Setelah mempelajari panduan Kurikulum Merdeka ini, Anda akan mengerti serta memahami cara terbaik untuk menetapkan Capaian Pembelajaran (CP) yang jelas dan dapat ditindaklanjuti, dan bagaimana menuliskannya untuk meningkatkan pengajaran dan pelatihan dalam sekolah penggerak Anda. Jadi mari mempelajarinya bersama Pelajarancg.blogspot.com:
CP adalah pencapaian terukur yang akan dapat dimengerti dan dipahami oleh peserta didik setelah pembelajaran selesai, yang membantu peserta kegiatan belajar memahami pentingnya informasi dan apa yang akan siswa peroleh dari keterlibatan mereka dengan kegiatan pembelajaran.
Adapun perumusan Capaian Pembelajaran yang jelas dan dapat ditindaklanjuti adalah bagian penting dari alur pembuatan program kurikulum baru dalam sekolah penggerak. Saat mengembangkan kurikulum merdeka ini, baik manajemen maupun instruktur harus jelas tentang apa yang harus dimengerti siswa setelah menyelesaikan alur tujuan pembelajaran (ATP) mereka.
Pelajari: MENGENAL PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK
Capaian Pembelajaran, umumnya disingkat CP juga memainkan peran kunci dalam Asesmen Nasional, penilaian dan evaluasi, memperjelas pengetahuan apa yang harus dimiliki siswa setelah menyelesaikan kegiatan belajar.
CP dalam Kurikulum Prototype 2022 (Kurikulum Prototipe 2022) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran pada satuan PAUD, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Perangkat ajar dengan CP yang ditulis dengan baik akan fokus pada bagaimana siswa akan dapat menerapkan pengetahuan baru mereka dalam konteks dunia nyata, bukan pada pelajar yang mampu membaca informasi.
Capaian Pembelajaran yang paling bermanfaat termasuk kata kerja yang menggambarkan tindakan yang dapat diamati, deskripsi tentang apa yang akan dapat dilakukan siswa dan dalam kondisi apa mereka akan dapat melakukannya, dan tingkat kinerja yang harus dapat mereka capai.
Pelajari: LANGKAH-LANGKAH MERANCANG MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Contoh: Fase bahan ajar materi ini akan membahas kebijakan baru untuk pelaporan biaya perjalanan.
Capaian pembelajaran: Apa yang akan diperoleh siswa maupun pelajar dari kegiatan belajar.
Contoh: Pelajar memahami cara melaporkan biaya perjalanan dengan benar.
Contoh: Kelas di fase ini akan menjelaskan kebijakan SDM departemen baru.
Capaian pembelajaran: Menyatakan apa yang akan dapat dilakukan pelajar setelah menyelesaikan kegiatan belajar.
Contoh: Peserta didik atau siswa mampu memberikan contoh kapan harus menerapkan kebijakan SDM baru.
Contoh: Fase bahan ajar materi ini akan menguraikan protokol kesehatan dan keselamatan baru.
Capaian pembelajaran: Kurikulum ini melihat apa yang telah dicapai, apa yang telah terjadi pada pelajar sebagai hasil partisipasi mereka dalam kegiatan tersebut.
Contoh: Siswa dapat dengan benar mengidentifikasi protokol baru dan menjelaskan mengapa protokol tersebut dibuat.
Contoh: Kegiatan pengajaran ini akan menggambarkan lima gaya komunikasi efektif di kelas maupun tempat kerja.
Capaian pembelajaran: Apa yang dapat ditunjukkan secara nyata telah dicapai oleh kegiatan tersebut.
Contoh: Siswa dapat membuat daftar dan menentukan gaya komunikasi.
Contoh: Kuliah ini akan mencantumkan sepuluh cara untuk meredakan konfrontasi di tempat kerja.
Capaian pembelajaran: Menjelaskan perilaku, pengetahuan, dan keterampilan yang lebih luas yang menjadi dasar pembelajaran.
Contoh: Mahasiswa dapat dengan andal mendemonstrasikan bagaimana menggunakan teknik De-eskalasi atau "talking down" untuk menetralisir konflik.
CONTOH CAPAIAN PEMBELAJARAN Seperti disebutkan dalam pengertian di atas artikel Pelajarancg, Capaian pembelajaran yang ditulis dengan baik berfokus pada apa yang dapat ditunjukkan oleh pembelajar secara konkret setelah mereka menyelesaikan aktivitas pembelajaran. Suatu CP hanya berguna dan bermanfaat jika dapat diukur. Jadi, prinsip Capaian pembelajaran harus mencakup perilaku belajar pelajar, metode pencapaian melalui asesmen maupun penilaian yang tepat, dan kriteria khusus yang menunjukkan keberhasilan.
Contoh-contoh berikut adalah Capaian pembelajaran (CP) yang ditulis dengan baik:
Contoh berikut adalah hasil belajar yang ditulis dengan kurang baik:
Saat menulis Capaian Pembelajaran, ada beberapa pedoman, acuan, serta aturan yang harus Anda ikuti.
1. Hasil belajar selalu menggunakan kata kerja tindakan.
Kata kerja tindakan apa yang dapat digunakan saat menulis Capaian Pembelajaran?
Tergantung pada jenis capaian, kata kerja yang berbeda disesuaikan fasenya.
strategi kognitif:
informasi lisan:
Keahlian Motorik:
sikap:
2. Capaian pembelajaran harus ditulis dengan alur tujuan jelas, dan mudah dipahami serta dimengerti.
3. Capaian pembelajaran harus secara jelas menunjukkan apa yang harus dipelajari siswa dari dalam disiplin yang mereka pelajari.
4. Capaian pembelajaran harus menunjukkan fase atau tingkat pembelajaran atau pengertian juga pemahaman yang diharapkan, dan harus sesuai dengan fase peserta didik.
5. Capaian pembelajaran membantu penilaian belajar, dan dengan demikian harus dengan jelas menunjukkan seperti apa keberhasilan bagi pelajar.
6. Capaian pembelajaran tidak boleh terlalu sedikit atau terlalu banyak. Empat sampai enam adalah angka yang ideal.
Anda harus terlebih dahulu memulai dengan tujuan pembelajaran utama (inti) dari kegiatan pembelajaran.
Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa/pelajar menjadi mahir dalam perangkat lunak. Tapi itu terlalu samar untuk menjadi capaian pembelajaran. CP itu tidak memberi tahu siswa apa yang diharapkan untuk mereka pelajari, juga tidak berguna untuk asesmen/penilaian. Sebaliknya, tujuan CP itu harus dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
Capaian pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka dengan materi akuntansi ini mungkin:
Semua capaian ini jelas, berorientasi pada tindakan dan dapat dinilai untuk dicapai oleh guru dan siswa.
Pelajari: DOWNLOAD BUKU GURU DAN SISWA BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA SMA/SMK KELAS 11 CERDAS CERGAS BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA
Menggunakan rumusan sederhana kata kerja tindakan ditambah konten yang akan dipelajari ditambah konteks penggunaannya, Anda dapat membuat capaian pembelajaran (CP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP) yang ditulis dengan baik serta benar. CP ini akan meningkatkan hasil peserta didik, siswa maupun pelajar karena mereka akan mengerti secara jelas tentang apa yang diharapkan untuk mereka pelajari dan akan dapat fokus pada informasi yang paling relevan sepanjang fase di sekolah penggerak Anda sahabat Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com ( *** )
Daftar Isi:
APA ITU CAPAIAN PEMBELAJARAN?
Capaian Pembelajaran (CP) adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan, atau keahlian khusus yang akan diperoleh dalam pembelajar dari suatu kegiatan belajar, seperti sesi sekolah, madrasah, pelatihan, seminar, kursus, program, atau kurikulum baru.CP adalah pencapaian terukur yang akan dapat dimengerti dan dipahami oleh peserta didik setelah pembelajaran selesai, yang membantu peserta kegiatan belajar memahami pentingnya informasi dan apa yang akan siswa peroleh dari keterlibatan mereka dengan kegiatan pembelajaran.
Adapun perumusan Capaian Pembelajaran yang jelas dan dapat ditindaklanjuti adalah bagian penting dari alur pembuatan program kurikulum baru dalam sekolah penggerak. Saat mengembangkan kurikulum merdeka ini, baik manajemen maupun instruktur harus jelas tentang apa yang harus dimengerti siswa setelah menyelesaikan alur tujuan pembelajaran (ATP) mereka.
Pelajari: MENGENAL PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK
Capaian Pembelajaran, umumnya disingkat CP juga memainkan peran kunci dalam Asesmen Nasional, penilaian dan evaluasi, memperjelas pengetahuan apa yang harus dimiliki siswa setelah menyelesaikan kegiatan belajar.
CP dalam Kurikulum Prototype 2022 (Kurikulum Prototipe 2022) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran pada satuan PAUD, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Perangkat ajar dengan CP yang ditulis dengan baik akan fokus pada bagaimana siswa akan dapat menerapkan pengetahuan baru mereka dalam konteks dunia nyata, bukan pada pelajar yang mampu membaca informasi.
Capaian Pembelajaran yang paling bermanfaat termasuk kata kerja yang menggambarkan tindakan yang dapat diamati, deskripsi tentang apa yang akan dapat dilakukan siswa dan dalam kondisi apa mereka akan dapat melakukannya, dan tingkat kinerja yang harus dapat mereka capai.
5 JENIS CAPAIAN PEMBELAJARAN
1. Keterampilan intelektual
Dengan Capaian Pembelajaran (CP) jenis ini, pembelajar akan memahami konsep, alur, aturan atau prosedur. Sederhananya, ini artinya adalah memahami bagaimana melakukan sesuatu.2. Strategi kognitif
Dalam jenis Capaian Pembelajaran ini, pembelajar maupun siswa menggunakan strategi pribadi untuk berpikir, mengatur, belajar, dan berperilaku.3. Informasi lisan
Jenis Capaian Pembelajaran ini adalah ketika siswa mampu secara definitif menyatakan apa yang telah mereka pelajari dari kumpulan pengetahuan yang terorganisir.4. Keterampilan motorik
Kategori ini berkaitan dengan kemampuan fisik untuk melakukan tindakan, mencapai fluiditas, kelancaran atau waktu yang tepat melalui materi.5. Sikap
Ini adalah keadaan internal yang tercermin dalam materi perilaku profil pelajar pancasila. Ini rumit untuk diukur tetapi dapat ditunjukkan dalam respons pelajar terhadap orang atau situasi.Pelajari: LANGKAH-LANGKAH MERANCANG MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN TUJUAN PEMBELAJARAN: APA PERBEDAANNYA?
Anda akan sering melihat Capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran digunakan secara bergantian, tetapi keduanya berbeda. Konsep dan contoh berikut akan menunjukkan bagaimana tujuan pembelajaran dan Capaian pembelajaran untuk kegiatan yang sama berbeda, meskipun saling berhubungan.Perspektif Guru dan Pelajar
Tujuan pembelajaran: Mengapa guru menciptakan kegiatan pembelajaran.Contoh: Fase bahan ajar materi ini akan membahas kebijakan baru untuk pelaporan biaya perjalanan.
Capaian pembelajaran: Apa yang akan diperoleh siswa maupun pelajar dari kegiatan belajar.
Contoh: Pelajar memahami cara melaporkan biaya perjalanan dengan benar.
Tujuan dan Capaian
Tujuan pembelajaran: Menyatakan tujuan kegiatan pembelajaran dan hasil yang diinginkan.Contoh: Kelas di fase ini akan menjelaskan kebijakan SDM departemen baru.
Capaian pembelajaran: Menyatakan apa yang akan dapat dilakukan pelajar setelah menyelesaikan kegiatan belajar.
Contoh: Peserta didik atau siswa mampu memberikan contoh kapan harus menerapkan kebijakan SDM baru.
Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Sebelumnya
Tujuan pembelajaran: Apa yang diharapkan guru bahwa kegiatan pembelajaran akan tercapai. Kurikulum ini melihat ke masa depan, apa yang akan terjadi.Contoh: Fase bahan ajar materi ini akan menguraikan protokol kesehatan dan keselamatan baru.
Capaian pembelajaran: Kurikulum ini melihat apa yang telah dicapai, apa yang telah terjadi pada pelajar sebagai hasil partisipasi mereka dalam kegiatan tersebut.
Contoh: Siswa dapat dengan benar mengidentifikasi protokol baru dan menjelaskan mengapa protokol tersebut dibuat.
Capaian yang diharapkan dan Capaian yang diamati
Tujuan pembelajaran: Apa yang ingin dicapai oleh guru kegiatan pembelajaran.Contoh: Kegiatan pengajaran ini akan menggambarkan lima gaya komunikasi efektif di kelas maupun tempat kerja.
Capaian pembelajaran: Apa yang dapat ditunjukkan secara nyata telah dicapai oleh kegiatan tersebut.
Contoh: Siswa dapat membuat daftar dan menentukan gaya komunikasi.
Unit pengetahuan spesifik dan Capaian luas
Tujuan pembelajaran: Menjelaskan konsep, keterampilan, atau unit pengetahuan yang berbeda.Contoh: Kuliah ini akan mencantumkan sepuluh cara untuk meredakan konfrontasi di tempat kerja.
Capaian pembelajaran: Menjelaskan perilaku, pengetahuan, dan keterampilan yang lebih luas yang menjadi dasar pembelajaran.
Contoh: Mahasiswa dapat dengan andal mendemonstrasikan bagaimana menggunakan teknik De-eskalasi atau "talking down" untuk menetralisir konflik.
CONTOH CAPAIAN PEMBELAJARAN Seperti disebutkan dalam pengertian di atas artikel Pelajarancg, Capaian pembelajaran yang ditulis dengan baik berfokus pada apa yang dapat ditunjukkan oleh pembelajar secara konkret setelah mereka menyelesaikan aktivitas pembelajaran. Suatu CP hanya berguna dan bermanfaat jika dapat diukur. Jadi, prinsip Capaian pembelajaran harus mencakup perilaku belajar pelajar, metode pencapaian melalui asesmen maupun penilaian yang tepat, dan kriteria khusus yang menunjukkan keberhasilan.
Contoh-contoh berikut adalah Capaian pembelajaran (CP) yang ditulis dengan baik:
- Siswa akan dapat mengidentifikasi skenario mana yang harus diterapkan masing-masing dari lima jenis manajemen konflik.
- Siswa akan dapat menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran (Learning Management System atau disingkat LMS) dalam implementasi Kurikulum merdeka untuk terlibat secara efektif dengan dan menyelesaikan semua materi ajar.
- Siswa akan mengerti beserta memahami bagaimana menafsirkan data mata pelajaran dan menggunakannya untuk membuat grafik.
- Pelajar akan memahami bagaimana menerapkan praktik penulisan yang ditentukan Sekolah saat menulis salinan.
- Siswa dapat menggunakan pedoman Sekolah dengan baik dan benar untuk membuat studi kasus.
- Siswa akan dapat mengoperasikan dan membersihkan autoklaf dengan baik juga benar.
Contoh berikut adalah hasil belajar yang ditulis dengan kurang baik:
- Siswa akan memahami dan mengerti manajemen konflik.
- Siswa akan tau bagaimana menggunakan menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran (Learning Management System atau disingkat LMS) dalam implementasi Kurikulum merdeka untuk terlibat secara efektif dengan dan menyelesaikan semua materi ajar.
- Siswa akan menghargai bagaimana menggunakan data mata pelajaran.
- Pelajar akan tahu tentang praktik penulisan yang ditentukan Sekolah.
- Siswa akan memahami/mengerti apa yang masuk ke dalam studi kasus.
- Siswa akan belajar tentang autoklaf.
CARA MENULIS CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mendefinisikan Capaian Pembelajaran juga merupakan tahap kunci dari model desain instruksional seperti model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation) dan SAM/R (Successive Approximation Model). Langkah pertama dari model ADDIE yang lebih mendalam adalah “menganalisis.” Selama tahap ini adalah untuk menetapkan tujuan untuk program Kurikulum baru. Tujuan ini harus dipecah menjadi daftar Capaian Pembelajaran yang dijelaskan dengan jelas. Sementara SAM mengambil pendekatan yang lebih cepat untuk desain instruksional, tujuan utama dari tahap persiapan pertama adalah untuk mengidentifikasi Capaian Pembelajaran yang diinginkan dari program Kurikulum Sekolah Penggerak.Saat menulis Capaian Pembelajaran, ada beberapa pedoman, acuan, serta aturan yang harus Anda ikuti.
1. Hasil belajar selalu menggunakan kata kerja tindakan.
Kata kerja tindakan apa yang dapat digunakan saat menulis Capaian Pembelajaran?
Tergantung pada jenis capaian, kata kerja yang berbeda disesuaikan fasenya.
Kata Kerja Capaian Pembelajaran (CP)
Keahlian intelektual:- Mengklasifikasikan
- Mendemonstrasikan
- Menjelaskan
- Mengenali
- Menghitung
strategi kognitif:
- Mengkategorikan
- Menggolongkan
- Membedakan
- Mengenali
- Mempersiapkan
- Menyelesaikan
- Menghitung
- Meneliti
- Menemukan
- Memanipulasi
- Menggunakan
informasi lisan:
- Daftar
- Negara
- Garis besar
- Menggambarkan
- Mendefinisikan
- Berikan contoh
- Mengingat
- Mendemonstrasikan
- Menunjukkan
- Mencapai
- Mengenali
- Diagram
Keahlian Motorik:
- Menggabungkan
- Menyusun
- Membuat
- Merancang
- Mengembangkan
- Membuat
- Menghasilkan
- Mengubah
- Mencapai
- Memanipulasi
- Memodifikasi
- Sketsa
- Menunjukkan
sikap:
- Cepat
- Menyimpulkan
- Mencapai
- Membandingkan
- Menilai
- Membenarkan
- Mendukung
2. Capaian pembelajaran harus ditulis dengan alur tujuan jelas, dan mudah dipahami serta dimengerti.
3. Capaian pembelajaran harus secara jelas menunjukkan apa yang harus dipelajari siswa dari dalam disiplin yang mereka pelajari.
4. Capaian pembelajaran harus menunjukkan fase atau tingkat pembelajaran atau pengertian juga pemahaman yang diharapkan, dan harus sesuai dengan fase peserta didik.
5. Capaian pembelajaran membantu penilaian belajar, dan dengan demikian harus dengan jelas menunjukkan seperti apa keberhasilan bagi pelajar.
6. Capaian pembelajaran tidak boleh terlalu sedikit atau terlalu banyak. Empat sampai enam adalah angka yang ideal.
Berikut adalah beberapa tips tambahan (dengan contoh) untuk menulis capaian Pembelajaran ataupun CP.
Contoh: Materi ajar tentang software akuntansi.Anda harus terlebih dahulu memulai dengan tujuan pembelajaran utama (inti) dari kegiatan pembelajaran.
Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa/pelajar menjadi mahir dalam perangkat lunak. Tapi itu terlalu samar untuk menjadi capaian pembelajaran. CP itu tidak memberi tahu siswa apa yang diharapkan untuk mereka pelajari, juga tidak berguna untuk asesmen/penilaian. Sebaliknya, tujuan CP itu harus dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
Capaian pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka dengan materi akuntansi ini mungkin:
- Peserta didik mampu membuat invoice.
- Peserta didik mengerti memahami cara memproses pembayaran pajak penghasilan.
- Peserta didik dapat mendemonstrasikan cara mengatur penggajian dengan baik dan benar.
- Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan laporan untuk melacak pengeluaran Sekolah atau perusahaan.
Semua capaian ini jelas, berorientasi pada tindakan dan dapat dinilai untuk dicapai oleh guru dan siswa.
Pelajari: DOWNLOAD BUKU GURU DAN SISWA BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA SMA/SMK KELAS 11 CERDAS CERGAS BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA
Menggunakan rumusan sederhana kata kerja tindakan ditambah konten yang akan dipelajari ditambah konteks penggunaannya, Anda dapat membuat capaian pembelajaran (CP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP) yang ditulis dengan baik serta benar. CP ini akan meningkatkan hasil peserta didik, siswa maupun pelajar karena mereka akan mengerti secara jelas tentang apa yang diharapkan untuk mereka pelajari dan akan dapat fokus pada informasi yang paling relevan sepanjang fase di sekolah penggerak Anda sahabat Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com ( *** )
Post a Comment for "CAPAIAN PEMBELAJARAN"