah….
A. Arif
B. Bambang
C. Candra
D. Dedi.


Pembahasan dengan alternatif dalam penjelasan kurikulum pelajarancg.blogspot.com: Buatlah Persentase keberhasilan tendangan masing-masing pemain dengan membadingkan jumlah tendangan yang sukses dengan banyak tendangan pinalti. Maka akan didapat:
  • Arif : 10/12 = 0,83
  • Bambang: 8/10 = 0,80
  • Candra: 15/20 = 0,75
  • Dedi : 12/15 = 0,8



Pemain yang mempunyai peluang terbesar untuk sukses dalam melakukan tendangan penalti adalah A. Arif


Soal Nomor 4: Tendangan Penalti 3

Jika Bambang melakukan tendangan penalti sebanyak 60 kali, berapa prakiraan banyaknya tendangan yang sukses? Tuliskan alasan Anda.

Pembahasan dengan alternatif dalam penjelasan kurikulum pelajarancg.blogspot.com: Perhatikan gambar Soal Nomor 3 diatas!

Pelajari: APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN ITU?

Perkiraan tendangan sukses Bambang dapat dicari dengan persamaan berikut: Peluang tendangan sukses Bambang x jumlah tendangan = 0,8 x 60 kali = 48 kali (nilai 0,8 dapat dilihat pada pembahasan soal 3 di atas)


Soal Nomor 5: Toko Kue

https://pelajarancg.blogspot.com/
Sebuah toko kue selama 8 hari dapat membuat 240 kotak kue. Banyak kue yang dapat dibuat oleh toko tersebut selama 12 hari adalah….
A. 160 kotak
B. 260 kotak
C. 360 kotak
D. 460 kotak


Pembahasan dengan alternatif dalam penjelasan kurikulum pelajarancg.blogspot.com:
https://pelajarancg.blogspot.com/



Soal Nomor 6: Pembalap Formula 1

https://pelajarancg.blogspot.com/



Pada tabel berikut di bawah ini menunjukkan hasil poin yang diperoleh setiap pembalap dalam 4 kompetisi.

https://pelajarancg.blogspot.com/



Berdasarkan data poin-poin di atas, siapakah pembalap yang memperoleh poin tertinggi?.


Pembahasan dengan alternatif dalam penjelasan kurikulum pelajarancg.blogspot.com:
  • Point Badu : 124+138+134+146 = 542 points
  • Point Condro: 170+5+185+10+170+5+185+10= 740 points
  • Point Dodi: 142+5+150+5+160+5+150+5= 622 points



Berdasarkan data poin-poin di atas, pembalap yang memperoleh poin tertinggi adalah: Condro


Soal Nomor 7: Pembalap Formula 1 ke 2

Urutkan nama pembalap menurut total poin yang diperoleh mulai dari yang tertinggi sampai terendah!


Pembahasan dengan alternatif dalam penjelasan kurikulum pelajarancg.blogspot.com:
  • Point Badu : 124+138+134+146 = 542 points
  • Point Condro: 170+5+185+10+170+5+185+10= 740 points
  • Point Dodi: 142+5+150+5+160+5+150+5= 622 points



Berdasarkan data poin-poin di atas, pembalap yang memperoleh poin tertinggi ke yang rendah adalah: Condro, Dodi, Anton, Badu.


Soal Nomor 8: Jual Beli Sepatu

https://pelajarancg.blogspot.com/
Pelajarancg membeli sepatu dengan harga Rp 329.000,00 kemudian sepatu itu dijual kepada saudaranya dan mengalami kerugian 2%. Harga penjualan sepatu adalah...
A. Rp 322.420,00
B. Rp 329.000,00
C. Rp 335.580,00
D. Rp 345.420,00


Pembahasan dengan alternatif dalam penjelasan kurikulum pelajarancg.blogspot.com:
  • Harga sepatu Rp 329.000,00
  • Kerugian 2% dari pembelian adalah: (2/100)×329.000,00=2×3.290=6.580
  • Harga penjualan adalah Rp 329.000 − 6.580=322.420



Berdasarkan data poin-poin di atas, Harga penjualan sepatu adalah A. Rp 322.420,00

Pelajari: APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN LITERASI NUMERISASI ITU?

Soal Nomor 9: pakan Ikan Mas

Pak Yahya dan Pak Anton masing-masing membeli sebungkus makanan atau pakan ikan mas dengan merk sama namun berat berbeda. Kemasan yang dibeli Pak Yahya tertulis berat 1.200 gram dan kemasan yang dibeli Pak Anton tertulis berat 1,5 kg. Perbandingan berat pakan ikan Pak Yahya dan Pak Anton adalah...


Pembahasan dengan alternatif dalam penjelasan kurikulum pelajarancg.blogspot.com:


Berat pakan ikan milik Pak Yahya (PY) adalah 1.200 gram.

Berat pakan ikan milik Pak Anton (PA) adalah 1,5 kg = 1.500 gram.
Sehingga Perbandingan berat pakan ikan Pak Yahya dan Pak Anton adalah:

PY/PA = 1.200/1.500
= 12/15
= 4:5

Berdasarkan penjelasan di atas, Perbandingan Perbandingan berat pakan ikan Pak Yahya (PY) dan Pak Anton (PA) adalah empat banding lima atau 4:5


Soal Nomor 10: Permainan di Jakarta Fair

https://pelajarancg.blogspot.com/
Suatu permainan mempunyai aturan sebagai berikut. Pertama, pemain harus memutar undi spiner. Jika diperoleh bilangan ganjil, maka permainan berakhir. Jika diperoleh bilangan genap, maka pemain harus mengambil satu bola pada kantong. Pemain akan mendapat hadiah jika dia berhasil mendapatkan bola hitam. Jika dia memperoleh bola selain hitam, maka dia tidak mendapatkan hadiah.


Jika Andi bermain satu kali, maka Peluang (P) kemungkinan dia mendapatkan hadiah adalah:
A. tidak mungkin
B. sangat kecil
C. sekitar 50%
D. sangat besar
E. pasti


Pembahasan dengan alternatif dalam penjelasan kurikulum pelajarancg.blogspot.com: dari angka di spiner 1,2,4,6,8,10 jumlah angka genap ada 5 dari 6 angka tersedia sehingga peluangnya adalah 5/6


Kedua


Kita tentukan peluang Andi mendapatkan bola hitam.


jumlah bola hitam ada 6 dari 20 bola pada kantong, sehingga peluang Andi mendapatkan bola hitam adalah 6/20


Ketiga


Kita tentukan peluang Andi mendapatkan hadiah.


Peluang (P) Andi mendapatkan hadiah jika Andi mendapatkan angka genap dan bola hitam, maka peluangnya adalah:
  • P = P(angka genap) X P(bola hitam)
  • P = 5/6 x 6/20
  • P = 5/20
  • P = 0,25 atau 25 %



Jika Andi bermain satu kali, maka Peluang (P) kemungkinan dia mendapatkan hadiah adalah B. sangat kecil

Pelajari:



Demikianlah pelajarancg terkait AKM Numerisasi Kelas 8 SMP/MTs blog Kurikulum 2013 pelajarancg.blogspot.com, dapat disimpulakan bahwa Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah bagian dari program Asesmen Nasional 2021. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bentuk penilaian: AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Pada dasarnya, ketiga bentuk penilaian tersebut bertujuan menguji kemampuan literasi, numerasi, dan karakter siswa. Pada literasi membaca maupun numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. Semoga beberapa Contoh dan Soal Jawaban dilengkapi pembahasan materi Soal AKM Numerisasi Kelas 8 MTs/SMP Tahun 2021 dengan beberapa alternatif dalam penjelasan kurikulum bermanfaat bagi guru dan siswa pengunjung pelajarancg.blogspot.com,

1 comment for "SOAL AKM NUMERASI KELAS 8 DAN JAWABAN"