CAPAIAN PEMBELAJARAN SMK/MAK MATA PELAJARAN KELOMPOK KEJURUAN DASAR-DASAR TEKNIK PERAWATAN GEDUNG KURIKULUM MERDEKA

Pelajarancg.blogspot.com: Capaian Pembelajaran untuk semua mata pelajaran dalam kelompok umum, mata pelajaran Matematika dan mata pelajaran Bahasa Inggris dalam kelompok kejuruan untuk SMK/MAK mengacu pada Capaian Pembelajaran untuk SMA/MA. Adapun Capaian Pembelajaran SMK/MAK mata pelajaran dalam kelompok kejuruan Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung sebagai berikut.

Pelajari: CAPAIAN PEMBELAJARAN UNTUK PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) PADA KURIKULUM MERDEKA

https://pelajarancg.blogspot.com/



A. Rasional Capaian Pembelajaran

Pembelajaran di SMK/MAK Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian dalam pekerjaan perawatan bangunan gedung diantaranya kegiatan memperbaiki dan/atau mengganti bagian bangunan gedung, komponen, bahan bangunan, dan/atau sarana prasarana secara rutin/berkala agar bangunan gedung tetap dapat berfungsi secara maksimal. Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung merupakan mata pelajaran kejuruan yang terdiri dari berbagai ilmu dasar sebagai penentu dalam mempelajari mata pelajaran yang lain dalam program keahlian Teknik Perawatan Gedung, membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, sikap, dan passion (renjana), yang merupakan kesatuan kegiatan pekerjaan meliputi penguasaan perencanaan, pelaksanaan dan perawatan bangunan gedung, agar memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran-mata pelajaran pada konsentrasi keahlian di fase F.


Mata pelajaran SMK/MAK dalam kelompok kejuruan Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dan kebanggaan pada peserta didik terhadap keahlian teknik perawatan gedung, melalui pemahaman tentang proses bisnis di dunia kerja, perkembangan teknologi, mengenali berbagai macam profesi dan okupasi kerja dan peluang usaha, sesuai dengan perkembangan teknologi berbasis green material dan berbagai jenis pekerjaan konstruksi yang mengedepankan pekerjaan perawatan gedung terkait isu global green building dan sustainable building.


Dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung ini, pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain project-based learning, teaching factory, discovery learning, problem-based learning, inquiry learning, atau model lainnya serta metode yang relevan.


Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung berkontribusi dalam menjadikan peserta didik SMK/MAK memiliki kompetensi sebagai juru perawatan gedung dan sebagai tenaga operator junior di bidang perawatan gedung yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi, bernegosiasi dan berinteraksi antar budaya, mampu bekerja dalam tim, memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap situasi dan lingkungan kerja, mampu mengelola informasi/gagasan serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan adaptif dalam menjalankan tugas dan fungsinya.


B. Tujuan Capaian Pembelajaran

Pembelajaran di SMK/MAK Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung bertujuan membekali peserta didik dengan kompetensi hard skill dan soft skill sebagai berikut:
  1. memahami proses bisnis pada pekerjaan perawatan gedung;
  2. memahami perkembangan dunia kerja perawatan gedung;
  3. memahami profesi dan kewirausahaan di bidang perawatan gedung (job-profile dan entrepreneurship);
  4. memahami kegiatan praktik yang terkait dengan pekerjaan teknik perawatan gedung;
  5. menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri di lingkungan kerjanya;
  6. memahami ilmu statika bangunan untuk mendasari perhitungan konstruksi bangunan gedung;
  7. memahami spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan dengan berbasis green material dan berbagai jenis pekerjaan konstruksi yang mendasari pelaksanaan pekerjaan perawatan gedung dengan mengangkat isu-isu global terkait green building dan sustainable building; dan
  8. menggambar teknik dasar dengan memanfaatkan peralatan manual dan teknologi yang sesuai dengan standar industri.



C. Karakteristik Pembelajaran SMK/MAK mata pelajaran dalam kelompok kejuruan Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung

Pembelajaran di SMK/MAK Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga kerja dalam bidang perawatan gedung sesuai dengan perkembangan dunia kerja. Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, entrepreneur profile, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.


Mata pelajarancg Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung terdiri atas elemen-elemen berikut ini.


Elemen Deskripsi
Proses bisnis pada pekerjaan perawatan gedung Meliputi proses bisnis pada pekerjaan perawatan gedung meliputi perencanaan, pelaksanaan dan perawatan gedung, dan perancangan prosedur kepuasan pelanggan.
Perkembangan dunia kerja di bidang perawatan gedung Meliputi berbagai jenis pekerjaan perawatan gedung terkait isu global green building dan sustainable building, serta spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan sesuai dengan perkembangan teknologi berbasis green material.
Profesi dan kewirausahaan (job- profile dan entrepreneurship), bidang perawatan gedung Meliputi pengenalan profesi dan kewirausahaan (job-profile dan entrepreneurship), serta peluang usaha dalam bidang perawatan gedung.
Teknik dasar pekerjaan perawatan gedung Meliputi pengenalan dan praktik singkat pada peralatan dan teknologi yang digunakan di dunia kerja, antara lain ukur tanah, perencanaan dan pelaksanaan perawatan gedung.
Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri Meliputi penerapan K3LH dan budaya kerja industri, antara lain: praktik-praktik kerja yang aman, bahaya-bahaya di tempat kerja, prosedur-prosedur dalam keadaan darurat, dan penerapan budaya kerja industri (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).
Statika bangunan Meliputi elemen-elemen struktur bangunan, keseimbangan gaya pada struktur bangunan, gaya batang pada konstruksi rangka sederhana sebagai dasar perhitungan pekerjaan konstruksi pada struktur bangunan.
Dasar konstruksi bangunan Meliputi spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan dengan berbasis green material dan berbagai jenis pekerjaan yang mendasari pelaksanaan pekerjaan perawatan gedung dengan mengangkat isu-isu global terkait green building dan sustainable building yang dijadikan dasar dalam pelaksanaan pekerjaan perawatan gedung.
Gambar teknik Meliputi teknik dan prinsip penggunaan alat gambar teknik, pemahaman dalam menerapkan standar gambar teknik, dasar gambar proyeksi orthogonal (2D) dan proyeksi piktorial (3D) baik secara manual maupun menggunakan aplikasi perangkat lunak.



D. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARANCG KELOMPOK KEJURUAN DASAR-DASAR TEKNIK PERAWATAN GEDUNG UNTUK SEKOLAH/MADRASAH MENENGAH KEJURUAN (SMK/MAK) KURIKULUM MERDEKA FASE E

Pada akhir fase E (umumnya untuk kelas X SMK/MAK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Selain itu pada akhir fase E pada aspek hard skills peserta didik mampu memahami elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan.


Elemen Capaian Pembelajaran
Proses bisnis pada pekerjaan konstruksi dan perumahan Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami proses bisnis pada pekerjaan konstruksi dan perumahan meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan perumahan.
Perkembangan teknologi dan dunia kerja konstruksi dan perumahan Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami berbagai jenis pekerjaan di bidang konstruksi dan perumahan, perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi dan perumahan, isu-isu global terkait green building dan sustainable building, serta spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan sesuai dengan perkembangan teknologi berbasis green material.
Profesi dan kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship), serta peluang usaha pada pekerjaan konstruksi dan perumahan Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang berwirausaha dalam bidang konstruksi dan perumahan, dengan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek nyata sebagai simulasi proyek kewirausahaan.
Teknik dasar pekerjaan teknik konstruksi dan perumahan Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami teknik dasar konstruksi dan perumahan melalui pengenalan dan praktik dasar secara menyeluruh pada penggunaan peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan.
Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan K3LH dan budaya kerja industri, antara lain: praktik-praktik kerja yang aman, bahaya-bahaya di tempat kerja, prosedur- prosedur dalam keadaan darurat, dan penerapan budaya kerja industri (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).
Perhitungan statika bangunan Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami elemen-elemen struktur bangunan, perhitungan keseimbangan gaya pada struktur bangunan, dan perhitungan gaya batang pada rangka sederhana.
Dasar konstruksi bangunan dan perumahan Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan, jenis pekerjaan konstruksi yang mendasari pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan perumahan.
Ukur tanah Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami jenis-jenis alat ukur, cara pengoperasian dan perawatan alat ukur sederhana maupun profesional (manual/digital) serta menghitung data hasil pengukuran.
Gambar teknik Pada akhir fase E, peserta didik mampu menggambar teknik dasar, termasuk penggunaan alat gambar, pemahaman standar gambar teknik, gambar proyeksi orthogonal dan proyeksi piktoral, dan gambar 2D serta 3D baik secara manual maupun menggunakan aplikasi perangkat lunak.



Selengkapnya tentang Capaian Pembelajaran SMK/MAK Mata Pelajaran Kejuruan Dasar-Dasar Teknik Perawat Gedung Pada Kurikulum Merdeka


Download Capaian Pembelajaran SMK/MAK Mata Pelajaran Kejuruan Dasar-Dasar Teknik Perawat Gedung Pada Kurikulum Merdeka
  • Download Capaian Pembelajaran SMK dan MAK Mata Pelajaran Kejuruan Dasar-Dasar Teknik Perawat Gedung Pada Kurikulum Merdeka DISINI



Sumber rujukan pelajarancg.blogspot.com: Capaian Pembelajaran ini diambil dari lampiran 1-5 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/KR/2022 Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "CAPAIAN PEMBELAJARAN SMK/MAK MATA PELAJARAN KELOMPOK KEJURUAN DASAR-DASAR TEKNIK PERAWATAN GEDUNG KURIKULUM MERDEKA"