5 PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Prinsip-prinsip pembelajaran adalah pedoman untuk cara-cara di mana orang belajar paling efektif. Semakin banyak prinsip-prinsip ini tercermin dalam pelatihan, semakin efektif pelatihan tersebut.


Dalam Panduan Asesmen dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah, implementasi pengembangan Kurikulum Merdeka dapat disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan, potensi daerah, dan juga peserta didik.


Berikut ini adalah prinsip atau kondisi dasar yang memfasilitasi pembelajaran. Belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai capaian maupun hasil dari pengalaman. Semua yang hidup adalah belajar.


Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan yang relatif permanen dalam potensi perilaku yang dihasilkan dari latihan atau pengalaman yang diperkuat. Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran juga mencakup penguatan Profil Pelajar Pancasila.


5 prinsip pembelajaran Kurikulum Merdeka yaitu;
  1. Mempertimbangkan tahapan dan capaian peserta didik
  2. Membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat
  3. Mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik
  4. Menerapkan pembelajaran yang relevan
  5. Berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan

https://pelajarancg.blogspot.com/


1. Mempertimbangkan tahapan dan capaian peserta didik

Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan peserta didik yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.

Pelajari: LANGKAH-LANGKAH MERANCANG MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Pendidik dapat mencari tahu seperti apa kesiapan belajar peserta didiknya lewat hal-hal ringan. Misalnya seperti angket, survei, tanya-jawab, diskusi kelompok, dan sebagainya. Selain itu, pada pembelajaran juga bisa dirancang dengan cara yang menyenangkan agar peserta didik tidak merasa terbebani.


2. Membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat

Pembelajaran juga dirancang agar pola pikir peserta didik bisa terbentuk untuk terus belajar. Maka dari itu, pendidik perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membangun kapasitas peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.


Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pendidik adalah misalnya dengan memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan. Selain itu, pendidik juga dapat menggunakan pertanyaan terbuka yang menstimulasi pemikiran yang mendalam.


3. Mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik

Perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik menjadi salah satu faktor ketercapaian pembelajaran. Maka dari itu, penting pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kompetensi dan juga karakter dari peserta didik.


Contoh kegiatan untuk mengembangkan kompetensi dari karakter misalnya dengan pendidik merancang pembelajaran yang berbasis inkuiri, berbasis proyek, berbasis masalah, dan pembelajaran terdiferensiasi. Untuk pengembangan karakter, pendidik merefleksikan proses dan sikapnya untuk memberi keteladanan dan sumber inspirasi positif bagi peserta didik.


4. Menerapkan pembelajaran yang relevan

Pembelajaran relevan yang dimaksud di sini adalah sebuah pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan, dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra. Jadi, peserta didik akan menangkap materi disampaikan karena merasa berhubungan dengan pembelajaran yang diberikan.


Pendidik menyelenggarakan pembelajaran sesuai kebutuhan dan dikaitkan dengan dunia nyata, lingkungan, dan budaya yang menarik minat peserta didik. Pendidik pun perlu memberdayakan masyarakat sekitar, komunitas, organisasi, ahli dari berbagai profesi sebagai narasumber untuk memperkaya dan mendorong pembelajaran yang relevan.


5. Berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan

Prinsip pembelajaran yang terakhir adalah berorientasi pada masa depan berkelanjutan. Hal yang ingin ditekankan di sini adalah menanamkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan dan masa depan bumi.


Pendidik memotivasi peserta didik untuk menyadari bahwa masa depan adalah milik mereka dan mereka perlu mengambil peran dan tanggung jawab untuk masa depan mereka.


Dengan begitu sahabat Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com secara umum, pengetahuan tentang capaian dihasilkan merupakan fitur penting dari tujuan pembelajaran, dan pengetahuan ini muncul setelah respon pelajar dengan orientasi masa depan yang berkelanjutan tersebut.

Pelajari: KUMPULAN PERANGKAT AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH

Penulis: Pengelola Web Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com


Referensi:


Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kurikulum Merdeka.

Post a Comment for "5 PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA"