PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR, DAN MENENGAH

https://pelajarancg.blogspot.com/

Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK telah diterbitkan BSKAP Kemendikbudristek. Panduan ini disusun dalam rangka memberikan inspirasi dalam implementasi pembelajaran dan asesmen pada Kurikulum Merdeka


Pelajarancg.blogspot.com: Download Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah yang diterbitkan BSKAP Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen. Pembelajaran yang dimaksud meliputi aktivitas merumuskan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan cara mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Sementara asesmen adalah aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian tujuan pembelajaran. Dalam panduan ini, pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus; di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran yang berlangsung. Oleh karena itu, asesmen yang diutamakan adalah asesmen formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta didik.


Pemerintah telah menetapkan Capaian Pembelajaran yang menjadi rujukan utama dalam pengembangan rancangan pembelajaran, khususnya untuk kegiatan intrakurikuler. Panduan ini memfasilitasi proses berpikir dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari menganalisis capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran mengembangkan alur tujuan pembelajaran, modul ajar, serta asesmen pada awal pembelajaran dan pembelajaran terdiferensiasi. Buku ini juga memuat perencanaan serta pelaksanaan asesmen yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan hasil penilaian atau asesmen. PPA difokuskan untuk pembelajaran dan asesmen intrakurikuler, sedangkan panduan untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila disampaikan dalam buku dokumen terpisah.

Pelajari: LANGKAH-LANGKAH DALAM MENYUSUN MODUL AJAR, KURIKULUM MERDEKA (SEKOLAH PENGGERAK)

Satuan pendidikan dan pendidik diberikan kebebasan untuk mengembangkan pembelajaran, perangkat ajar, dan asesmen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerahnya. Satuan pendidikan dan pendidik juga memiliki keleluasaan untuk menentukan jenis, teknik, bentuk instrumen, dan waktu pelaksanaan asesmen berdasarkan karakteristik tujuan pembelajaran.

Pelajari: 10 PANDUAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Dalam penggunaannya, buku Panduan ini perlu memperhatikan beberapa regulasi lain:



Unduh:


Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar (SD/MI, SMP/MTs), dan Menengah (SMA/MA) Download


Demikian yang link unduhan Panduan Asesmen dan Pembelajaran yang dapat dibagikan Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR, DAN MENENGAH"