CAPAIAN PEMBELAJARAN (KURIKULUM MERDEKA)

Untuk dapat mewujudkan visi dan misi serta mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek, dirumuskanlah Capaian Pembelajaran sebagai dasar aktivitas belajar mengajar sekolah dan Madrasah jenjang PAUD, SLB, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA hingga SMK/MAK Pada Kurikulum Merdeka. Program Kurikulum Baru mengelaborasi capaian pembelajaran Siswa dengan mengacu pada Keputusan Kepala Badan Standard, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Nomor 033/h/kr/2022 tentang Perubahan Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Kurikulum Merdeka. Dokumen capaian pembelajaran tersebut disusun berdasarkan komponen Rasional Mata Pelajaran (1 & 2), Tujuan Mata Pelajaran (3), Karakteristik Mata Pelajaran (4), dan juga Capaian Pembelajaran Setiap Fase (5 & 6).

Pelajari: 10 PRINSIP PENYUSUNAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Berikut adalah Capaian Pembelajaran Kemendikbudristek Pada Program Baru Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah yang dirangkum Pelajarancg.blogspot.com:
https://pelajarancg.blogspot.com/


KOMPONEN RASIONAL MATA PELAJARAN

1. Memuat alasan pentingnya mempelajari mata pelajaran tersebut dan keterkaitan antara mata pelajaran dengan salah satu (atau lebih) Profil Pelajar Pancasila.


2. Untuk SLB rasional mata pelajaran juga dikaitkan dengan keterkaitan mata pelajaran untuk menunjang keterampilan fungsional anak dalam kehidupan sehari-hari.


KOMPONEN TUJUAN MATA PELAJARAN

3. Kemampuan atau kompetensi yang perlu dicapai peserta didik setelah mempelajari mata pelajaran tersebut.


KOMPONEN KARAKTERISTIK MATA PELAJARAN & CAPAIAN PEMBELAJARAN SETIAP FASE

4. Deskripsi umum tentang apa yang dipelajari dalam mata pelajaran serta elemen-elemen (strands) atau domain mata pelajaran dan deskripsinya.


5. Deskripsi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, serta kompetensi umum. Selanjutnya diturunkan menjadi capaian pembelajaran (CP) menurut elemen yang dipetakan menurut perkembangan siswa. Pembagian fase dalam CP dapat digambarkan sebagai berikut:
  • Fase A : Pada umumnya SD Kelas 1-2
  • Fase B : Pada umumnya SD Kelas 3-4
  • Fase C : Pada umumnya SD Kelas 5-6
  • Fase D : Pada umumnya SMP Kelas 7-9
  • Fase E : Pada umumnya SMA Kelas 10
  • Fase F : Pada umumnya SMA Kelas 11-12



6. Untuk SLB CP didasarkan pada usía mental yang ditetapkan berdasarkan hasil asesmen. Pembagian fase dapat digambarkan sebagai berikut:
  • Fase A : Pada umumnya usía mental (≤7 tahun)
  • Fase B : Pada umumnya usía mental (±8 tahun)
  • Fase C : Pada umumnya usia mental (±8 tahun)
  • Fase D : Pada umumnya usía mental (±9 tahun)
  • Fase E : Pada umumnya usía mental (±10 tahun)
  • Fase F : Pada umumnya usía mental (±10 tahun)


Pelajari: DOWNLOAD BUKU SISWA FASE A KURIKULUM MERDEKA

Jadi itulah yang dapar dibagikan Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com, semoga bermanfaat. ***

Post a Comment for "CAPAIAN PEMBELAJARAN (KURIKULUM MERDEKA)"